twitter

Pages

Sabtu, 14 Maret 2020

Mahasiswa Cruise C Class Manyar Pagi Belajar Hospitality di Hotel Berbintang


Serunya Mahasiswa Cruise Praktik Masak Satu Set Menu Western di Open Kitchen Great Diponegoro Hotel


GILIRAN selanjutnya 16 orang mahasiswa Cruise C Class Manyar Pagi yang belajar Hospitality di Zhang Restaurant Lantai 2 Great Diponegoro Hotel Surabaya, Kamis (05/03/2020) pagi. Dalam kunjungan industri tersebut, mahasiswa di dampingi R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Pengajar Tristar Group.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri itu sendiri untuk mempertajam pemahaman mahasiswa seputar Hospitality terutama yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan seperti di Kitchen (Food & Beverage Product) dan Food & Beverage Service (FBS), Kitchen hotel sendiri bisa direpresentasikan layaknya kitchen modern di sebuah Kapal Pesiar.

Kedatangan rombongan mahasiswa Cruise C Class Pagi Pagi (Tristar Group) ke hotel bintang tiga di Jl. Raya Diponegoro No.215 Surabaya itu disambut oleh Sous Chef Great Diponegoro Hotel Giovanni Putra Pratama, Supervisor Food & Beverage Service (FBS) Bramanda Atmaja dan FB Captain, Jafar Risma Trisantika.

16 mahasiswa yang mengikuti kunjungan industri sekaligus praktik Hospitality di Great Diponegoro Hotel dibagi dua kelompok, Kelompok 1 beranggotakan delapan mahasiswa, mem-back up kerja kru kitchen hotel (open kitchen) yang disupervisi langsung oleh Sous Chef Great Diponegoro Hotel Giovanni Putra Pratama.

Sedangkan Kelompok 2 yang anggotanya juga delapan mahasiswa, diposisikan sebagai waiter/waitress di Zhang Restaurant, Lantai 2 Great Diponegoro Hotel. Sebelum dikenalnya lebih jauh seputar job desk waiter/waitress, mereka diajak Supervisor Food & Beverage Service (FBS) Bramanda melihat sejumlah fasilitas hotel mulai front office, meeting room, room hotel, level up sky longue, store, kitchen dan restaurant.

Sedangkan pengarahan seputar sistem kerja di kitchen hotel dan pembagian job desk  mahasiswa saat praktik masak satu set menu lengkap disampaikan Chef Giovanni. Agenda pengarahan itu sendiri durasinya sekitar 10 menitan, sebelum praktik di kitchen hotel sesuai run down yang telah disusun pihak hotel. 

Selama praktik di open kitchen Zhang Restaurant, Kelompok 1 yang terdiri dari delapan mahasiswa langsung diajak praktik masak sesuai order menu makan siang mulai Appetizer sampai Dessert, dengan disupervisi langsung oleh Chef Giovanni bersama beberapa kru kitchen yang lain. 

Sementara itu, delapan mahasiswa lainnya (anggota Kelompok 2) ditugaskan menjadi waiter/waitress atau pramusaji demi mempersiapkan acara jamuan makan siang di Zhang Resturant Lantai 2 Great Diponegoro Hotel Surabaya.

Praktik masak dan service dibagi dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Untuk sesi siang giliran yang sebelumnya bertugas di open kitchen dikenalkan sistem kerja di bagian service, sedangkan yang sesi pagi bertugas di bagian service, pada sesi siangnya ditugaskan untuk masak di open kitchen Zhang Restaurant.

Menu makan siang yang disiapkan mahasiswa Cruise C Class Manyar Pagi adalah Avocado Prawn Salad (Appetizer), Beef Goulash Soup (Soup). Untuk Main Course-nya adalah Grill Chicken Breast with Potato with Vegetables Mushroom Sauce dan Dessert-nya sendiri diberi titel Ginger Bruelle Torch.

Saat praktik masak di open kitchen Zhang Restaurant tersebut, Chef Giovanni, sapaan akrabnya, mengajarkan bagaimana teknik menggunakan mesin pemasak Wok yang benar kepada 16 mahasiswa Cruise C Class Manyar Pagi yang ditugaskan di kitchen baik pada sesi pagi maupun sesi siang. 

Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk tampil dan diajarkan bagaimana memainkan kompor Wok sesuai arahan Chef Giovanni, dengan disaksikan mahasiswa lainnya. Selain itu, mereka diajarkan bagaimana mengupas kulit dan membersihkan kotoran di bagian kepala udang (prawn), teknik memotorng ayam utuh untuk dipisahkan antara bagian dada dan bagian lainnya, sebelum daging di bagian dada ayam tersebut di-grilled.
Mahasiswa yang lain pun kebagian tugas menyiapkan bahan untuk membuat Avocado Prawn Salad (Appetizer), memotong daging sapi, kentang dan bumbu sup untuk masak Beef Goulash Soup

”Selain itu mereka juga saya minta untuk menyiapkan Grill Chicken Breast with Potato and Vegetables Mushroom Sauce (Main Course) dan Dessert-nya yakni Ginger Bruelle Torch. Untuk masak satu set menu lengkap itu durasinya tidak lebih dari 1,5 jam (90 menit),” ujar Chef Giovanni di hadapan mahasiswa Cruise C Class Manyar Pagi.

Sementara itu, pada waktu bersamaan, Supervisor Zhang Restaurant, Bramanda Atmaja juga menyupervisi delapan mahasiswa anggota Kelompok 2. Mereka diminta menyiapkan sekaligus menata sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas dan napkin (celemek) untuk diletakkan sesuai tempatnya. 

Napkin-nya sendiri dibentuk model banana atau the corn, sedangkan mahasiswa yang lain sibuk men-set up meja) yang ditata ala western set menu fine dining (layaknya table manner), karena agenda makan siang tersebut direpresentasikan sebagai acara jamuan makan resmi.

Mengingat Zhang Restaurant, siang itu ada tiga group tamu, maka delapan mahasiswa dipecah menjadi dua sub kelompok. Sub kelompok 1 yang terdiri dari enam mahasiswa –Gabriele Nathania Poentoadji, Victoria, Amelia Julyani Veren Toyo, Natasha Virginia Wuwungan, Maria Avilia Ayu Anggita dan Ronnan Ahmad Multazam Pasha-- bertugas melayani jamuan makan siang (fine dining) delapan mahasiswa Cruise Class C Manyar Pagi.

Sedangkan sub kelompok 2 yang beranggotakan dua orang mahasiswa –Oceana Wijaya dan R, Moch. Indradjati-- kebagian job untuk melayani agenda makan siang secara prasmanan (lunch buffet) 17 orang tamu dari PT Go Safe Accademy dan 15 orang tamu dari PT Intage Indonesia.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar