twitter

Pages

Minggu, 19 Juli 2020

Melihat Asyiknya Praktik Food Technology Bersama Chef Endang Sri Rahajoe


Dari Laboratorium Praktik Graha Tristar, Mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi Persembahkan Silky Smooth Bean Curd

 

MEMASUKI masa perkuliahan New Normal, mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi dikenalkan cara membuat Silky Smooth Bean Curd (Tauwa) oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications, Chef Endang Sri Rahajoe M,MPar., di Laboratorium Praktik Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (13/07/2020) pagi.

Enam orang mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi tampak antusias mengikuti acara cooking demo membuat Silky Smooth Bean Curd. Teknik masak dengan sentuhan Food Technology ini merupakan salah satu dari empat atau lima materi yang diajarkan kepada mahasiswa.

”Selain praktik membuat Silky Smooth Bean Curd (Tauwa), mereka juga akan kami bekali teknik membuat Sambal Rujak Manis, Keripik Pisang, Singkong Keju Frozen dan Olahan Syrup,” kata Chef Endang Sri Rahajoe di ruang kerjanya, Senin (13/07/2020).

Menurut Chef Endang, fokus dari praktik membuat Silky Smooth Bean Curd  ini tetap ditujukan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry) sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Graha Tristar Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Chef Endang juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Silky Smooth Bean Curd, produk olahan dari biji kedelai dan sejumlah bahan pendukung yang lainnya dengan sentuhan Food Technology.

Bersama anak didiknya, Chef Endang mengajarkan cara membuat Silky Smooth Bean Curd yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Silky Smooth Bean Curd kepada enam mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Silk Smotth Bean Curd adalah soy beans dan water (untuk membuat Soy Milk). Selanjutnya untuk membuat Silky Smooth Bean Curd-nya sendiri bahannya meliputi soy milk, glucose dexta lactona (GDL) dan water. GDL ini berfungsi untuk menggumpalkan soy milk saat didinginkan di dalam wadah plastik.

Sementara itu untuk membikin Ginger Syrup, maka bahan-bahan yang disiapkan adalah ginger (jahe emprit bukan jahe gajah yang aromanya lebih kuat dan rasanya pedas), water, sugar, brown sugar dan pandan leaf.

Silky Smooth Bean Curd yang masih panas cocok jika disajikan pada sore hari pas musim hujan. Tekstur tauwa yang lembut terasa banget saat dimasukkan ke dalam mulut. Dengan rasa ginger syrup-nya yang hangat pedas, bikin nagih siapa pun yang mencicipinya,” tandas Chef Endang Sri Rahajoe di hadapan mahasiswa.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar