twitter

Pages

Jumat, 30 Agustus 2019

Belajar Masak Aneka Kreasi Menu Healthy Food Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


Mahasiswa Culinology Art Class Persembahkan Corn Dog & Hottoek, Dua Kreasi Menu Healthy Food dari Korea

SELAMA empat kali pertemuan, terhitung mulai Selasa (27/08/2019) hingga Jumat (30/08/2019), dua mahasiswa Culinology Art (Advanced Culinary & Pastry Class) Akpar Majapahit terakreditasi A, diajarkan membuat aneka kreasi makanan Healthy Food oleh Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., di Kitchen Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dua mahasiswa Culinology Art Class yang mengikuti praktik masak bertema Healthy Food itu adalah Edric Wilbert Tjoa dan Willyam Mak. Mereka disupervisi langsung oleh Chef Nadya saat praktik masak membuat dua kreasi menu Asian Healthy Food dari Korea, yakni Corn Dog dan Hottoek.

Bahan untuk membuat Corn Dog meliputi beef sausage, mozzarella cheese dan frozen French fries, sedangkan untuk membuat batter-nya bahannya meliputi flour, polenta flour, fresh milk, egg, salt & pepper dan cooking oil. Sementara itu untuk membuat condiment-nya sendiri bahannya terdiri dari tomato, chili sauce dan mustard.

Praktik masak berikutnya adalah membuat Hottoek. Langkah pertama adalah membuat starter yang bahannya terdiri dari warm water, yeast dan sugar. Pekerjaan selanjutnya membuat dough yang bahannya meliputi all purpose flour, fresh milk, yeast mixture dan salt.

Tahapan pekerjaan berikutnya adalah membuat savoury filling (berasa gurih), bahannya antara lain onion, leek, smoke beef dan cheddar cheese (melt), dan membuat sweet filling (berasa manis) bahannya terdiri atas peanut, white sugar dan brown sugar.

Menurut Chef Nadya Ratri, praktik masak yang diajarkan kepada mahasiswa Culinology Art Class kali ini menitikberatkan pada pentingnya aspek kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya terutama penderita Diabetes Mellitus (penyakit kencing manis).

Oleh karena itu, penggunaan bumbu terutama gula pasir (sugar) dan garam (salt) dikontrol ketat (diminimalisir) dan diatur sesuai kebutuhan konsumen demi mengurangi risiko terkena diabetes.

”Selama empat hari tatap muka, ada delapan resep menu masakan yang siap dibuat mahasiswa saat praktik masak di Kitchen Culinary 2 (C2) Lantai 3 Graha Tristar,” kata Chef Nadya Ratri Aryani kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Kamis (29/08/2019) siang.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menekankan kepada mahasiswa bahwa makanan sehat (Healthy Food) per porsi yang dipraktikkan tersebut harus mengandung cukup energy (sekitar 200 kkal), 80-100 gram karbohidrat, 50 gram protein dan 30-45 gram lemak.  Angka yang disajikan ini bisa fluktuasi tergantung berat badan, usia dan kondisi kesehatan (riwayat kesehatan) penderita Diabetes.

Pada tatap muka hari pertama, Selasa (27/08/2019) pagi, misalnya, mahasiswa Culinology Art Class diajarkan membuat Vegetarian Meat (Gluten) dan Vegetarian Fish di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Rabu (28/08/2019) pagi, Chef Nadya Ratri mengajarkan teknik membuat dua menu masakan Healthy Food yakni Sate ”Usus Ayam” dan ”Ikan” Tepung Asam Manis.

Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Kamis (29/08/2019) pagi, mahasiswa Culinology Art Class kembali belajar membuat dua menu masakan Healthy Food dari Semenanjung Korea, yakni Corn Dog dan Hottoek di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

Selanjutnya pada pertemuan hari keempat, Jumat (30/08/2019) pagi, Chef Nadya berbagi ilmu cara membuat Dutch Huzarensia dan Sweet & Spicy Chicken Wings with Potato Wedges, di Kitchen Graha Tristar Surabaya. ”Sedangkan pada tatap muka hari terakhir, Senin (02/09/2019) pagi, mahasiswa diuji membuat kreasi masakan (food creations) menurut versi mereka sendiri,” pungkasnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinology Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar