twitter

Pages

Senin, 16 Maret 2020

Dari Kunjungan Industri Mahasiswa Culinary ke Parisienne French Bistro & Cafe Surabaya


Hebohnya Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang Praktik Buat Aneka Kreasi ”Salmon En Croute”

DEMI mengaplikasikan mata kuliah Leadership (Kepemimpinan) dan Teknik Supervisi yang dibimbing R. Paulus W. Soetrisno M.Par., kunjungan industri ke Parisienne French Bistro & Café Jl. Raya Manyar No. 53 Surabaya, masih terus berlanjut. Kali ini giliran sebanyak 19-an mahasiswa Culinary (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, ditantang membuat aneka kreasi produk Salmon En Croute –termasuk kelompok Puff Pastry-- di Kitchen Patisserie Lantai 3 Parisienne French Bistro & Cafe, Jumat (06/03/2020) pagi. 


Kunjungan industri itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengalaman mahasiswa yang belajar Leadership (Kepemimpinan) dan Teknik Supervisi dengan melihat realitas di dunia kerja, terutama bagaimana penerapan aspek kepemimpinan dan teknik supervisi di Parisienne French Bistro & Café.  


Kedatangan rombongan mahasiswa pagi itu disambut oleh Director of Parisienne French Bistro & Café Arie Novianti, Head Chef Joko Aryo Handoko, Chef Salsabila dan Operational Manager Rini Ismawati, di lobi café tersebut.

Sebelum praktik membuat aneka kreasi produk Salmon En Croute, mahasiswa Culinary Class –dibagi dalam dua group-- mengikuti kunjungan industri sekaligus praktik Leadership dan Teknik Supervisi di Parisienne French Bistro & Café. Masing-masing kelompok diajak melihat dari dekat sejumlah fasilitas di Parisienne French Bistro & Café oleh Chef Joko Aryo dan Rini Ismawati, mulai Lantai 1 sampai Lantai 3.

Saat berada di Lantai 1, misalnya mahasiswa Culinary Class melihat aneka produk cakes yang di-display cantik, menarik dan elegan dengan segala pernak perniknya yang bernuansa keindahan kota Paris (Prancis) yang tertata rapi di area Front Desk.

Sementara di belakang area Front Desk, ada dua ruangan yang berisi sejumlah fasilitas Kitchen Patisserie, terutama meja kerja dan aneka peralatan (mesin) membuat kue, terutama mixer, freezer, chiller, prover dan oven. Mahasiswa juga diingatkan kembali bagaimana mengoperasikan prover dan oven yang benar. Mengapa suhu bawah dan suhu atas oven saat nge-bake diperlakukan berbeda dan sebagainya.

Sementara itu saat melihat fasilitas di Lantai 2, sudah tertata meja kursi yang empuk bagi pengunjung Parisienne French Bistro & Café, peralatan musik, mixer dan sound system. Juga terdapat meja kursi berkapasitas 20 orang yang di-set up ala family style untuk menggelar acara jamuan makan siang.

Sedangkan di belakang area Front Desk terdapat satu ruangan besar berupa Hot Kitchen (Kitchen Culinary) yang mengoperasikan sejumlah kompor modern termasuk kompok wok, chiller, freezer, oven, rak bumbu dan meja kerja yang terbuat dari bahan stainless steel (plat besi anti karat), yang juga tertata rapi dan bersih.

Sementara itu praktik membuat Salmo En Croute difokuskan di Kitchen Patisserie yang berada di Lantai 3. Oleh karena itu, Chef Joko Aryo Handoko dan Chef Salsabila, mengajak mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit naik ke Lantai 3.

Sebelum membuat kreasi Salmon En Croute, Chef Joko lebih dulu mendemonstrasikan teknik masak bayam yang di-saute dengan bawang putih, kemudian ditambahkan seasoning dan sedikit cream cooking. Didinginkan selama 15 menit. 

Empat mahasiswa lalu diminta menduplikasi cara men-saute bayam yang sudah direbus itu seperti yang dicontohkan Chef Joko. Mereka yang diminta tampil mewakili rekan-rekannya adalah Rosy Septia Abidah, Yasir Indrastata, Cici Septi Melani dan Aji Sampurna P.

Usai demo menumis bayam dan teknik memisahkan kulit dengan daging ikan Salmon, giliran mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit yang masak Salmon En Croute dengan disupervisi langsung oleh Chef Joko Aryo Handoko dan asistennya, Chef Salsabila. Duransi masak Salmon En Croute dipatok sekitar 60 menitan.

Bahan yang disiapkan oleh masing-masing peserta adalah fillet Salmon 50-60 gram, sheet puff pastry ukuran 20x20 cm, bayam yang sudah di-saute lebih dulu sebagai filling-nya bersama ikan Salmon, cream cooking, seasoning dan kuning telur.

Saat praktik masak Salmon En Croute di Kitchen Patisserie Lantai 3, aksi mahasiswa Culinary Class itu juga disaksikan Director of Parisienne French Bistro & Café, Arie Novianti dan Dosen Pengajar Leadership & Teknis Supervisi R. Paulus W. Soetrisno M.Par. 

Suasana kitchen pagi itu pun jadi semakin seru, karena mahasiswa yang kreasi desain ikannya saat membuat Salmon En Croute dinilai paling bagus –dipilih tiga orang— bakal diberi hadiah berupa voucher belanja di Parisienne French Bistro & Café. Iming-iming hadiah dari owner Parisienne French Bistro & Cafe ini mengundang kehebohan karena setiap mahasiswa ingin tampil sebaik mungkin saat masak Salmon En Croute.

”Untuk finishing-nya sendiri, aneka kreasi produk Salmon En Croute (Puff Pastry) yang sudah diolesi dengan kuning telur agar warnanya jadi golden brown itu selanjutnya di-bake pada suhu 175*C selama 15 menitan,” kata Chef Joko Aryo mendampingi Chef Salsabila di Kitchen Patisserie Lantai 3.

Usai nge-bake Salmon En Croute, masing-masing peserta praktik Leadership dan Teknik Supevisi diminta mem-plating sendiri masakannya, sebelum masakan itu dihidangkan di meja makan yang di-set up ala family style. Jamuan makan siang bersama itu mempersembahkan Salmon En Croute dan Apple with Tea Ice (Mocktail).


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar