twitter

Pages

Senin, 19 Agustus 2019

Serunya Peserta TCTC Kaliwaron Cooking Practice di Kitchen Hotel Bersama Chef Eko


Dari Kunjungan Industri di MaxOne Hotels Tidar Surabaya

Demi Dekatkan Diri Kerja di Industri, Peserta Tristar Cruise Training Center (TCTC) Live Cooking di Kitchen Hotel


SEBANYAK 12 orang peserta Tristar Cruise Training Center (TCTC) –Lembaga Pelatihan di bawah Tristar Group-- Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya,  mengadakan kunjungan industri untuk mengikuti praktik masak di OOB Kitchen Lantai 2 MaxOne Hotels Tidar Surabaya, Kamis (15/06/2019) sore. Dalam kunjungan industri tersebut, mereka di dampingi R. Paulus W. Soetrisno M.Par bersama Chef Agus Kurniawan dan Chef Agung Kurnia, Dosen Pengajar Tristar Group.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri itu sendiri untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Cookery Practice di ruang kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan. 

Kedatangan rombongan peserta TCTC Kaliwaron ke hotel bintang tiga di Jl. Tidar No.5 Surabaya itu disambut oleh Assn. Director Sales & Marketing MaxOne Hotels Tidar Surabaya Budi Setiono, Executive Chef Eko Suryanto dan Food & Beverage Manager (FBM) Kasiadik.

12 orang peserta TCTC Kaliwaron yang mengikuti kunjungan industri sekaligus Live Cooking di OOB Kitchen MaxOne Hotels Tidar Surabaya dengan disupervisi langsung oleh Executive Chef MaxOne Hotels Tidar Surabaya Chef Eko Suryanto.

Setelah berbincang sejenak di OOB Kitchen Lantai 2 MaxOne Hotels Tidar Surabaya, rombongan mahasiswa selanjutnya diberi pembekalan berupa pengarahan singkat seputar sistem kerja dan pembagian job desk saat praktik masak di kitchen hotel disampaikan langsung oleh Chef Eko Suryanto. 

”Untuk dua agenda pengarahan itu hanya berdurasi sekitar 10 menitan, sebelum mereka itu kami ajak praktik masak di kitchen hotel sesuai run down yang telah disusun pihak hotel,” kata Chef Eko Suryanto, kepada kru www.culinarynews.info, Kamis (15/08/2019), pekan lalu. 

Selama mengikuti acara Live Cooking, 12 orang peserta TCTC Kaliwaron itu ditunjukkan aneka bahan masakan setengah jadi yang sudah disiapkan sebelumnya oleh kru kitchen hotel. Dalam kesempatan itu, Chef Eko mendemonstrasikan cara membuat Happy Susuge Mix Salad (Appetizer) dan Beef Blackpepper with Sausage Kajun (Main Course).

Usai gelaran Chef Demo, peserta TCTC Kaliwaron digilir praktik masak di kitchen hotel (sesuai order menu Lunch Buffet) dengan disupervisi langsung oleh Chef Eko Suryanto bersama asistennya. 

Saat demo masak Beef Blackpepper with Sausage Kajun, Chef Eko Suryanto mengajarkan bagaimana teknik menggunakan mesin pemasak Wok yang benar kepada peserta TCTC Kaliwaron yang mengikuti Live Cooking di OOB Kitchen.

Begitu juga saat masak Sup Kepala Ikan dan Ayam Ghonje Ngeses, Chef Eko Suryanto mempersilakan Ichbal, Hanifan dan Reza untuk memainkan kompor Wok sesuai arahannya dengan disaksikan peserta TCTC Kaliwaron yang lain. 

Jovita dan Darmo, misalnya, tampil kali pertama untuk masak Ikan Kakap Asam Manis dengan menggunakan mesin Wok. Untuk memudahkan pengoperasian mesin Wok, Jovita dan Darmo tetap di dampingi Chef Eko Suryanto.

Selanjutnya yang tampil adalah Ichbal dan Hanifan. Dua peserta TCTC ini ditugaskan membuat Sup Kepala Ikan oleh Chef Eko Suryanto, sesuai daftar menu Lunch Buffet.  Sedangkan Prima diminta masak Cap Jay Goreng.

Giliran berikutnya Reza yang kebagian tugas untuk masak Ayam Ghonje Ngeses (rasa pedas), disusul kemudian Rizky membuat Nasi Goreng Hijau dan terakhir Caesar kebagian tugas untuk menyiapkan I Fu Mie (Mie Siram).

Khusus untuk Appetizer-nya Angel sudah lebih dulu menyiapkan Happy Susuge Mix Salad dan salah satu menu Main Course-nya yakni Beef Blackpepper with Sausage Kajun sudah dikerjakan Luluk, sapaan akrab Hanifia.

Sementara itu, waiter/waitress atau pramusaji dari OOB Kitchen sendiri tampil all out demi menyiapkan meja makan dan segala pernak perniknya untuk acara jamuan makan siang yang disajikan ala Family Style, di OOB Kitchen Lantai 2 MaxOne Hotels Tidar Surabaya. Supervisor OOB Kitchen Edwin sendiri yang menata sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas dan napkin (celemek) untuk diletakkan sesuai tempatnya. 

Dengan demikian, menu makan siang yang dimasak peserta TCTC Kaliwaron mulai Happy Susuge Mix Salad (Appetizer) dan Sup Kepala Ikan (Soup) bisa langsung dihidangkan di meja makan dengan tampilan ala Family Style.

Begitu juga untuk Main Course-nya sendiri terdiri dari Nasi Putih, Nasi Goreng Hijau, I Fu Mie (Mie Siram), Beef Blackpepper with Sausage Kajun, Cap Jay Goreng, Ayam Ghonje Ngeses, Ikan Kakap Asam Manis dan Aneka Sambal + Krupuk + Acar dan Sauce. 

Sedangkan Dessert-nya berupa Infused Water, Es Teh dan Es Campur (Mix Fruit Ice) disajikan pada meja terpisah di area OOB Kitchen Lantai 2 MaxOne Hotels Tidar Surabaya. ”Dalam hal ini, peserta TCTC juga kami beri kesempatan praktik langsung memasak aneka menu masakan  untuk makan siang, termasuk menyiapkan dessert-nya.,” terang Chef Eko kepada kru www.culinarynews.info, kemarin siang.  

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar