twitter

Pages

Sabtu, 07 Desember 2019

Mahasiswa Culinary Art Sukseskan Cooking Demo Asian Food di Kitchen Tristar Samator


Dari Kitchen Trestelle Accademia Culinaria, Chef Yanuar Persembahkan Turkey Barbeque Sauce 
 
MASIH terkait dengan materi praktik masak Asian Food, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator Chef Yanuar Kadaryanto, kembali tampil untuk menggelar demo masak dengan mengangkat tema Turkey Barbeque Sauce (Kalkun Saos BBQ), Rabu (04/12//2019) siang. Salah satu makanan yang dimasukkan dalam kelompok Asian Food ini umumnya disajikan pada acara tertentu seperti perayaan tahunan Thankgiving Day’s oleh sebagian orang Indonesia.

Demo masak Kalkun Saos BBQ di Kitchen Culinary Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria) Sky Suites-SOHO Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, dihadiri 30-an mahasiswa Culinary Art Kelas A dan Kelas C. Demo masak tersebut dihelat dalam dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang.

Dalam kata pengantarnya sebelum beraksi di Kitchen Modern Tristar Samator, Chef Yanuar mengatakan, sebagai salah satu menu masakan khas dari  sejumlah negara di kawasan Timur Tengah, Tiongkok dan Australia, popularitas masakan Kalkun Saos SBQ  memang tidak diragukan lagi.

Dengan tampilan khasnya saat disajikan di meja makan, Kalkun Saos BBQ yang berasa gurih (savoury) punya penggemar khusus dari kalangan pecinta kuliner Nusantara. Menu istimewa Kalkun Saos BBQ ini banyak disajikan di hotel-hotel berbintang dan restoran ternama untuk jamuan makan malam.

Bahkan kebiasaan penduduk di sejumlah negara sahabat, setiap menggelar perayaan tahunan Thankgiving Day’s, menu utama (Main Course)-nya adalah olahan Kalkun dan dilengkapi menu pendukung yang lain mulai dari Appetizer hingga Dessert-nya.

Begitu istimewanya menu masakan dari proses pengolahan Kalkun, membuat gelaran cooking demo itu diatensi oleh mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas A (Kelas Pagi) maupun Kelas C (Kelas Siang), yang sehari-hari diasuh ChefYanuar Kadaryanto. 
Teknik membuat Kalkun Saos BBQ juga menyita perhatian mahasiswa terutama dari sisi proses mengempukkan daging Kalkun yang biasanya lebih keras dibandingkan dengan daging ayam ras. Untuk mempercepat proses pengolahan Kalkun, maka saat memasaknya ditambahkan bahan pengempuk daging.

Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dipegang mahasiswa, sedfikitnya ada dua tahapan pekerjaaan untuk membuat Kalkun Saos BBQ yang gurih dan lezat. Tahapan pertama masak Kalkun Saos BBQ adalah membersihkan bulu halus yang masih menempel di tubuh Kalkun, sedangkan bagian kepala, jeroan dan kaki (ceker) juga dipisahkan  dan tidak ikut dimasak.

Dengan demikian hanya bagian utama tubuh Kalkun yang dimasuk dalam  air mendidih yang sudah dicampur dengan bumbu saos BBQ. Proses perebusan daging Kalkun ini bisa memakan waktu 2-2,5 jam agar dagingnya benar-benar empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam daging Kalkun.

Pekerjaan berikutnya adalah membuat Potato & Mix Vegetables, yang bahannya terdiri dari irisan potato, carrot, onion, thyme leaves powder, sugar, salt & pepper dan seasoning yang lain. Semua bahan ini diaduk menjadi satu dalam wadah loyang untuk selanjutnya di-bake pada suhu 180 *C selama 10-15 menit.

Sebelum di-plating di atas mangkok besar, Kalkun Saos BBQ yang sudah matang tersebut ditiriskan lebih dulu beberapa menit sampai kuah saosnya tidak lagi menetes. Untuk memberi sensasi warna kecoklatan pada kulit Kalkun, Chef Yanuar mengasapinya dengan menggunakan smoke gun

Sementara itu, olahan Potato & Mix Vegetables yang baru dientas dari mesin oven, ditaruh di sekeliling Kalkun, kemudian di-garnish dengan tomat buah dan dedaunan agar tampilannya cantik dan menarik.

Kini saatnya Anda cicipi Kalkun Saos BBQ  yang gurih dan lezat persembahan dari Chef Yanuar Kadaryanto, Dosen Pengajar Culinary Art Trestelle Accademia Culinaria (Tristar Samator). Wow, rasanya mantul banget Bro…! 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar