twitter

Pages

Rabu, 22 Juli 2020

Keseruan Mahasiswa Belajar Advance Pastry Art Bersama Chef Arie Novianti


Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Antusias Praktik Buat Dua Resep Cakes Kekinian ala Parisienne French Bistro & Café (Naskah Pertama, dari 2-Tulisan)


SELAMA dua hari, terhitung Selasa (21/07/2020) dan Rabu (22/07/2020), 23 mahasiswa Pastry Art Tristar Institute Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria) Kelas Pagi dan Kelas Siang diajarkan Chef Arie Novianti, teknik membuat Banane Au Chocolate Dome dan Tarte Citroen Meringuee di Kitchen Pastry Parisienne French Bistro & Café Jl. Manyar No 53 A Surabaya.


Dalam kunjungan industri tersebut, rombongan mahasiswa Pastry Art Tristar Institute Manyar di dampingi dua orang Dosen Pengajar Pastry Tristar Manyar Chef Laurentia Vivi dan Chef Ita Suhervin. Tim Multimedia Tristar Group juga turut bergabung untuk meliput dan mengabadikan momentum Advance Pastry Demo & Training tersebut.

Demi memudahkan pekerjaan selama belajar di Kitchen Pastry Lantai 3 Parisienne French Bistro & Café, maka 23 mahasiswa itu dibagi dua sesi. Sesi pagi diikuti 11 orang mahasiswa, sedangkan sesi siangnya juga dihadiri 12 mahasiswa.

Selama pelatihan tersebut, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan sekaligus praktik langsung bagaimana teknik membuat dua resep cakes kekinian yang diadopsi dari original recipe Prancis, yakni Banane Au Chocolate Dome dan Tarte Citroen Meringuee yang cantik penampilannya, elegan dan lezat tentunya.

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Novi, sapaan akrab Direktur Parisienne French Bistro & Café itu membagikan fotokopi dua resep cakes kekinian kepada anak didik Chef Vivi dan Chef Ita yang sudah prepare di Kitchen Pastry Lantai 3 sejak pukul 09.00-12.00 WIB.

Ketika praktik membuat resep pertama, Banane Au Chocolate Dome, Chef Novi menerangkan apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhan, tahapan pekerjaan hingga memprosesnya hingga kreasi cake tersebut siap untuk di-garnish dan disajikan di atas meja uji.

Pekerjaan tahap pertama membuat Banana Cremeux (optional) –dilaksanakan pada Selasa (21/07/2020)-- dengan menggunakan bahan seperti milk, cream, egg yolk, sugar, banana, milk dan gelatin. Cara membuatnya adalah sebagai berikut: (1). Cream anglaise milk, cream, egg yolk, banana juice dan sugar, (2). Add gelatin, strain dan (3). Pour into small dome, freeze (selama sehari).
Pekerjaan tahap selanjutnya membuat Chocolate Biscuit (diameter 8 cm). Bahannya terdiri dari egg white, sugar, powdered sugar, flour, cocoa powder dan almond powder. Sedangkan teknik membuatnya sendiri adalah sebagai berikut: (1). Sift flour, (2). Whisk egg white sugar, (3). Fold almond powder, powdered sugar, flour, (3). Pipe circular with small round spuit diameter 8 cm dan (5) bake pada suhu 175/200*C selama 15 menit.

Sementara itu, pada pekerjaan tahan ketiga, mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar diminta membuat Chocolate Mousse (dikerjakan pada Rabu, 22/07/2020). Bahan yang dibutuhkan meliputi cream, dark chocolate, gelatin, egg yolk, sugar, water dan whipped cream.

Sedangkan cara membuatnya adalah sebagai berikut: (1). Cream anglaise egg yolk, sugar, water, (2). Put dark choco into hand blender, add cream, (3). Pour cream anglaise into dark chocolate dan (4). Whip cream, add chocolate.

Pekerjaan tahap terakhir, menyiapkan Golden Chocolate Ganache. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain cream, dark chocolate dan gold sparkle. Sedangkan teknik untuk membuatnya adalah sebagai berikut: (1). Put chocolate into hand blender, (2). Heat cream, pour into chocolate dan (3). Add gold sparkle.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria), silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar