twitter

Pages

Rabu, 25 Maret 2020

Melihat Keseruan Praktik Masak Oriental Food Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


 Dari Kitchen Modern Graha Tristar, Mahasiswa Culinary Persembahkan Szechuan Soup dan Beef Black Pepper


SETELAH bekerja all out selama 1,5 jam di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, pada Rabu (26/02/2020) siang, 18 mahasiswa Culinary 2 (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang diasuh Chef Nadya Ratri Aryani, S.Pd., M.Kes., mempersembahkan dua menu masakan Oriental Food yakni Szechuan Soup dan Beef Black Pepper yang lezat.

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 18 mahasiswa Culinary Class itu dibagi dua kelompok masing-masing beranggotakan sembilan orang. Setiap kelompok kebagian tugas masak dua menu masakan Oriental Food.


Demi memberi suasana berbeda selama praktik masak Oriental Food, yang dilaksanakan pada Selasa (10/03/2020) lalu, Chef  Nadya pun menggelar cooking battle di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Cooking battle tersebut diikuti dua kelompok mahasiswa.

Pada gelaran cooking battle itu, mahasiswa Culinary Class diminta membuat dua menu masakan Oriental Food, yakni  Szechuan Soup dan Beef Black Pepper. Masing-masing anggota kelompok pun berupaya tampil yang terbaik sejak prepare bahan di Store (Toko 9), proses memasak hingga mem-plating hasil masakannya.

Kelompok 1 (personelnya sembilan mahasiswa) yang dimotori Rosy Septia Abidah, berbagi tugas menyiapkan bahan masakan di kitchen demi menghasilkan sajian masakan –Szechuan Soup dan Beef Black Pepper-- yang terbaik dari aspek tampilan, tekstur dan cita rasanya, sebelum dipresentasikan di hadapan dosen pembimbing.

Tidak mau kalah dengan pesaingnya, Yasir Indrastata bersama delapan mahasiswa lainnya yang tergabung dalam Kelompok 2 pun bahu membahu, saat masak Szechuan Soup dan Beef Black Pepper di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

Untuk masak Szechuan Soup, misalnya, bahan masakan yang disiapkan antara lain dried fish lips, chicken breast, ear mushroom, shitake mushroom, tofu, carrot dan pok choy pickled.

Selama memasak Szechuan Soup, masing-masing kelompok juga menyiapkan Szechuan Sauce lebih dulu. Untuk membuat sauce yang satu ini, maka bahan yang dibutuhkan adalah red chili, hot chili, garlic, rice vinegar, mushroom soy, shao xing wine, ginger, sesame oil dan Szechuan pepper.

Sementara itu, menu masakan berikutnya adalah Beef Black Pepper. Untuk membuat main course yang satu ini, maka bahan masakan yang harus disiapkan meliputi beef, onion, bellpepper green, red bellpepper, garlic, tausi, ground black pepper, oyster sauce, salt, pepper, vetsin dan sugar.

Durasi masak dua menu Oriental Food tersebut dipatok 1,5 jam, terhitung sejak prepare bahan masakan, memasak hingga mem-plating hasil masakan, sebelum dua masakan –persembahan dari Kelompok 1 dan Kelompok 2—tersebut disajikan di atas meja uji.

”Kami menggelar cooking battle ini agar setiap individu mahasiswa Culinary Class dalam satu kelompok termotivasi untuk tampil maksimal saat masak di kitchen. Kami pun mengapresiasi hasil kerja mereka yang tampil terbaik dari aspek tampilan, tekstur maupun citarasanya,” tandas Chef Nadya, di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar