twitter

Pages

Kamis, 12 Desember 2019

Chef Renny Savitri Kenalkan Teknik Hiasan Karamel di Kitchen Pastry Graha Tristar


Demi Percantik Tampilan Cakes, Mahasiswa Pastry Class Diajarkan Buat Delapan Macam Kreasi Caramel Art

SETELAH belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional (Jajan Pasar) sekitar tiga pekan, maka giliran sekarang tepatnya pada Rabu (04/12/2019) pekan lalu dan Selasa (10/12/2019), mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi dikenalkan Teknik Hiasan Karamel (Caramel Art) oleh Chef Renny Savitri M.Par., di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Oleh Chef Renny, mahasiswa Pastry Kelas Pagi itu diajarkan membuat delapan resep cakes yang dipercantik dengan sentuhan Caramel Art. Dosen Pengajar Pastry dengan hijab di kepala ini menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang aneka hiasan karamel dan proses aplikasinya dalam suatu produk pastry.

Pada tatap muka hari pertama, Rabu (04/12/2019) pagi, pekan lalu, Chef Renny membekali anak didiknya cara membuat Brandy Snap Cup & Stick, Festive Chocolate Gateau with Toffee, Nougat Slice dan Montecarlo Vanilla Sponge.

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (10/12/2019) pagi, mahasiswa Pastry Class kembali diajarkan teknik membuat empat kreasi hiasan Caramel Art yang berbeda, yakni Croquembunce Choux, Strawberry Rings with Caramel Choux, Gateau Saint Honoree dan Religieuse.

Dalam kesempatan itu,Chef Renny bersama asistennya, Chef Verian Mahendra juga memberi tips bagaimana memproses gula pasir menjadi karamel yang dipanaskan di atas pan pada suhu tertentu selama 15-20 menitan.

Antusiasme membuat empat kreasi Caramel Art pada praktik hari kedua itu ditunjukkan anak didik Chef Renny, sejak mereka –terbagi dalam beberapa kelompok-- berbagi tugas membuat Croquembunce Choux, Strawberry Rings with Caramel Choux, Gateau Saint Honoree dan Religieuse hingga meng-garnish empat kreasi Caramel Art tersebut di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya.

Untuk membuat Strawberry Rings with Caramel Choux, misalnya, mahasiswa mesti menyiapkan pekerjaan pertama membuat kue Choux, Bahannya terdiri dari water, margarine, salt, bread flour dan egg. Semua bahan tersebut di-blender sampai kalis kemudian dibentuk menjadi kue Choux  (ukuran Ring-nya tergantung selera masing-masing kelompok). Choux itu kemudian di-bake pada suhu 190 *C selama 20-25 menitan.

Pekerjaan selanjutnya, membuat Pastry Cream yang bahannya meliputi fresh milk, sugar, fresh milk, cornstarch, egg yolk, dan vanilla paste. Pastry Cream ini masih harus ditambah whip cream, strawberry paste dan 10 buah strawberry yang masih fresh untuk garnish-nya.

Pekerjaan terakhir sebelum menghias Strawberry Rings with Caramel Choux adalah menyiapkan caramel yang bahannya terdiri dari sugar dan water. Untuk membuat karamel yang berwarna kecoklatan, butuh perhatian ekstra agar tidak sampai overcook alias kegosongan dengan warna kehitaman.

”Biasanya karamel yang overcook tidak elok untuk hiasan cakes, karena saat memprosesnya di-sambi kerja yang lain. Padahal demi hasil terbaik maka Anda mesti fokus saat memproses gula pasir jadi karamel,” terang Chef Renny, memberi tips kepada anak didiknya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar