twitter

Pages

Selasa, 24 Desember 2019

Dari Final Exam Hari Kedua Sesi Pagi di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi Ditantang Buat Enam Kreasi Kue Tradisional Kekinian


FINAL EXAM hari kedua, Kamis (19/12/2019) pagi, enam dari 18 mahasiswa Pastry (P2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi yang dibimbing Dosen Pengajar Pastry Class Chef  Renny Savitri M.Par., mengikuti ujian praktik secara individual yang mengangkat tema Kreasi Kue Tradisional Kekinian. Ujian praktik tersebut dihelat di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada final exam hari kedua itu mereka bebas mengangkat kreasi kue tradisional asal sesuai tema yakni kreasi kue tradisional dengan tampilan kekinian. Mahasiswa yang tampil pada ujian praktik hari kedua adalah Angeline Lily Setiawan, Yonathan Handoko, Ervina Rahmawati, Fido Handi Wijaya, Patricia Helen Sutanto dan Shieny Gunawan.

Selama ujian berlangsung di Kitchen Graha Tristar, Kamis (19/12/2019) pagi, pekan lalu, Angeline sapaan akrabnya, berusaha tampil all out demi menyiapkan kreasi kue tradisional kekinian yang bertajuk Getas Tiga Rasa. Sedangkan Yonathan fokus membuat kreasi kue tradisional yang diberi titel Combro Mini.

Selanjutnya Ervina tampil antusias demi menyiapkan kreasinya yang diberi nama Putri Mandi & Gethuk. Begitu juga dengan Fido, berupaya keras membuat kreasi andalannya yang mengangkat tema Kue Lumpur (dari Ubi Madu, Ubi Ungu dan Kentang).

Sementara itu, Patricia berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kreasi kue tradisional unggulannya, yang diberi nama Rogout Lemper. Tak mau kalah dengan rekannya, Shieny, mahasiswi cantik dari Jember ini juga antusias menyiapkan kreasi kue tradisional kekinian yang bertajuk Talam Jagung Pandan.

Pada kesempatan itu, Chef Renny Savitri mengatakan jika durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Pastry Graha Tristar itu dipatok 2,5 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi kue tradisional kekinian tersebut.

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai tim juri. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Chef Renny, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Class dengan hijab di kepala itu kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Kamis (19/12/2019) siang, pekan lalu.

Ujian akhir yang mengangkat tema Kreasi Kue Tradisional Kekinian antara lain bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat aneka kreasi kue tradisional (jajan pasar) di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar