twitter

Pages

Selasa, 24 Desember 2019

Dari Final Exam Hari Kedua Sesi Pagi di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Baru Culinary (C2) Kelas Pagi Sajikan Masakan Indonesian Food dan American Cuisines yang Lezat


PADA ujian praktik hari kedua, Kamis (19/12/2019) pagi, enam mahasiswa baru Culinary (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi –terbagi dalam dua kelompok, masing-masing beranggotakan tiga orang— mempersembahkan dua set menu lengkap Indonesian Food dan American Cuisines. Ujian praktik masak itu dihelat di Kitchen Culinary (C2), Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

Kelompok 1 yang beranggotakan Cilya Ardianto, Giovani Agustina Wijaya dan Tio Nicosza tampil antusias demi menyiapkan tiga menu masakan Indonesia Food, yakni Tahu Gimbal & Tahu Bakso (Appetizer) dan Soto Bangkong lengkap dengan Sate Ati dan Sate Telur Puyuh (Soup).

Sedangkan anggota Kelompok 2 yang terdiri dari Antonius Junior Winarso, Nisma Nabilah dan Rio Dhmara juga tampil all out ketika membuat tiga menu masakan American Cuisines, yakni Onion Rings (Appetizer), American Tomato Soup with Garlic Bread (Soup) dan American Chop Sciey (Main Course).

Kreasi masakan Indonesian Food dan American Cuisines itu merupakan persembahan mahasiswa baru Culinary Class yang sehari-hari diasuh Chef Nadya Ratri Aryani itu disajikan di atas meja uji, sebelum dicicipi dan dinilai oleh tiga juri, yang terdiri dari Chef Ari Purwantoro, Chef  Renny dan Chef Upi Palupi.


Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Hasil kreasi masakan mahasiswa baru Culinary Class, baik masakan Indonesian Food maupun American Cuisines, selain dikritisi juga diapresiasi oleh tim juri, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya.

”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja uji masih bisa ditingkatkan lagi pada ujian praktik berikutnya, terutama pada final exam yang bersifat individual,” cetus Chef Ari Purwantoro, seusai penjurian di Kitchen Culinary (C2), Lantai 3 Graha Tristar.

Sementara itu, Chef Nadya Ratri Aryani kembali memberi pengarahan (briefing) kepada anak didiknya, usai penjurian, terutama teknik pengolahan masakan, baik Indonesian Food maupun American Cuisines yang baru saja ditampilkan di meja uji.

Selain memberi masukan soal teknik plating dan garnish-nya, mahasiswa juga diingat kembali seputar teknik masak yang benar, cara mengatur api stove agar masakan tidak sampai over cooking atau kurang masak dan lupa membuat 1000 island untuk melengkapi tampilan Onion Rings dan sebagainya.

”Mahasiswa juga diingatkan lagi bahwa tasting (icip-icip) saat masak hukumnya wajib agar masakan tersebut tidak sampai keasinan dan kalau masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam,” ujarnya mengingatkan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar