twitter

Pages

Kamis, 22 Agustus 2019

Pengalaman Pertama Peserta TCTC Kaliwaron Praktik Masak di Hotel Berbintang


Sisi Lain dari Live Cooking di MaxOne Hotels Tidar Surabaya

Usai Gelar Live Cooking di Kitchen Hotel, 12 Peserta Tristar Cruise Training Center (TCTC) Nikmati Menu Lunch Buffet Hasil Masakannya Sendiri  



SETELAH menggelar Live Cooking bersama Chef Eko Suryanto di OOB Kitchen Lantai 2 MaxOne Hotels Jl. Tidar No. 5 Surabaya sekitar 1,5 jam, 12 orang peserta Tristar Cruise Training Center (TCTC) Kaliwaron menikmati hidangan menu Lunch Buffet hasil masakannya sendiri, Kamis (15/08//2019) petang.


Jamuan Lunch Buffet di MaxOne Hotels Tidar Surabaya itu menyajikan aneka menu masakan untuk makan siang yang disiapkan mahasiswa, mulai  Happy Susuge Mix Salad (Appetizer), Sup Kepala Ikan (Soup) dan Main Course-nya berupa Nasi Putih, Nasi Goreng Hijau, I Fu Mie (Mie Siram), Cap Jay Goreng, Gurami Asam Manis, Ayam Ghonje Ngeses, Beef Blackpepper with Sausage Kajun dan Aneka Sambal + Krupuk + Acar dan Sauce.

Sedangkan Dessert-nya sendiri berupa Mineral Water, Infused Water, Es Teh dan Es Buah (Mix Fruit Ice) yang disajikan pada meja terpisah di area OOB Kitchen Lantai 2 MaxOne Hotels Tidar Surabaya. Dalam hal ini, peserta TCTC Kaliwaron itu dipandu langsung oleh kru OOB Kitchen.

Jamuan Lunch Buffet itu tentu saja mengundang selera makan anak-anak TCTC Kaliwaron setelah mereka selesai melakoni Live Cooking di hot kitchen MaxOne Hotels Tidar Surabaya. Di antara menu makanan untuk jamuan makan siang itu merupakan hasil masakan mahasiswa.

Oleh Executive Chef MaxOne Hotels Tidar Surabaya, Eko Suryanto, mereka dipersilakan untuk bisa saling mengkrisi masakan yang dibuat rekannya sendiri, setelah menu lengkap untuk jamuan makan malam tersebut dinikmati bareng-bareng. Dari aksi saling mencicipi tersebut, maka antarpeserta TCTC bisa mengoreksi kekurangan dan kelebihannya masing-masing. 

”Apakah makanan yang baru saja mereka masak seperti Nasi Goreng Hijau, I Fu Mie (Mie Siram), Cap Jay Goreng, Gurami Asam Manis, Ayam Ghonje Ngeses dan Beef Blackpepper with Sausage Kajun rasanya keasinan, sudah pas, kurang asin atau kurang manis,” kata Chef Eko di hadapan peserta TCTC Kaliwaron. 

Terkait dengan gelaran Live Cooking di MaxOne Hotels Tidar Surabaya bagi peserta TCTC Kaliwaron (Tristar Group), pihaknya memang welcome untuk kegiatan positif tersebut. ”Saya juga mempersilakan mahasiswa lain dari Tristar Group on the job training di sini,” ujar Chef Eko Suryanto mendampingi Assn. Director Sales & Marketing MaxOne Hotels Tidar Surabaya Budi Setiono. 

Beberapa peserta TCTC Kaliwaron, seperti Angel, Hanifia, Hanifan dan Ichbal antusias mendengarkan penjelasan Executive Chef MaxOne Hotels Tidar Surabaya yang sore itu mendampingi langsung peserta TCTC gelar Live Cooking di kitchen hotel. Mereka pun tak segan menanyakan kepada Chef Eko Suryanto seputar suka dukanya berkarier di dunia perhotelan. 

Chef Eko juga memberi tips kepada peserta TCTC Kaliwaron bagaimana merintis karier di kitchen hotel atau kitchen kapal pesiar yang harus dilakoni seseorang sejak jenjang terendah yakni cook helper, cook hingga menjadi head chef atau seorang executive chef profesional di sebuah hotel berbintang maupun cruise di mancanegara.

”Kuncinya adalah belajar, belajar dan belajar, juga kerja, kerja dan kerja. Tidak mungkin jenjang karier seseorang bakal naik kelas, kalau tidak diuji lebih dulu bagaimana kerasnya kerja di hot kitchen hotel. Justru di kitchen menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon chef atau chef junior demi mengasah ketrampilan dan menguji kemampuan masak mereka,” terang Chef Eko Suryanto.

Di kitchen hotel, Anda bisa memetik bagaimana kerja di bawah tekanan, membuat perencanaan belanja, menghitung cost dan konsisten menerapkan cost control, menyiapkan masakan sesuai order dari pelanggan (klien), meng-create menu makanan baru hingga berkoordinasi dengan pihak Banquet, Accounting, Marketing, Restoran (internal hotel) demi kepuasan pelanggan dan perusahaan pun bisa menangguk profit.

”Tidak menutup kemungkinan jika Anda merasa sudah mampu mandiri (setelah lama berkarier di hotel), Anda pun bisa berbisnis sendiri, misalnya buka usaha restoran atau cafĂ© dan Anda adalah manager sekaligus owner-nya,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan TCTC Kaliwaron dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar