twitter

Pages

Selasa, 31 Maret 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Cooking Battle Oriental Food Bersama Chef Nadya Ratri


 Mahasiswa Culinary Kelas Siang Persembahkan Wonton Soup dan Prawn in Salty Egg Sauce yang Lezat

USAI tampil all out selama 1,5 jam di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, pada Senin (12/03/2020) siang, 18-an mahasiswa Culinary 2 (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani, S.Pd., M.Kes., mempersembahkan dua menu masakan Oriental Food yakni Wonton Soup dan Prawn in Salty Egg Sauce yang lezat rasanya.


Demi memberi suasana berbeda selama praktik masak Oriental Food, yang dilaksanakan pada Selasa (10/03/2020) lalu, Chef  Nadya pun menggelar cooking battle di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Cooking battle tersebut diikuti dua kelompok mahasiswa.

Pada gelaran cooking battle itu, mahasiswa Culinary Class diminta membuat dua menu masakan Oriental Food, yakni Wonton Soup dan Prawn in Salty Egg Sauce. Masing-masing anggota kelompok pun berupaya tampil yang terbaik sejak persiapan bahan-bahan masakan di Store (Toko 9), proses memasak hingga mem-plating hasil masakannya.

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 18 mahasiswa Culinary Class itu dibagi dua kelompok masing-masing beranggotakan sembilan orang. Setiap kelompok kebagian tugas masak dua menu masakan Oriental Food.

Kelompok 1 (personelnya sembilan mahasiswa) yang dimotori Anisha Nugraheni, berbagi tugas menyiapkan bahan masakan di kitchen demi menghasilkan sajian masakan –Wonton Soup dan Prawn in Salty Egg Sauce -- yang terbaik dari aspek tampilan, tekstur dan cita rasanya, sebelum dipresentasikan di hadapan dosen pembimbing.

Tidak mau kalah dengan pesaingnya, Cici Septi Melani bersama delapan mahasiswa lainnya yang tergabung dalam Kelompok 2 pun bahu membahu, saat masak Wonton Soup dan Prawn in Salty Egg Sauce di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

Untuk masak Wonton Soup, misalnya, bahan masakan yang disiapkan antara lain wonton skin, chicken breast, celery, spring onion, ginger, chicken stock, soy sauce, sesame oil, salt & pepper.

Sementara itu, menu masakan berikutnya adalah Prawn in Salty Egg Sauce. Untuk membuat main course yang satu ini, maka bahan masakan yang harus disiapkan meliputi prawn, salt & pepper, butter, onion, garlic, salty egg, saus inggris, L&P sauce, water dan green peas.

Selama masak Prawn in Salty Egg Sauce, masing-masing kelompok yang mengikuti gelaran Cooking Battle, juga diminta menyiapkan Prawn in Mayonnaise Sauce. Untuk membuat Mayonnaise Sauce ini bahan yang dibutuhkan meliputi prawn, potatostarch, flour, mayonnaise, condensed milk, lime, sesame oil dan sesame seed.

Selama gelaran Cooking Battle, durasi masak dua menu Oriental Food tersebut dipatok 1,5 jam, terhitung sejak prepare bahan masakan, memasak hingga mem-plating hasil masakan, sebelum dua masakan –persembahan dari Kelompok 1 dan Kelompok 2—tersebut disajikan di atas meja uji.


”Kami menggelar cooking battle karena ingin mengapresiasi hasil kerja mereka yang tampil terbaik dari aspek tampilan, tekstur maupun citarasanya. Tak salah jika masing-masing kelompok berusaha tampil all out saat bekerja di kitchen,” tandas Chef Nadya, di ruang kerjanya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar