twitter

Pages

Selasa, 17 Maret 2020

Asyiknya Mahasiswa Culinary Class Belajar Leadership di Parisienne French Bistro & Cafe


Setelah Nikmati Salmon En Croute dan Apple with Tea Ice, Giliran Chef Arie Bekali Mahasiswa Materi Leadership Practices


 
SUASANA belajar Leadership (Kepemimpinan) dan Teknik Supervisi di Parisienne French Bistro & Café Jl. Raya Manyar No. 53 Surabaya yang nyaman dan penuh suasana keakraban, membuat 19-an mahasiswa Culinary (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, keasyikan saat praktik membuat Salmon En Croute bersama Chef Joko Aryo Handoko dan asistennya, Chef Salsabila, Jumat (06/03/2020) pagi.

Durasi praktik masak membuat Salmon En Croute di Kitchen Patisserie lantai 3 Parisienne French Bistro & Café itu sekitar 1,5 jam. Durasi masak tersebut sudah termasuk proses nge-bake-nya di mesin oven selama 15 menit.  
  
Setelah proses pengovenan rampung, Salmon En Croute hasil kreasi mahasiswa di-plating secantik dan semenarik mungkin kemudian disajikan di atas meja makan yang di-set up ala family style di Lantai 2. Salmon En Croute dan Apple with Tea Ice (Mocktail) itu kemudian dihidangkan sebagai menu makan siang (lunch) bersama.

Jamuan makan siang bersama dengan menu Salmon En Croute dan Apple with Tea Ice itu merupakan salah satu menu unggulan Parisienne French Bistro & Café Surabaya, di sampingi Toraja Coffee Chicken with Sambal Kecombrang dan Es Beras Kencur Milenial.
 
Suasana makan siang mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit itu bertambah hangat dengan kehadiran Director of Parisienne French Bistro & Café Arie Novianti dan Dosen Pengajar Leadership & Teknik Supervisi Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

Keunikan Salmon En Croute  ini tampak dari tampilan luarnya yang berupa model ikan berwarna gold brown, karena tampilan luar itu mencerminkan filling-nya yakni potongan ikan Salmon dan Bayam (spinach leaf) diberi seasoning lalu di-saute. Sedangkan kulit pembungkusnya sendiri berupa sheet puff pastry yang renyah usai di-bake pada suhu 175 *C selama 15 menit.

Warna menarik dari Salmon En Croute ini karena sebelum sebelum di-bake, diolesi dengan kuning telur agar warnanya menjadi golden brown, setelah proses pengovenan. Salmon En Croute yang sudah matang lalu dikeluarkan dari dalam oven, selanjutnya Salmon En Croute itu pun siap disajikan dengan side dishes dan sauce sesuai selera.

Tak hanya itu, Parisienne French Bistro & Cafe juga menyajikan kreasi baru minuman Apple with Tea Ice (Mocktail) dengan cita rasa kekinian yang segar dan menyegarkan. ”Mocktail kekinian ini betul-betul fresh from the kitchen, tanpa menggunakan bahan pengawet,” kata Arie Novianti, setengah berpromosi di hadapan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Surabaya.

 
Setelah menikmati sajian istimewa persembahan dari Parisienne French Bistro & Café, sekarang giliran Chef Arie Novianti yang membekali mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit berupa pengetahuan praktis seputar Leadership dan Teknik Supervisi.

Secara umum Leadership adalah kemampuan untuk membuat team leader secara bersama-sama demi mencapai goal yang sama sesuai keinginan perusahaan. Karena itu, Leadership membutuhkan team yang kompak, skill yang mumpuni dan experience (pengalaman di bidang tax & finance, production dan sales & marketing).

Sedangkan tugas leader sendiri meliputi direct (melaksanan visi dan misi perusahaan), guide, influence, development dan nuture. Mengingat Parisienne French Bistro & Café bergerak di bisnis kuliner, maka pengembangan produk baru demi mengikuti trend kekinian, menuntut segenap kru di kitchen kreatif dan terus berinovasi membuat menu-menu baru yang disuka konsumen.

”Untuk menjadi seorang leader yang berkualitas, ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi, antara lain physical appearance, punya visi dan misi, intelligence, mampu berkomunikasi dengan baik, knowledge, objective, responsibility, self confidence, humanist dan ber-empathy,” terang alumni Le Cordon Bleu (LCB) Tokyo, Jepang.


Sementara itu Dosen Pengajar Leadership dan Teknik Supervisi Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno menekankan bahwa kunjungan industri yang dilakoni mahasiswa Culinary Class maupun mahasiswa Pastry Class ini tidak hanya fokus di hotel-hotel berbintang, melainkan juga menyasar sejumlah pengelola Bistro & Café yang kini bermunculan di Kota Surabaya. ”Pengalaman berharga ini diharapkan membuka cakrawala berpikir mahasiswa dalam menyikapi perkembangan dunia kerja yang semakin kompetitif, kreatif dan inovatif,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar