twitter

Pages

Jumat, 02 Agustus 2019

Melihat Keindahan Surabaya dari Lantai 7 Sky Bar MaxOne Hotels Tidar Surabaya


Praktik Bartending di MaxOne Hotels Tidar Surabaya

Mahasiswa Baru Pastry Class Akpar Majapahit Mojokerto Belajar Beverage Basic Knowledge di Loveshack Sky Bar 

PADA hari Rabu (24/07/2019) sore, 19 mahasiswa baru Pastry Class Akpar Majapahit Mojokerto di dampingi Dosen Mata Kuliah Bar & Beverage Tristar Group, Yoseph Agung Priyo Widodo, mengikuti kunjungan industri untuk belajar meracik minuman (Bartending) di Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Jl. Tidar No. 5 Surabaya.


Kedatangan rombongan mahasiswa baru Pastry Class Akpar Majapahit Mojokerto yang dipimpin Kaprodi D3 Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par., sore itu disambut oleh Assn. Director Sales & Marketing MaxOne Hotels Tidar Budi Setiono, Food & Beverage Service Manager Dundhee dan Supervisor Loveshack Sky Bar Nur Halim, di Lantai 7 MaxOne Hotels Tidar Surabaya.

Sebelum praktik meracik minuman beralkohol (Cocktail) dan non-alkohol (Mocktail), mahasiswa dibagi dua kelompok (masing-masing beranggotakan 9-10 orang) diajak tour hotel lebih dulu oleh tim dari FBS MaxOne Hotels Tidar Surabaya.


Selain showing ke kamar hotel, mahasiswa juga diajak melihat fasilitas hotel yang lain seperti Lobby Hotel, Meeting Room, OOB Kitchen (Café & Resto yang menyatu dengan Main Kitchen) di Lantai 2 MaxOne Hotels Tidar Surabaya.


Usai tour hotel selama 15 menitan, rombongan kembali ke Loveshack Sky Bar di Lantai 7 MaxOne Hotels Tidar Surabaya, untuk mengikuti acara inti yakni Beverage Basic Knowledge & Beverage Practice yang dipandu langsung oleh Supervisor Loveshack Sky Bar Nur Halim.

Dalam kesempatan itu, Nur Halim mempresentasikan Beverage Basic Knowledge. Supervisor Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Tidar itu menjelaskan Sejarah Bar, Jenis Bar, Organisasi Bar atau Struktur Organisasi Bar hingga cara meracik minuman sesuai standar industri perhotelan.

Ia juga me-refresh kembali ingatan mahasiswa tentang Beverage Basic Knowledge yang sudah diajarkan kepada mahasiswa di bangku kuliah, mulai Alcoholic Beverage, Non-Alcoholic Beverage hingga Barista.

Halim, sapaan akrab Nur Halim, juga menyinggung tentang cara pembuatan dan aneka jenis minuman beralkohol (Alcoholic Beverage) yang beredar di pasaran sampai saat ini, mulai Beer, Layer Beer, Stout, Pilsener, Wine, Aromatized Wine hingga macam-macam Spirit.

Usai me-refresh ingatan mahasiswa seputar Beverage Basic Knowledge, giliran selanjutnya Supervisor Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Tidar ini tampil untuk mempraktikkan cara meracik minuman baik Mocktail, Cocktail maupun Barista (Kopi) di hadapan mahasiswa baru Pastry Class.

Resep minuman beralkohol (Cocktail) pertama yang diracik dengan metode Shacker adalah Poison Blue. Bahannya terdiri dari vodka, dry gin, blue corascao, simple syrup dan lime, sehingga menghasilkan citarasa sweet & sour yang menyegarkan pada minuman tersebut.

Sedangkan racikan minuman beralkohol berikutnya dengan metode Purer & Steerer yang disuka perempuan adalah Summer Splash.  Mahasiswa kembali diajarkan teknik meracik minuman beralkohol Mojito dengan metode Muddler.

Terakhir, Nur Halim mendemonstrasikan teknik meracik minuman beralkohol Screw Driver dan Gin Tonic yang dibuat dengan metode Shacker di Loveshack Sky Bar, Rabu (10/06/2019) petang. 

Masih belum puas, Nur Halim kembali mendemontrasikan teknik meracik Bir Pletok (minuman tradisional dari Jogja yang termasuk dalam kelompok Cocktail) di hadapan mahasiswa. Aksi tersebut langsung diapresiasi oleh mahasiswa baru Pastry Class Akpar Majapahit Mojokerto.

Setelah praktik meracik minuman selama dua jam di Lantai 7 MaxOne Hotels Tidar Surabaya, acara berikutnya adalah makan bersama yang di-set up ala prasmanan  di OOB Kitchen, Lantai 2 MaxOne Hotels Tidar Surabaya. Menu makan malam itu mulai Appetizer, Soup, Main Course dan diakhiri dengan sajian menu penutup (Dessert).

Dalam kesempatan terpisah, Dosen Bar & Beverage Tristar Group Yoseph Agung Priyo Widodo kembali menyatakan, secara umum pembelajaran di industri tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja.

Oleh karena itu, dalam demo meracik minuman di Loveshack Sky Bar Lantai 7 MaxOne Hotels Tidar Surabaya tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) di industri perhotelan. Dengan demikian, pembelajaran langsung di sini besar manfaatnya bagi mahasiswa yang ingin berkarier di sebuah hotel berbintang,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit Graha Tristar, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar