twitter

Pages

Selasa, 24 Maret 2020

Melihat Kehebohan Mahasiswa Culinary Cooking Battle Dua Menu Oriental Food


Chef Ari Gelar ”Cooking Battle” Buat Beef Black Pepper dan Szechuan Soup di Kitchen Modern Graha Tristar


UNTUK memberi suasana berbeda selama praktik masak Oriental Food yang dilaksanakan pada Selasa (10/03/2020) lalu, Chef Ari Purwantoro menggelar cooking battle di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Cooking battle tersebut diikuti dua kelompok mahasiswa Culinary 1 (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi.

Pada gelaran cooking battle itu, mahasiswa Culinary Class diminta membuat dua menu masakan Oriental Food, yakni Beef Black Pepper dan Szechuan Soup. Masing-masing anggota kelompok pun berupaya tampil yang terbaik sejak prepare bahan di Store (Toko 9), proses memasak hingga mem-plating hasil masakannya.

Kelompok 1 (personelnya sembilan mahasiswa) yang dimotori Rio Damara,  berbagi tugas menyiapkan bahan masakan di kitchen demi menghasilkan sajian masakan –Beef Black Pepper dan Szechuan Soup-- yang terbaik dari aspek tampilan, tekstur dan cita rasanya, sebelum dipresentasikan di hadapan dosen pembimbing.

Tidak mau kalah dengan pesaingnya, Giovani Agustina bersama delapan mahasiswa lainnya yang tergabung dalam Kelompok 2 pun bahu membahu, saat masak Beef Black Pepper dan Szechuan Soup di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

Untuk masak Beef Black Pepper, misalnya, bahan masakan yang harus disiapkan meliputi beef, onion, bellpepper green, red bellpepper, garlic, tausi, ground black pepper, oyster sauce, salt, pepper, vetsin dan sugar.

Sementara itu, menu masakan berikutnya adalah Szechuan Soup. Untuk membuat sup ini maka bahan masakan yang disiapkan antara lain dried fish lips, chicken breast, ear mushroom, shitake mushroom, tofu, carrot dan pok choy pickled.

Selama memasak Szechuan Soup, masing-masing kelompok juga menyiapkan Szechuan Sauce lebih dulu. Untuk membuat sauce yang satu ini, maka bahan yang dibutuhkan adalah red chili, hot chili, garlic, rice vinegar, mushroom soy, shao xing wine, ginger, sesame oil dan Szechuan pepper.

Durasi masak dua menu Oriental Food tersebut dipatok 1,5 jam, terhitung sejak prepare bahan masakan, memasak hingga mem-plating hasil masakan, sebelum dua masakan –persembahan dari Kelompok 1 dan Kelompok 2—tersebut disajikan di atas meja uji.

 
”Kami menggelar cooking battle ini agar setiap individu mahasiswa Culinary Class termotivasi untuk tampil maksimal saat masak di kitchen. Kami pun mengapresiasi hasil kerja mereka yang tampil terbaik dari aspek tampilan, tekstur maupun citarasanya,” tandas Chef Ari, di ruang kerjanya, belum lama ini.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar