twitter

Pages

Sabtu, 07 Desember 2019

Keasyikan Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator saat Praktik Masak Asian Food


Mahasiswa Trestelle Accademia Culinaria Antusias Belajar Teknik Masak Chicken Teriyaki dan Miso Soup


PADA hari Jumat (06/12/2019) pagi, mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator Kelas Pagi (B Class) yang diasuh Chef Yenata Candra, dikenalkan cara pengolahan dua masakan Asian Food, yakni Chicken Teriyaki dan Miso Soup, di Kitchen Culinary Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria) Sky Suites SOHO-Samator Land Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya.

Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus), maka agenda praktik masak pada Jumat (05/12/2019) pagi, mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas B, diajarkan teknik masak Chicken Teriyaki dan Miso Soup oleh Chef Yenata Candra.

Di kalangan pecinta kuliner di Surabaya khususnya, dua menu masakan Jepang ini, yakni Chicken Teriyaki dan Miso Soup, sudah sangat familiar. Popularitas dua masakan dari Negeri Sakura di kalangan millennial  Surabaya ini tidak kalah dengan Bulgogi (Beef atau Chicken), masakan khas dari Korea dan Chicken Kung Pao, salah satu masakan dari Negeri Tiongkok.

Karena itu tidak ada salahnya, jika mahasiswa Culinary Art Tristar Samator juga belajar dan praktik masakan Jepang yang demikian familiar dengan lidah orang Surabaya. Mereka pun tampil antusias praktik masak di Kitchen Modern Tristar Samator, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing.

Saat praktik masak dua menu masakan Jepang tersebut, mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Yenata. Bahan yang dibutuhkan untuk masak Chicken Teriyaki adalah chicken thigh fillet, marinasi, salt & pepper, sugar, kikkoman soy sauce, sake, spring onion, water secukupnya.

Saat proses memasaknya, semua bahan dicampur jadi satu dan sekali-kali di-taste masakan tersebut agar tidak sampai keasinan.Chicken Teriyaki yang sudah matang sempurna ditandai dengan warna dagingnya yang kecoklatan dan aromanya yang harum menggoda selera makan.

Selain itu demi tampilannya yang cantik dan menarik, maka setelah mem-plating Chicken Teriyaki di atas piring dilanjutkan dengan meng-garnish-nya dengan buah tomat, parsley leaf, rajangan halus daun bawang dan ditaburi biji wijen yang disangrai tanpa minyak.

Sementara itu untuk masak Miso Soup yang segar, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain dashi, Japanese miso paste, shitake mushroom (direbus lebih dulu sampai empuk baru di-slice), tofu (dice lalu direndam air hangat), green onion, water, kombu (rumput laut) dan dried bonito flakes (katsuoboshi).

Semua bahan yang sudah disiapkan sebelumnya untuk membuat Miso Soup dimasak jadi satu dalam wadah dan dibiarkan sampai matang. Sebelum disajikan di dalam mangkok kecil atau cangkir, sebaiknya Anda rajin nge-taste untuk mengetahui apakah Miso Soup yang dimasak itu kurang asin atau malah keasinan. 

”Demi tampil cantik dan menarik saat disajikan di atas meja, maka Miso Soup sebaiknya di-garnish lebih dulu dengan ditaburi rajangan daun bawang dan dihias dengan parsley leaf,” kata Chef Yenata di hadapan anak didiknya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar