twitter

Pages

Senin, 30 Maret 2020

Dari Kunjungan Industri Mahasiswa Culinary ke Parisienne French Bistro & Cafe


Serunya Belajar Operasikan Kompor Wok dan Praktik Masak Nasi Goreng, Cah Vegetables dan Ayam Kung Pao Bersama Chef Joko Aryo


MAHASISWA Culinary 2 (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi meramaikan agenda kunjungan industri  ke Parisienne French Bistro & Café Jl. Raya Manyar No. 53 Surabaya, Kamis (12/03/2020) sore. Kunjungan itu demi mengaplikasikan mata kuliah Leadership (Kepemimpinan) dan Teknik Supervisi yang dibimbing R. Paulus W. Soetrisno M.Par.


Kunjungan industri itu sendiri bertujuan untuk menambahkan wawasan dan pengalaman mahasiswa yang belajar Leadership (Kepemimpinan) dan Teknik Supervisi dengan melihat realitas di dunia kerja, terutama bagaimana penerapan aspek kepemimpinan dan teknik supervisi di Parisienne French Bistro & Café.  

Kedatangan rombongan mahasiswa pagi itu disambut oleh Director of Parisienne French Bistro & Café Arie Novianti, Head Chef Joko Aryo Handoko, Chef Indra Sumarno dan Operational Manager Rini Ismawati, di lobi café tersebut. 

Sebanyak 16-an mahasiswa Culinary Class, ditantang membuat masak tiga menu masakan, yakni Nasi Goreng, Cah Vegetables dan Ayam Kung Pao di Kitchen Patisserie Lantai 2 Parisienne French Bistro & Café, dengan disupervisi langsung oleh Chef Joko bersama asistennya Chef Indra Sumarno.
 
Sebelum praktik masak dan belajar mengoperasikan Wok, mahasiswa Culinary Class –dibagi dalam dua group-- mengikuti kunjungan industri sekaligus praktik Leadership dan Teknik Supervisi di Parisienne French Bistro & Café. Masing-masing kelompok diajak melihat dari dekat sejumlah fasilitas di Parisienne French Bistro & Café oleh Chef Joko Aryo Handoko dan Rini Ismawati, mulai Lantai 1 sampai Lantai 3.

Saat berada di Lantai 1, misalnya mahasiswa Culinary Class melihat aneka produk cakes yang di-display cantik, menarik dan elegan dengan segala pernak perniknya yang bernuansa keindahan kota Paris (Prancis) yang tertata rapi di area Front Desk.

Sementara di belakang area Front Desk, ada dua ruangan yang berisi sejumlah fasilitas Kitchen Patisserie, terutama meja kerja dan aneka peralatan (mesin) membuat kue, terutama mixer, freezer, chiller, prover dan oven. 

Sementara itu saat melihat fasilitas di Lantai 2, sudah tertata meja kursi yang empuk bagi pengunjung Parisienne French Bistro & Café, peralatan musik, mixer dan sound system. Juga terdapat meja kursi berkapasitas 20 orang yang di-set up ala family style untuk menggelar acara jamuan makan siang.

Sedangkan di belakang area Front Desk terdapat satu ruangan besar berupa Hot Kitchen (Kitchen Culinary) yang mengoperasikan sejumlah kompor modern termasuk kompor Wok, chiller, freezer, oven, rak bumbu dan meja kerja yang terbuat dari bahan stainless steel (plat besi anti karat), yang juga tertata rapi dan bersih.

Sementara itu fasilitas lengkap Kitchen Patisserie yang berada di Lantai 3 juga ditunjukkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit. Salah satu ruangan di Lantai 3 itu tertatap rapi mesin prover dan oven.

Selanjutnya mahasiswa kembali diajak turun ke Lantai 2 untuk belajar mengoperasikan kompor Wok sekaligus praktik masak Nasi Goreng, Cah Vegetables dan Ayam Kung Pao bersama Chef Joko Aryo Handoko dan Chef Indra Sumarno.

Suasana kitchen sore itu pun cukup heboh dan seru, karena setiap mahasiswa diberi kesempatan tampil untuk mengoperasikan kompor Wok dengan di dampingi langsung oleh Chef Joko dan Chef Indra. Mengingat jumlah kompor Wok-nya ada tiga, maka tiga mahasiswa bisa tampil sekaligus. 

Mahasiswa pertama diberi kesempatan untuk praktik cara menghidupkan, mengatur api (kecil, sedang hingga besar) dari switch pengatur api yang ada di kompor tersebut hingga teknik menumis bumbu Nasi Goreng dan menggoreng nasi di atas kompor Wok. Mahasiswa yang kedua juga diminta untuk mengoperasikan kompor Wok, kemudian dipersilakan menumis bumbu berikut sayurannya (Cah Vegetables). 

 
Sedangkan mahasiswa yang ketiga pun dipersilakan memainkan kompor Wok dengan benar sesuai yang dicontohkan Chef Joko dan Chef Indra, lalu diminta untuk men-saute bumbu dan menyiapkan sauce saat masak Ayam Kung Pao.

Dari 16 mahasiswa Culinary Class yang berani tampil untuk belajar mengoperasikan kompor Wok itu di antaranya Jesslyn Fortuna Soehartanto, Yohan Tan, Ricky Alfius Susanto, Jordan Abisha Siregar, Kevin Allesandro Vinanto Effendi, Rizky Irmayanti Halim, Sherina Novita Sari, Khoirunnisa Cahyana, Britania Wira Calista, Jennie Veronica Handoyo dan Intan Nur Hidayah. 

Antusiasme mahasiswa belajar mengoperasikan kompor Wok di Parisienne French Bistro & Café semakin lengkap dengan hadirnya Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM., M.MPar bersama Kepala Humas Tristar Group Hendrik Adrianus SE, M.Par dan Kaprodi D3 Perhotelan (Dosen Pengajar Leadership & Teknik Supervisi) R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Mereka di dampingi Director of Parisienne French Bistro & Café Arie Novianti dan Operational Manager Rini Ismawati.

Usai belajar mengoperasikan mesin Wok dan praktik masak di Kitchen Modern Parisienne French Bistro & Café, 16 mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit itu dipersilakan menikmati sajian makan siang bersama di meja makan yang telah di-set up ala family style.

Tiga menu masakan yang terdiri dari Nasi Goreng, Cah Vegetables dan Ayam Kung Pao di-plating menjadi satu di atas piring, sedangkan untuk dessert-nya sendiri berupa Apple with Tea Ice. Mocktail ini disiapkan Chef Joko Aryo Handoko bersama kru kitchen di Lantai 2.


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar