twitter

Pages

Jumat, 27 Maret 2020

Hebohnya Mahasiswa Cruise B Class Samator Siang Belajar Hospitality di Hotel Berbintang

Hasil Kerja Mahasiswa di FB Service dan Open Kitchen Great Diponegoro Hotel Diapresiasi Chef Giovanni Putra Pratama


HASIL kerja 14 mahasiswa Cruise B Class Samator Siang di Food & Beverage (FB) Service dan Open Kitchen Zhang Restaurant, Rabu (11/03/2020) siang diapresiasi Chef Giovanni Putra Pratama, usai mendampingi mahasiswa belajar Hospitality di Lantai 2 Great Diponegoro Hotel Jl. Diponegoro No. 215 Surabaya selama lima jam, mulai pukul 10.00 hingga pukul 15.00 WIB.


Selama bekerja di Open Kitchen Zhang Restaurant, Chef Giovanni bangga dengan semangat kerja yang ditunjukkan tujuh mahasiswa (Prischila Jatiriani, Hanifah Masfu’ah, Jessyica Winanda Nainggolan, Danastri Omartya Andarista, Christopher Benson Maja Tambur, Agatha Ronald Ge Dewa Bagaskhara dan Philbert Tandinata) yang tampil all out saat masak satu set menu western fine dining pada sesi pertama, maupun tujuh mahasiswa berikutnya yang kebagian tugas masak pada sesi kedua.

Pasalnya, durasi masak satu set menu western fine dining -- Avocado Prawn Salad (Appetizer), Beef Goulash Soup (Soup), Grill Chicken Breast with Potato with Vegetables Mushroom Sauce (Main Course) dan Ginger Bruelle Torch (Dessert), bisa diselesaikan Philbert dkk., kurang dari 1,5 jam, mulai prepare bahan hingga hasil masakan itu disajikan di atas meja makan.

Kinerja membanggakan juga ditunjukkan tujuh mahasiswa lain (Alya Nabila Moudzie, Anidya Adhiyoga, Yuki Yuara, Tan Vincent Reonaldo Chandra, James Natanael M.M., Mickhael Rusell Depp dan Eduardo Prakoso Suliantoro), yang tampil sebagai waiters/waitress di Zhang Restaurant . Aksi mereka ternyata tidak kalah ciamik dengan Philbert dkk., yang siang  itu nge-job di Open Kitchen Zhang Restaurant.

Sukses tim waiter/waitress yang dimotori James Natanael saat men-set up meja makan untuk acara jamuan makan siang satu set menu western fine dining, juga diakui oleh Supervisor FBS Zhang Restaurant Bramanda Atmaja dan FB Captain Zhang Restaurant Jafar Risma Trisantika, yang kompak mengawal mahasiswa praktik waiter/waitress di Great Diponegoro Hotel Surabaya, Rabu (11/03/2020) siang.

Praktik masak dan service dibagi dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Untuk sesi siang giliran yang sebelumnya bertugas di open kitchen dikenalkan sistem kerja di bagian service, sedangkan yang sesi pagi bertugas di bagian service, pada sesi siangnya ditugaskan untuk masak di Open Kitchen Zhang Restaurant.

Menu makan siang yang disiapkan mahasiswa Cruise B Class Samator Siang adalah Avocado Prawn Salad (Appetizer), Beef Goulash Soup (Soup). Untuk Main Course-nya adalah Grill Chicken Breast with Potato with Vegetables Mushroom Sauce dan Dessert-nya sendiri diberi titel Ginger Bruelle Torch.

Saat praktik masak di open kitchen Zhang Restaurant tersebut, Chef Giovanni, sapaan akrabnya, mengajarkan bagaimana teknik menggunakan mesin pemasak Wok yang benar kepada 14 mahasiswa Cruise B Class Samator Siang yang ditugaskan di kitchen baik pada sesi pagi maupun sesi siang. 

Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk tampil dan diajarkan bagaimana memainkan kompor Wok sesuai arahan Chef Giovanni, dengan disaksikan mahasiswa lainnya. Selain itu, mereka diajarkan bagaimana mengupas kulit dan membersihkan kotoran di bagian kepala udang (prawn), teknik memotorng ayam utuh untuk dipisahkan antara bagian dada dan bagian lainnya, sebelum daging di bagian dada ayam tersebut di-grilled.

Mahasiswa yang lain pun kebagian tugas menyiapkan bahan untuk membuat Avocado Prawn Salad (Appetizer), memotong daging sapi, kentang dan bumbu sup untuk masak Beef Goulash Soup

"Selain itu mereka juga saya minta untuk menyiapkan Grill Chicken Breast with Potato and Vegetables Mushroom Sauce (Main Course) dan Dessert-nya yakni Ginger Bruelle Torch. Untuk masak satu set menu lengkap itu durasinya tidak lebih dari 1,5 jam (90 menit),” ujar Chef Giovanni di hadapan mahasiswa Cruise B Class Samator Siang.

Sementara itu, pada waktu bersamaan, Supervisor Zhang Restaurant, Bramanda Atmaja juga menyupervisi sembilan  mahasiswa anggota Kelompok 2. Mereka diminta menyiapkan sekaligus menata sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas dan napkin (celemek) untuk diletakkan sesuai tempatnya. 

Napkin-nya sendiri dilipat ala candle style, sedangkan mahasiswa yang lain sibuk men-set up meja) yang ditata ala western set menu fine dining (layaknya table manner), karena agenda makan siang tersebut direpresentasikan sebagai acara jamuan makan resmi. 

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri itu sendiri untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Hospitality terutama di di ruang kelas dengan realitas di lapangan khususnya di Kitchen (Food & Beverage Product) dan Food & Beverage Service (FBS) sebuah industri perhotelan, yang direpresentasikan mirip dengan sistem kerja di Kapal Pesiar.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar