twitter

Pages

Jumat, 06 Desember 2019

Keseruan Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Praktik Masak Asian Food

Chef Thomas Ajarkan Mahasiswa Trestelle Accademia Culinaria Teknik Masak Bulgogi dan Tandoori Chicken
 
JADWAL praktik masak Asian Food di Kitchen Culinary Tristar Samator masih berlanjut. Kali ini giliran mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator Kelas Siang (D Class) yang diasuh Chef Thomas Denny, dikenalkan cara pengolahan dua menu masakan Asian Food, yakni Bulgogi (Korea) dan Tandoori Chicken (India).

Praktik masak Asian Food tersebut dihelat di Kitchen Culinary Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria) Sky Suites SOHO-Samator Land Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya. Praktik masak Rabu (04/12/2019) siang itu, mahasiswa Culinary Art, diajarkan teknik masak Bulgogi dan Tandoori Chicken oleh Chef  Thomas.

Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator itu tampil all out saat praktik masak di Kitchen Modern Tristar Samator, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing.

Untuk masak Bulgogi dengan citarasa manis (sweet), bahan yang dibutuhkan adalah beef tenderloin, pear (di-blend), onion (di-slice), garlic & ginger (di-chop), leek (potong), soy bean, brown sugar, blackpepper dan sesame oil (minyak wijen).

Sedangkan bahan untuk memasak Tandoori Chicken dengan citarasa gurih  (savoury), antara lain chicken leg (paha ayam), lemon juice, ginger, garlic dan coriander (di-blend), cumin, chili powder, salt, blackpepper, yoghurt dan onion (di-slice).

Untuk masak Bulgogi (Beef), tahapan pertama yang mesti diperhatikan adalah membersihkan daging sapi, lalu memotong daging itu tipis-tipis (dengan ketebalan sekitar setengah centimeter), kemudian ditaburi salt & pepper dan diaduk sampai rata.

Pekerjaan berikutnya, kupas buah pear lalu di-blender, onion di-slice, garlic dan ginger dirajang halus (di-chop), dan leek dipotong. Bahan ini kemudian di-saute bersama irisan tipis daging sapi, brown sugar, black pepper dan sesame oil sampai matang sempurna.

Sebelum disajikan di atas meja kerja, Bulgogi di-plating di atas piring lebih dulu lalu di-garnish dengan daun parsley, tomat buah dan ditaburi biji wijen, sehingga tampilan masakan dari Korea tersebut semaki cantik, menarik dan berkelas.

Sementara itu untuk masak Tandoori Chicken, yang perlu diperhatikan adalah membersihkan paha ayam lalu melumurinya dengan lemon juice agar aroma amisnya hilang.

Pekerjaan berikutnya menyiapkan bumbu Tandoori Chicken yang terdiri dari garlic, ginger dan coriander di-blender, kemudian ditambahkan cumin, chili powder, salt, black pepper, yoghurt, irisan onion dan ditambah chicken marinate sauce, kemudian diguyurkan di atas daging ayam yang sudah ditempatkan di loyang, sebelum di-bake pada suhu 200 *C.

”Sebaiknya selama nge-bake suhu oven kalian jaga pada suhu 200 *C. Lama nge-bake sekitar 45-60 menit juga Anda kontrol agar selama proses pengovenan, daging ayam itu tidak sampai gosong,” ujar Chef Thomas mengingatkan anak didiknya.

Setelah paha ayam itu di-bake pada suhu 200 *C selama 45 menitan, Tandoori Chicken lalu di-plating lebih dulu, kemudian di-garnish agar tampilannya cantik, menarik dan elegan saat dihidangkan di atas meja kerja.

Kedua masakan Asian Food persembahan mahasiswa Culinary Art Kelas D itu selanjutnya dinilai oleh Chef Thomas Denny dari sisi tampilan dan kreativitas, tekstur dan rasanya. Tiga krieteria penilaian itu biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar