twitter

Pages

Sabtu, 14 Desember 2019

Kehebohan Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Traditional Food di Kitchen Graha Tristar

Tongseng Kambing dan Tengkleng Solo, Persembahan dari Mahasiswa Culinary (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang


PADA pertemuan hari kesembilan, tepatnya Selasa (10/12/2019) siang, mahasiswa Culinary (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang diasuh Chef Adelia Nadia Daniel, kembali praktik masak dua menu Makanan Tradisional Indonesia, yakni Tongseng Kambing dan Tengkleng Solo, di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Praktik masak siang itu, mahasiswa Culinary Class diajarkan teknik pengolahan daging kambing dengan menyiapkan dua menu masakan yang cukup populer di kota asal Presiden Jokowi, daerah Solo dan sekitarnya yakni Tongseng Kambing dan Tengkleng Solo.

Demikian populernya kedua masakan tradisional Indonesia ini, jika Anda bepergian ke Solo dan sekitarnya, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi Tongseng Kambing dan Tengkleng Solo yang citarasanya begitu menggoda selera makan Anda.

Meski kedua menu masakan itu berbasis daging kambing, namun yang membedakan secara kasat mata adalah kuah bumbu kuning kental dari Tongseng Kambing yang bersantan, sedangkan Tengkleng Solo, terlihat dari kuahnya yang sedikit encer berwarna jernih (bening) tanpa memakai santan kelapa.

Dalam praktik kali ini, mahasiswa pun tampil percaya diri saat mendapat tantangan untuk masak Tongseng Kambing dan Tengkleng Solo di Kitchen Modern Graha Tristar, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing.

Untuk masak Tongseng Kambing yang gurih, lezat dan empuk dagingnya, bahan yang dibutuhkan adalah lamb, salam leaf, coconut, galangal, lemongrass, tomato, scallion, hot chili, fried shallot dan lime.

Lamb, salam leaf, coconut, galangal, lemongrass, tomato, scallion, hot chili, fried shallot dan lime direbus lebih dulu dalam panci hingga mendidih. Sedangkan bumbunya yang terdiiri dari garlic, shallot, peppercorn, candlenut, belimbing wuluh, salam leaf dan salt dihaluskan lebih dulu kemudian di-saute sampai harum baunya, barulah bumbu itu dimasukkan ke dalam panci bersama olahan daging kambing tersebut.

Selama proses masak Tongseng Kambing dibiarkan sampai bumbunya meresap ke dalam daging dan daging kambing itu benar-benar empuk. Demi mempercepat proses pengempukan daging kambing tersebut, maka mereka memanfaatkan soda kie yang dicampur bersama bahan lainnya saat memasak daging kambing.

”Sebelum Tongseng Kambing itu masak sempurna dan disajikan di atas meja kerja, sebaiknya masakan itu di-plating dan di-garnish lebih dulu agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas,”  kata Chef Della, sapaan akrab Adelia Nadia Daniel.

Selain praktik masak Tongseng Kambing, mahasiswa Culinary (C2) Kelas Siang juga diajarkan cara membuat Tengkleng Solo. Untuk masak Tengkleng Solo yang lezat dan empuk dagingnya, bahan yang dibutuhkan adalah lamb rib dan lamb entrail, sedangkan bahan-bahan untuk bumbunya meliputi shallot, garlic, turmeric, candlenut, nutmeg, ginger, galangal, lemongrass, kaffir leaf, salam leaf, cinnamon dan clove.

Sebelum diproses lebih lanjut, mahasiswa diminta menyiapkan bumbu Tengkleng Solo yang lain seperti shallot, garlic, turmeric, candlenut, nutmeg, ginger dan galangal dihaluskan lebih dulu (di-blender), kemudian ditumis (saute) sampai harum baunya.

Sementara itu, daging kambing, yakni lamb rib dan lamb entrail, dibersihkan lebih dulu kemudian dipotong sesuai kebutuhan. Setelah itu dagingnya direbus untuk diambil kaldunya. Bumbu halus yang sudah di-saute itu lalu dimasukkan bersama lemongrass, kaffir leaf, salam leaf, cinnamon dan clove, untuk dimasak bareng kaldu dan daging kambing tersebut.

Untuk mempercepat proses pengempukan daging dan iga kambing saat masak Tengkleng Solo, maka Chef Della pun meminta anak didiknya untuk memanfaatkan soda kie saat memasak daging dan iga kambing.

Sebelum dihidangkan di atas meja kerja, masakan Tengkleng Solo itu di-plating dan di-garnish lebih dulu dengan taburan bawang goreng dan dikasih hiasan berupa irisan jeruk nipis dan tomat buah agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar