twitter

Pages

Senin, 20 Juli 2020

Asyiknya Belajar Buat Aneka Kreasi Roti Bersama Chef Renny Savitri


 Mahasiswa Baru Pastry Art (P2) Kelas Pagi Diajarkan Buat Empat Resep Roti di Laboratorium Praktik Graha Tristar


PADA tatap muka Selasa (14/07/2020) pagi, 11 mahasiswa baru Pastry Art (P2) Kelas Pagi diajarkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang Dasar-dasar Pastry dan Bakery (Teknik Dasar Roti) di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit, Chef Renny Savitri M.Par., mengajarkan cara membuat empat resep roti, yakni Cheese French, Black Sesame Seed Roll, Mini Pizza dan Toast Bread Combination di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Untuk memudahkan pekerjaan, 11 mahasiswa Pastry Art Class itu dibagi dalam lima kelompok, masing-masing beranggotakan 2-3 orang per kelompok. Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat Cheese French, Black Sesame Seed Roll, Mini Pizza dan Toast Bread Combination sesuai job desk-nya masing-masing. 

Setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating roti yang dibuat masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing. 

Dari empat resep yang diajarkan Chef Renny, ternyata resep cara membuat Mini Pizza yang menjadi primadonanya. Menariknya, ada mahasiswa dari kelompok lain yang memesan Mini  Pizza itu dengan topping tanpa ditaburi irisan pineapple (nanas). 

”Namun ada juga yang request agar dikasih topping-an lengkap mulai tomato sauce, irisan sausage, smoke beef, green paprika, oregano hingga ditaburi parutan mozzarella cheese,” ungkap Chef Renny kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Selasa (14/07/2020) siang.

Untuk membuat Mini Pizza –bentuk bulat dan beratnya 45 gram-- yang disuka konsumen, bahan yang diperlukan untuk membuat adonan pizza antara lain bread flour (cakra kembar), egg, sugar, bread improver, yeast, salt, water dan butter. Sedangkan bahan untuk membuat topping-nya terdiri dari tomato sauce, sausage, smoke beef, pineapple, green paprika, oregano dan mozzarella cheese.

Sebelum Mini Pizza itu di-bake (dipanggang dalam mesin oven) pada suhu 180*C selama 15-20 menitan, Mini Pizza setengah jadi di-proofing selama 60 menitan agar mengembang sempurna.

 
”Selain mendampingi kelompok mahasiswa yang kebagian tugas membuat Mini Pizza, kami juga menyupervisi kelompok lain yang mendapat tugas membuat Cheese French, Black Sesame Seed Roll dan Toast Bread Combinantion, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menyajikannya di meja uji sesuai standar industri perhotelan,” terang Chef Renny Savitri.

Tidak hanya itu, mahasiswa baru Pastry Art Class juga diajarkan cara mengoperasikan mesin mixer, mekanisme kerja mesin proofer dan bagaimana mengaplikasikan mesin oven yang benar saat nge-bake roti atau cakes agar produk pastry itu tidak sampai over-bake atau under-bake.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar