twitter

Pages

Jumat, 27 Desember 2019

Dari Final Exam Hari Ketiga Sesi Siang di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Pastry (P1) Kelas Siang Tampilkan Jentik Manis, Kroket Daging, Dadar Gulung Unti Durian, Serabi Kinca Nangka dan Bubur Cadil


FINAL EXAM hari terakhir, Jumat (20/12/2019) siang, giliran lima mahasiswa Pastry (P2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang diasuh Dosen Pengajar Pastry Class Chef  Upi Palupi S.Pd., M.MPar., tampil pada ujian praktik secara individual yang mengusung tema Kreasi Kue Tradisional Kekinian. Ujian praktik tersebut digelar di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada final exam hari ketiga itu mereka bebas mengangkat kreasi kue tradisional asal sesuai tema yakni kreasi kue tradisional dengan tampilan kekinian. Mahasiswa yang tampil pada ujian praktik hari kedua adalah Gamal As’ad, Kamila, Kevin Ongky W., Sarah dan  Yogi.

Selama ujian berlangsung di Kitchen Graha Tristar, Jumat (20/12/2019) siang, akhir pekan lalu, Gamal sapaan akrabnya, berusaha tampil all out demi menyiapkan kreasi kue tradisional kekinian yang bertajuk Jentik Manis (dari Sagu). Sedangkan Kamila fokus membuat kreasi kue tradisional yang diberi titel Kroket Daging (dari Kentang).

Selanjutnya Kevin tampil antusias demi menyiapkan kreasinya yang diberi nama Dadar Gulung Unti Durian (dari tepung terigu). Begitu juga dengan Sarah, berupaya keras membuat kreasi andalannya yang mengangkat tema Serabi Kinca Nangka (dari tepung terigu).

Sementara itu, Yogi berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kreasi kue tradisional unggulannya, yang diberi nama Bubur Candil Ubi Ungu (memanfaatkan Ubi Ungu) yang melimpah di pasaran.

Pada kesempatan itu, Chef Upi Palupi mengatakan bahwa ujian akhir yang mengangkat tema Kreasi Kue Tradisional Kekinian antara lain bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat aneka kreasi kue tradisional (jajan pasar) di Kitchen Graha Tristar Surabaya.


Belakangan ini, aneka kue tradisional (jajan pasar) bisa disejajarkan dengan kue modern kekinian, yang biasa menghiasi sajian dessert wajib di hotel-hotel berbintang di Surabaya. Oleh karena itu, mahasiswa Pastry Class pun ditantang untuk membuat kreasi kue tradisional kekinian yang cantik dan menarik standar hotel berbintang.

Masih menurut Chef Upi, sapaannya, durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Pastry Lantai 2 Graha Tristar itu dipatok 2,5 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi kue tradisional kekinian tersebut.

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai tim juri. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Dosen Pengajar Pastry Class tersebut kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Jumat (20/12/2019) siang, akhir pekan lalu.

Tiga Dosen Pengajar yang menjadi anggota tim juri adalah Chef Ari Purwantoro, Chef Adeline Nadia Daniel dan Chef Renny Savitri. Selain mengkritisi lima kreasi kue tradisional yang dipersembahkan mahasiswa Pastry Class, mereka juga mengapresiasi hasil kerja mahasiswa demi menampilkan karya terbaiknya di hadapan tim juri. Selamat & Sukses Bro…!

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar