twitter

Pages

Selasa, 28 Juli 2020

Asyiknya Mahasiswa Belajar Buat Aneka Kreasi Roti Bersama Chef Renny


 American Soft Roll, Doughnut, Twist Bread 3 Strand dan Chicken Char-Siu Bread Persembahan Mahasiswa Baru Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi



PADA pertemuan Rabu (15/07/2020) pagi, mahasiswa Pastry Art (P2) Kelas Pagi kembali diajarkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang Dasar-dasar Pastry dan Bakery (Teknik Dasar Roti) oleh Chef Renny Savitri di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit tersebut mengajarkan teknik membuat empat resep roti, yakni American Soft Roll, Doughnut, Twist Bread 3 Strand dan Chicken Char-Siu Bread di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Untuk memudahkan pekerjaan, Chef Renny mahasiswa Pastry Art Class itu dalam lima kelompok, masing-masing beranggotakan dua orang per kelompok. Percaya diri tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat American Soft Roll, Doughnut, Twist Bread 3 Strand dan Chicken Char-Siu Bread sesuai job desk-nya masing-masing. 

Saat praktik, Chef Renny  mengajarkan cara membuat Twist Bread 3 Strand  dengan tekstur yang empuk kepada anak didiknya. Dalam hal ini, bahan yang diperlukan adalah bread flour (cakra kembar), yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt egg dan water. Untuk topping-nya sendiri berupa sugar dan cashewnut (kacang mete).

Semua bahan tersebut di-mixer hingga kalis, kemudian adonan ditimbang @ 25 gram (3 pieces) dan selanjutnya adonan itu di-roll, digulung dan dikepang tiga bentuk oval. Sebelum diletakkan di loyang persegi, Twist Bread 3 Strand itu ditaburi sugar dan irisan kecil cashewnut. Kemudian Twist Bread 3 Strand di-proofing lebih dulu selama 60 menitan lalu di-bake pada suhu180*C selama 15-20 menit.


Sedangkan untuk membuat Chicken Char-Siu Bread yang empuk dengan filling dari daging ayam dan topping cantik, maka dilakukan dua tahapan pekerjaan. Pekerjaan pertama membuat Bread Dough I. Bahan yang dibutuhkan adalah bread flour (cakra kembar) dan water. Pekerjaan kedua membikin Bread Dough II. Bahannya sendiri meliputi bread flour, sugar, milk powder, egg, yeast, salt, water dan butter. 

 
Selanjutnya mahasiswa juga diminta menyiapkan filling-nya, di mana bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain breast chicken (dipotong seukuran dadu), margarine, garlic chop, char-siu seasoning, honey, water, cornstarch, sesame oil dan taburi dengan salt, pepper dan chicken powder. Sementara itu untuk topping-nya sendiri, bisa Anda taburi dengan black sesame seed.

Selain ke dua resep di atas, Chef Renny  juga mengajarkan cara membuat dua resep kreasi bread yang berbeda di hadapan mahasiswa Pastry Art Class, yakni American Soft Roll dan Doughnut, di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Mereka juga diajarkan cara mengoperasikan mesin mixer, mekanisme kerja mesin proofer dan bagaimana mengaplikasikan mesin oven yang benar saat nge-bake roti atau cakes agar produk pastry itu tidak sampai over-bake atau under-bake.

Saat praktik di kitchen, setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating roti yang dibuat masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar