twitter

Pages

Jumat, 13 Maret 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Culinary Praktik Masak Dua Menu Oriental Food


 Dari Kitchen Modern Graha Tristar, Mahasiswa Culinary Class Tampilkan Mapo Tofu dan Mun Tahu yang Lezat

PADA hari Rabu (04/03/2020) siang, 18-an mahasiswa Culinary 1 (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang dibimbing Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM, meramaikan cooking battle saat praktik masak dua menu Oriental Food di Dapur Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Dua kreasi makanan Oriental itu adalah Mapo Tofu dan Mun Tahu.



Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, 18 mahasiswa Culinary Class itu dibagi dua kelompok masing-masing beranggotakan sembilan orang. Setiap kelompok kebagian tugas masak dua menu masakan Oriental Food.

Baik Kelompok 1 maupun  Kelompok 2 tampil all out saat memasak Mapo Tofu dan Mun Tahu di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya. Pasalnya, masakan hasil kreasi anak didik Chef Ari itu dikritisi dan dinilai dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya.

Untuk masak Mapo Tofu, misalnya, masing-masing kelompok diminta menyiapkan bahan masakan mulai ground beef, shaoxing wine, soy sauce, minced ginger, fermented soy beans (tauco), chopped spring onion, chili oil, ngohyong, firm tofu (tofu diiris bentuk persegi), red chili, salt dan sugar.

Begitu juga ketika masak Mun Tahu, masing-masing kelompok juga tampil antusias saat menyiapkan bahan masakannya, yang terdiri dari ground beef, shaoxing wine, soy sauce, mineral ginger, chopped spring onion, celery stalk, firm tofu (tofu diiris bentuk persegi), garlic, oyster sauce, salt dan sugar.

”Shaoxing wine yang diaplikasikan ketika memasak Mapo Tahu dan Mun Tahu, selain bertujuan untuk mengempukkan ground beef, juga memberi aroma harum pada kedua masakan oriental food tersebut,” ujarnya.

Sedangkan tofu sendiri merupakan tahu yang teksturnya halus. Tofu merupakan hasil olahan saripati kedelai yang dipadatkan dan berwarna putih. Tofu banyak diaplikasikan pada sejumlah masakan Chinese maupun Japanese Food.

Sehari sebelumnya, tepatnya pada Selasa (03/03/2020) siang, anak didik Chef Ari, juga diajarkan cara masak dua menu Oriental Food yakni Kung Pao Chicken dan Corn Soup. Dua menu masakan ini cukup populer di lidah orang Surabaya dan sekitarnya karena kelezatannya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar