twitter

Pages

Jumat, 30 Agustus 2019

World of Soup Persembahan Mahasiswa Culinary Class Akademi Pariwisata Majapahit


Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Buat ”Broccoli Soup, Roasted Pumpkin Soup dan Gazpacho” di Kitchen Graha Tristar


PADA pertemuan Kamis (29/08/2019) pagi, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit terakreditasi A Konsentrasi Culinary Kelas Pagi yang dibimbing Chef Ari Purwantoro, SSt.Par., MM., diajarkan membuat tiga kreasi Soup di Kitchen Culinary 1 (C1) Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus), maka pada tatap muka hari keempat, Kamis (29/08/2019) pagi, mahasiswa diajarkan teknik membuat Broccoli Soup, Roasted Pumpkin Soup dan Gazpacho. Lima mahasiswa yang mengikuti praktik masalah pagi itu adalah Martha, Sofia, Ardi, Johan dan Stephen.

Saat praktik masak Broccoli Soup, misalnya, bahan yang disiapkan meliputi butter, onion, garlic, broccoli, potato, chicken stock, nutmeg dan salt & pepper. Untuk metode masaknya di-simmering, blending dan boil with cream. Sementara itu untuk garnish-nya sendiri menggunakan cream dan parsley.

Sedangkan untuk membuat Roasted Pumpkin Soup, bahan yang dibutuhkan antara lain olive oil, onion, leek, garlic, coriander, cumin, nutmeg, pumpkin/butternut squash, potato, vegetable stock, cooking cream dan salt & pepper.

Sementara itu resep menu sup yang ketiga adalah Gazpacho. Untuk membuat sup yang terakhir ini bahannya terdiri dari onion, scallion, yoghurt, cucumber, tomato, water dan salt & pepper. Untuk mwtode masaknya sendiri semua bahan di-blend sampai halus (soft).

Setelah semua masakan matang, maka ketiga resep sup itu, baik Broccoli Soup, Roasted Pumpkin Soup maupun Gazpacho di-plating dalam wadah mangkuk dan diberi garnish agar tampilannya berkelas layaknya sup yang disajikan pada acara jamuan makan malam di sebuah hotel berbintang.

Praktik masak tiga kreasi sup yakni Broccoli Soup, Roasted Pumpkin Soup dan Gazpacho pada hari keempat itu merupakan duplikasi dari gelaran cooking demo oleh Chef Ari pada pertemuan hari ketiga, Rabu (28/08/2019) pagi.

Sedangkan agenda cooking demo pada hari kelima, Jumat (30/08/2019) pagi, Chef Ari kembali membuat tiga kreasi sup yang lain, yakni Tom Yum Goong, French Onion Soup dan Minestrone di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

Sementara itu pada tatap muka sebelumnya, tepatnya Selasa (27/08/2019) pagi, mahasiswa Culinary Class yang diasuh Chef Ari Purwantoro, praktik masak membuat tiga kreasi sup yang berbeda, yakni Bouillabaise, Beef Consomme dan Dream of Mushroom Soup.

”Praktik memasak sup pada hari kedua itu merupakan duplikasi dari gelaran cooking demo (showmanship) yang telah saya demonstrasikan pada pertemuan hari pertama, Senin (26/08/2019) pagi,” kata Chef Ari, sapaan akrab Dosen Culinary Class Akpar Majapahit, di ruang kerjanya, kemarin.

Sekadar informasi, dalam sebuah acara jamuan makan malam lengkap (table manner) yang mengusung konsep fine dinning, misalnya, menu Appetizer disajikan kali pertama sebagai menu pembuka, yang sifatnya tidak mengenyangkan, melainkan untuk merangsang nafsu makan umumnya berupa Fruits & Vegetables Salad.

Di sejumlah hotel berbintang atau restoran ternama, jamuan makan malam (fine dinning), sebelum menu Appetizer dikeluarkan oleh waiters/waitress, ada sajian ringan berupa Bread & butter (BB), berupa roti tawar dengan butter dan selai.

Setelah menyajikan menu Appetizer, kemudian dihidangkan aneka olahan Soup. Untuk selanjutnya waiters mengeluarkan aneka menu utama (Main Course). Sedangkan menu makan penutupnya adalah Dessert yang meliputi pudding, fruits slice (buah iris), es buah, es kelapa muda, lemon tea, aneka juice, infused water dan mineral water.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar