twitter

Pages

Rabu, 07 Agustus 2019

Chef Endang Ajarkan Mahasiswa Buat Lima Produk Olahan dengan Sentuhan Food Technology


Belajar Food Technology Applications Bersama Chef Endang

Mahasiswa Baru Pastry Class Giliran Praktik Buat Teh dalam Kemasan Botol di Kitchen Graha Tristar


SELAMA lima kali tatap muka, sekitar 20-an mahasiswa baru Pastry (P2) Akpar Majapahit Kelas Siang, giliran dibekali cara membuat aneka kreasi produk olahan di Kitchen Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Mereka dibimbing langsung oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar.

Pada tatap muka pekan pertama, Rabu (07/08/2019) siang, mahasiswa baru Pastry (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi diajarkan cara membuat Teh dalam Kemasan Botol oleh Chef Endang, sapaan akrab Endang Sri Rahajoe.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Teh dalam Kemasan Botol antara lain sugar, water, caramel colour, jasmine tea essence. Bahan tersebut dimasukkan dalam panci, kemudian dimasak sekitar 30 menitan. Kotoran yang muncul saat olahan teh itu dimasak kemudian disaring dan dibuang.

Setelah olahan teh tersebut masak, panci lalu diangkat dan didinginkan. Sesudah teh itu dingin baru dimasukkan dalam botol plastik berukuran 200 ml yang sudah diberi etiket komposisi bahan, batch produksi dan tanggal kedaluarsanya siap dipasarkan. Di pasaran sekarang banyak dijumpai aneka produk minuman berbasis teh mulai Teh Pucuk Harum, Mytea, Teh Sosro, Nu-Tea dan yang lainnya.

”Dengan membekali pengetahuan seputar Food Technology Application sejak dini maka mahasiswa bisa mengerti alur proses memasak, sejak bahan mentah, diolah menjadi produk setengah jadi hingga dimasak lebih lanjut di kitchen, sebelum makanan atau minuman itu disajikan di meja,” kata Chef Endang Sri Rahajoe, kemarin.

Materi praktik Food Technology Applications yang diberikan kepada mahasiswa baru Culinary Class, dipilihkan yang saat ini lagi disuka konsumen dan masih tetap booming di pasaran. Pihaknya juga mengajarkan tentang pentingnya membuat kemasan produk yang cantik sehingga menarik minat konsumen untuk membelinya.

Selain dibekali cara membuat Teh dalam Kemasan Botol, mahasiswa baru Pastry Class juga diajarkan cara membuat Siomay, salah satu produk Frozen Food yang banyak disuka konsumen. Praktik membuat Siomay itu dilakoni mahasiswa baru Pastry Class pada pertemuan pekan kedua, Rabu (14/08/2019) mendatang.

Selanjutnya, pada tatap muka ketiga, Rabu (21/08/2019) pekan lalu, Chef Endang Sri Rahajoe kembali membekali anak didiknya teknik membuat Keripik Pisang dan pada praktik pekan keempat, Rabu (28/08/2019) mendatang, mahasiswa Pastry Class (P2) diajarkan cara membuat Sambal Kemasan.

Sementara itu pada pertemuan pekan terakhir, Rabu (04/09/2019) mendatang, Chef Endang berbagi dengan anak didiknya cara membuat Sambal Rujak Manis berikut aplikasinya. Praktik membuat berbagai olahan produk food technology itu dihelat di Kitchen Pastry 2. Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar