twitter

Pages

Rabu, 11 Desember 2019

Asyiknya Mahasiswa Pastry Class Praktik Food Technology Bersama Chef Ernawati

Sulap Buah Nanas Jadi Selai Nanas Premium di Kitchen Graha Tristar, Solusi Cerdas saat Panen Melimpah


MAHASISWA Pastry (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, antusias mengikuti gelaran demo membuat Selai Nanas Premium (Pineapple Jam) di Kitchen Pastry 2, Lantai 2 Lantai Graha Tristar Surabaya, Senin (09/12/2019) pagi. Mereka dibimbing langsung oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Ernawati M.MPar.

Demo membuat Selai Nanas Premium (Pineapple Jam) ini merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Akpar Majapahit (Tristar Group), bagaimana mengatasi panen raya buah nanas yang cukup melimpah. Biasanya, saat panen raya itu harga buah nanas anjlok tak terkendali.

Buah nanas yang baru dipanen tidak hanya dijual dalam bentuk segar ke kota-kota besar, melainkan juga bisa diproses lebih lanjut oleh industri skala rumahan (home industry) yang ada di sekitar sentra-sentra kebun nanas menjadi selai nanas.

”Dengan mengolah buah nanas segar –saat ini lagi booming nanas madu-- menjadi Selai Nanas Premium (Pineapple Jam), misalnya, ada nilai tambah (added value) yang bisa dinikmati pelaku usaha skala rumahan tersebut,” kata Chef Ernawati.

Untuk itulah, pada tatap muka Senin (09/12/2019) pagi, mahasiswa Pastry (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi diajarkan cara membuat satu resep Selai Nanas Premium (Pineapple Jam) oleh Chef Erna, sapaan akrabnya.

Setelah proses membuat Pineapple Jam selesai, kemudian diaplikasikan pada roti tawar (bread) yang sudah di-grilled untuk di-garnish agar tampilannya menarik dan berkelas ala sajian breakfast di hotel hotel bintang.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pineapple Jam antara lain pineapple (buah nanas yang sudah dikupas) 420 gram, glucose syrup 120 gram, CMC 3 gram, sugar 450 gram, citric acid (sitrun) 2-3 gram, food colouring, food flavouring, natrium benzoate (pengawet makanan) 0,5-1 gram dan wadah plastik ukuran 100 ml.

Sesuai arahan Dosen Pengajar Food Technology tersebut, dua kelompok mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan tersebut dari store (Toko 9) ke meja kerja. Kelompok 1, misalnya, kebagian tugas memarut buah nanas 420 gram sampai habis.

Sedangkan Kelompok 2 diminta menyiapkan glucose syrup, CMC dan sugar, Ketiga bahan tersebut dimasukkan dalam panci, kemudian dimasak sambil dan sampai merata. Selanjutnya hasil parutan nanas itu juga dimasukkan ke dalam panci bersama citric acid, food colouring, food flavouring dan natrium benzoate lalu diaduk sampai sata dan mengental.

Selama proses memasak Pineapple Jam, keluar busa. Busa itu adalah kotoran dari proses pengolahan gula bersama CMC dan glucose syrup. Kotoran itu harus diangkat perlahan-lahan dari dalam panci dengan menggunakan sendok dan saringan halus hingga bersih.


Untuk memberi rasa segar dan warna khas buah Pineapple, 1000 ml minuman yang dimasak itu ditambahkan 2-3 gram citric acid dan 1-2 cc food colouring dan food flavouring. Sementara itu jika Pineapple Jam yang dibuat ini bisa bertahan lama dalam tempat penyimpanan, bisa Anda tambahkan pengawet makanan yakni 0,5-1 gram natrium benzoate.



Setelah masak, Pineapple Jam (Selai Nanas Premium) ini didinginkan sebentar sebelum dimasukkan dalam botol kaca berukuran 225-350 ml. Selain itu, mahasiswa juga diminta mengaplikasikan Pineapple Jam itu pada roti tawar yang di-grilled untuk disajikan di atas piring.

”Demi tampilannya yang cantik dan menarik, maka roti tawar itu dihias sedemikian rupa sehingga tampilannya seperti sajian breakfast di sebuah hotel berbintang,” kata Chef Erna, yang meminta anak didiknya untuk meng-garnish roti tawar tersebut.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar