twitter

Pages

Rabu, 04 Maret 2020

Melihat Kehebohan Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Endang Sri Rahajoe


Mahasiswa Culinary Class Diajarkan Cara Buat Economic Meat Ball di Kitchen Modern Graha Tristar



PADA pertemuan terakhir, Senin (02/03/2020) siang,  mahasiswa Culinary (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi kembali diajarkan cara membuat Pentol Bakso Ekonomis (Economic Meat Ball). Selama praktik tersebut, mahasiswa diasuh Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar., Dosen Pengajar Food Technology Tristar Group, di Kitchen Modern Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (02/03/2020) siang.


Mahasiswa Culinary Class tampak antusias mengikuti acara cooking demo membuat Economic Meat Ball yang disuka konsumen, seperti halnya saat mereka praktik membuat Industrial Chicken Nugget, Sambal Pecel, Mini Kekian dan Sambal Ikan Asin.  

Menurut Chef Endang, sapaan krabnya, fokus dari praktik membuat Pentol Bakso Ekonomis (Economic Meat Ball) ini tetap ditujukan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry) sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Kitchen Graha Tristar Surabaya.


Chef Endang juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat produk olahan dari daging sapi plus lemaknya dan dikombinasi dengan daging ayam menjadi produk setengah jadi, yakni Economis Meat Ball --yang masih temasuk dalam kategori frozen food-- dengan sentuhan Food Technology.

Bersama anak didiknya, Chef Endang mengajarkan cara membuat Economic Meat Ball yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Economic Meat Ball kepada 18 mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Economic Meat Ball antara lain chicken fillet fresh, fat non solid, beef kisi (tetelan), phosmix, salt, ice cube, tapioca, sugar, pepper, MSG dan garlic powder. Selama praktik kali ini, mahasiswa diminta membuat tiga resep standar ini mengingat kapasitas food processor-nya relatif kecil.

Demi akurasi dalam pembuatan Economic Meat Ball, maka setiap resep yang diajarkan butuh chicken fillet fresh 150 gram, fat non solid 50 gram dan beef kisi 75 gram. Jadi bahannya tidak 100 persen daging sapi demi menghemat biaya produksi pembuatan pentol bakso.

Mengingat praktik membuat meat ball ini untuk kebutuhan industrial, maka penimbangan chicken fillet fresh, fat non solid, beef kisi maupun bahan-bahan untuk membuat bumbunya agar sesuai resep, maka harus diupayakan sepresisi mungkin demi menjaga kualitas produk frozen food tersebut.

Untuk variasi rasa pada pentol bakso, maka untuk filling-nya sendiri bisa diisi telur puyuh, irisan keju, jamur kancing (champignon) atau irisan hot chili. Sensasi rasa pentol bakso ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin buka usaha skala rumah tangga (home industry).

Sementara itu demi memberikan sentuhan berbeda, maka Chef Endang pun mengajak anak didiknya membuat BBQ Sauce dan Sambal Gila. Dengan demikian saat penyajiannya nanti ada tiga macam plating-an dengan cita rasa yang  berbeda pula.

Untuk membuat BBQ Sauce, bahan yang dibutuhkan adalah tomato sauce, chili sauce, sweet soy sauce, hoisin sauce dan oyster sauce. Sedangkan untuk membuat Sambal Gila, bahan yang perlu disiapkan antara lain chili sauce, hot chili, garlic fresh, sugar, salt,  MSG dan water.

 
 
Plating-an pertama, meat ball-nya hanya dihias dengan sauce tomat dan chili sauce. Sedangkan plating-an kedua, meat ball-nya diberi BBQ sauce, mayonnaise dan parutan keju. Sementara itu pada plating-an yang ketiga, meat ball-nya dihias dengan tomato sauce, sambal gila, mayonnaise dan ditaburi katsuoboshi. Selamat berkreasi!

 
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar