twitter

Pages

Rabu, 04 Maret 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Praktik Food Technology di Kitchen Modern Graha Tristar


Peluang Pasarnya masih Menjanjikan, Mahasiswa Culinary Diajarkan Cara Buat Economic Meat Ball untuk Industri 

PELUANG pasar Pentol Bakso Ekonomis (Economic Meat Ball) yang diproduksi pelaku industri skala rumah tangga (home industry) masih terbuka dan tetap menjanjikan keuntungan. Apalagi juga didukung oleh stabilitas pasokan bahan baku di pasaran, memungkinkan produsen salah satu produk frozen food ini bisa tumbuh dan kembang seiring meningkatkan konsumsi pentol bakso di masyarakat. 


Fenomena ini tentunya membuka peluang usaha rumahan (home industry) terutama  bisnis pengolahan daging (ayam dan sapi) untuk dijadikan produk setengah jadi. Salah satu produk olahan daging ayam fillet dan daging sapi adalah Economic Meat Ball. Mengingat pangsa pasarnya yang lumayan besar, maka mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit pun dibekali teknik membuat Meat Ball skala industrial

Eksistensi bisnis Economic Meat Ball khususnya yang masuk kategori industri skala rumah tangga (home industry), memungkinkan pemodal kecil bisa memutar roda usahanya demi memenuhi permintaan pasar yang terus bertambah dari tahun ke tahun.

Economic Meat Ball sendiri merupakan salah satu produk frozen food di luar Sosis (Sausage), Nugget Ayam (Chicken Nugget), Kekian dan Tempura yang disuka konsumen, dari kalangan anak-anak, remaja sampai orang dewasa baik dari kelompok warga kebanyakan hingga kaum.gedongan (the have). Jelasnya, pentol bakso di Indonesia sudah merakyat banget.

Tingginya permintaan Economic Meat Ball belakangan ini juga menarik perhatian lembaga pendidikan Tristar Group untuk membekali anak didiknya –mahasiswa Culinary dan Pastry Class—belajar membuat Meat Ball untuk keperluan industri.

Pada pertemuan pekan terakhir, Senin (02/03/2020) siang, Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Rachma Nur Devianti S.TP., M.MPar., dipercaya menggelar demo seputar cara membuat Economic Meat Ball dan aplikasinya bersama 17-an mahasiswa Culinary (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, di Kitchen Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Chef Rachma juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Economic Meat Ball untuk kebutuhan industri dengan sentuhan Food Technology.

 
Pada pertemuan siang itu, Chef Rachma bersama anak didiknya langsung praktik membuat Economic Meat Ball yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Economic Meat Ball yang layak jual. Selama praktik tersebut, Chef Rachma juga melibatkan anak didiknya, mengingat yang dipraktiknya kali ini terdiri dari dua resep.

Bahan untuk membuat Economic Meal Ball antara lain antara lain chicken fillet fresh, fat non solid, beef kisi (tetelan), phosmix, salt, ice cube, tapioca, sugar, pepper, MSG dan garlic powder. Pada praktik kali ini, mahasiswa diminta membuat dua resep standar ini karena kapasitas food processor-nya relatif kecil.

Demi akurasi dalam pembuatan Economic Meat Ball, maka setiap resep yang diajarkan butuh chicken fillet fresh 150 gram, fat non solid 50 gram dan beef kisi 75 gram. Jadi bahannya tidak 100 persen daging sapi demi menghemat biaya produksi pembuatan pentol bakso.

Mengingat praktik membuat meat ball ini untuk kebutuhan industrial, maka penimbangan chicken fillet fresh, fat non solid, beef kisi maupun bahan-bahan untuk membuat bumbunya agar sesuai resep. Oleh karena itu, penimbangan bahan pun harus diupayakan sepresisi mungkin demi menjaga kualitas produk frozen food tersebut dan mencapai tingkat harga yang pantas jika produk tersebut dipasarkan.

”Setelah pentol bakso ekonomis itu jadi, mahasiswa juga diminta menyiapkan kuah bakso, mie, bihun, chili sauce, tomato sauce, bawang goreng dan rajangan kecil daun bawang, sehingga tersaji satu porsi bakso lengkap dengan pentol ekonomisnya,” kata Chef Rachma Nur Devianti. Silakan dicicipi baksonya!

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar