twitter

Pages

Jumat, 27 Maret 2020

Antusiasme Mahasiswa Belajar Front Office sesuai Standar Industri Perhotelan


Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Praktik ”Front Office” di Zoom Hotels Dharmahusada


 
PADA Kamis (12/03/2020) pagi, 20-an mahasiswa Pastry Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang praktik Front Office (FO) di Zoom Hotels Jl, Raya Dharmahusada No. 188 Surabaya. Selama kunjungan industri tersebut, mahasiswa di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar FO Hardhita Kusdharyanto M.Par.


Sales & Marketing Manager Zoom Hotels Dharmahusada Andra mengemukakan hal itu ketika menyambut kedatangan rombongan 20-an mahasiswa bersama Kaprodi D3 Perhotelan dan Dosen Pengajar FO Akpar Majapahit di lobi hotel bintang tiga yang angkat tagline: Smart People, Smart Place tersebut. Head Chef Zoom Hotels Yusnix dan Room Division Coordinator Riasin juga hadir di tengah-tengah mahasiswa.

Rombongan mahasiswa yang datang pagi itu lalu diajak ke Meeting Room, untuk mengikuti arahan dan presentasi seputar mekanisme kerja dan job desk dari Front Office Section yang disampaikan Room Division Coordinator Zoom Hotels Riasin.

Sedangkan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Front Office Hardhita Kusdharyanto M.Par memilih proaktif mendampingi anak didiknya yang tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan Front Office yang dipresentasikan oleh pihak hotel.

Selanjutnya dalam pemaparannya di hadapan mahasiswa, Room Division Coordinator Zoom Hotels Riasin.menjelaskan keberadaan Zoom Hotels Dharmahusada yang baru opening dua tahun terakhir. Hotel bintang tiga ini mengusung misi memberikan pelayanan yang mengesankan bagi tamu (Giving Remarkable Services for Our Customer).

”Sedangkan visinya sendiri adalah menjadi pilihan utama untuk liburan dan tujuan bisnis yang nyaman (By Being the First of Our Guest for the Best Business & Leisure Destination) dengan membawa filosofi sebagai destinasi nyaman dan ramah,” terang Riasin di hadapan mahasiswa.

Front Office (FO) Section merupakan ujung tombak hotel dalam melayani tamu yang datang ke hotel tersebut. Oleh karena itu, kru FO wajib fungsi dan tugas-nya. Sedikitnya ada sembilan point, yakni: (1). Melayani pemesanan kamar, (2). Menjual akomodasi hotel, (3). Sebagai pusat informasi dan pelayanan hotel.

 
Fungsi dan tugas FO selanjutnya adalah (4). Melakukan kerjasama yang baik dengan departemen lainnya, seperti housekeeping department demi kelancaran operasional hotel, (5). Menyambut dan mereservasikan tamu yang akan check in, (6). Memantau perkembangan status kamar secara akurat.

Fungsi dan tugas FO berikutnya adalah (7). Melayani dan memberikan informasi serta permintaan pelayanan lainnya, (8). Menampung segala keluhan tamu dan (9). Melayani penitipan barang-barang berharga di Safe Deposit Box (SDP).

Hal-hal yang harus dimiliki seorang staff FO di Front Desk, yakni (1). Sikap ramah, (2). Kemampuan berkomunikasi yang baik, (3). Menguasai produk hotel, (4). Berpenampilan bersih dan rapi (grooming), (5). Mempunyai jiwa melayani yang tulus, (6). Jujur, (7). Greeting (sapa dan tanyakan apakah sudah reservasi sebelumnya), (8). Tanyakan nama tamu dan (9). Ulangi nama tamu yang sudah reservasi Jelaskan juga tanggal chek in dan check out-nya.

Sebelum praktik langsung sistem kerja FO di Front Desk, Riasin mengajak mahasiwa Pastry Akpar Majapahit –yang satu sebagai staff FO dan satunya lagi sebagai tamu hotel-- untuk mengikuti simulasi cara kerja FO di depan Meeting Room


Selain itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana mengisi aplikasi room reservation yang benar sesuai dengan standar industri di Front Desk oleh  seorang staff FO.  Sistem aplikasi di Zoom Hotels mengadopsi Smart Infosyst, yang terhubung secara online dengan Finance (Accounting) Department dan General Manager. ”Jadi aplikasi FO yang tersaji di dalam sistem itu juga menggunakan bahasa Inggris. Ini semua demi membiasakan mahasiswa saat mereka terjun di dunia kerja,” katanya.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa pun diajarkan bagaimana meng-handle tamu hotel saat mereka check in maupun check out hotel dengan baik, benar dan penuh keramahtamahan, sesuai Standard Operational Procedure (SOP) di industri perhotelan pada umumnya. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar