twitter

Pages

Senin, 19 Agustus 2019

Setelah Dikenalkan Masakan India dan Timur Tengah, Mahasiswa Diajarkan Masak Japanese Food


Belajar Masak Asian Food di Kitchen Graha Tristar

Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Culinary Class Persembahkan Yakiniku, Chicken Teriyaki dan Miso Soup

SETELAH dikenalkan teknik masak makanan India dan Timur Tengah (Middle East Food) yang memanfaatkan olahan daging (kambing atau sapi) dengan aroma rempah-rempahnya yang kuat, giliran selanjutnya 20 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit –terakreditasi A— Konsentrasi Culinary (C1) Kelas Siang, diajarkan Chef Ari Purwantoro teknik masak makanan dari kawasan Asia Timur, khususnya Korea dan Jepang.


Untuk masakan Korea, misalnya, mahasiswa baru Culinary Class belajar masak membuat Yangnyeomtongdak, Teobokki & Dakgalbi. Sedangkan praktik masak Japanese Food menampilkan tiga menu yang sudah tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia yakni Yakiniku, Chicken Teriyaki & Miso Soup. Praktik masak Japanese Food itu dihelat di Kitchen Culinary 1 (C1) Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (14/08/2019) siang.

Ketika praktik masak Yakiniku, Teriyaki dan Miso Soup, 20 mahasiswa diminta Chef Ari berbagi tugas –dibagi dalam tiga kelompok—menyiapkan bahan-bahan masakan termasuk bumbu untuk membuat Yakiniku, Chicken Teriyaki maupun Miso Soup, sesuai panduan dari Buku Ajar (Silabus)

Untuk membuat Yakiniku, misalnya, Kelompok 1 yang dimotori Evelyn dkk menyiapkan bahan seperti sirloin, sake, mirin, caster sugar, rice vinegar, soy sauce, miso paste, bonito flakes, apple juice dan sesame seed.

Sedangkan Kelompok 2 yang dimotori Anisha dkk, antusias masak Chicken Teriyaki. Bahan yang dibutuhkan untuk menu masakan ini antara lain chicken breast, potato starch, sake, mirin, chopped ginger, kikkoman soy sauce, caster sugar, leek dan sesame seed.

Sementara itu Naufal dkk yang bergabung dalam Kelompok 3, tampil antusias untuk menyiapkan Miso Soup di Kitchen Graha Tristar Surabaya. Mereka bahu membahu menyiapkan bahan masakan seperti dashi, Japanese white miso, shiitake mushrooms, tofu, green onions dan Japanese pepper powder (optional).

Personel Kelompok 3, selain Chef Ari diminta membuat dashi yang bahannya terdiri dari kombu, cold water dan dried bonito flakes, juga menyiapkan batter-nya yang bahannya meliputi egg yolk, cold water, tempura flour dan ice cube.

Secara umum, pelajaran pengolahan makanan Asia ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya adalah grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan yang berasal dari Benua Asia.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar