twitter

Pages

Rabu, 11 Desember 2019

Mahasiswa Culinary Class Antusias Belajar Teknik Buat Mie Tarik Langsung dari Masternya


Dari Kitchen Culinary Graha Tristar, Chef Agus Kurniawan Persembahkan ”Lamian Ayam Rica Kemangi”


MASTER CHEF of Lamian Demo, Agus Kurniawan, tampil untuk  menggelar acara demo masak Lamian Ayam Rica Kemangi sekaligus mengenalkan teknik mengolah mie tarik kepada mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit terakreditasi A Konsentrasi Culinary (C1) Kelas Pagi, Senin (09/12/2019). Demo masak yang dihadiri sekitar 13-an mahasiswa itu dihelat di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Di antara mahasiswa yang hadir adalah Rizky Irmayanti Halim, Yohan Tan, Khoirunnisa Cahyana, Sherina Novita Sari, Jesslyn Fortuna Soehartanto, Ricky Alfius Susanto, Britania Wira Calista, Kevin Allesandro Effendi, Jennie Veronica Handoyo dan Jordan Abisha Siregar.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Mie adalah tepung, air, telur, minyak dan sidun, sedangkan bahan untuk masak Rica Ayam Kemangi terdiri dari dada ayam, daun jeruk, sereh, kemangi, jeruk nipis.

Selain menyiapkan bahan-bahan tersebut, Chef Kurniawan juga menyiapkan bahan untuk membuat bumbu halus. Bahan membuat bumbu halus antara lain cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat, jahe, kunyit, ketumbar, gula merah, cabe rawit dan air secukupnya. Untuk membuat bumbu halus tersebut, beberapa mahasiswa yang hadir pagi itu juga dilibatkan.

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Kurniawan memasak Ayam Rica Kemangi lebih dulu bersama bumbu halusnya. Selain itu, Chef Kurniawan juga membuat kaldunya untuk mie-nya.

Pekerjaan terakhir, Chef Kurniawan membuat mie tarik dengan mendemonstrasikan langsung di hadapan anak didiknya. Bahkan beberapa mahasiswa, seperti Sherina Novita Sari dan Jennie Veronica Handoyo, juga diminta tampil untuk praktik langsung bagaimana membuat mie tarik seperti yang dicontohkan. 

Mahasiswa Culinary (C1) Kelas Pagi tersebut berupaya tampil all out saat mempraktikkan cara membuat mie tarik seperti yang diajarkan Chef Kurniawan dan aksi mahasiswa itu pun patut diapresiasi.

”Mengikuti Lamian Demo bersama Chef Kurniawan selain menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa Culinary Class, juga punya nilai tambah (added value) bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan kompetensinya ketika mereka nanti berkarier di industri perhotelan,” kata Yohan Tan kepada kru www.culinarynews.info, di sela demo masak tersebut.

Sebagai seorang profesional, Chef Kurniawan ternyata juga tidak pelit berbagi resep untuk bahan membuat mie tarik dengan mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (C1) Kelas Pagi. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie tarik antara lain tepung terigu protein tinggi (merek Cakra produksi PT Bogasari Flour Mills), telur ayam, air dewa (diimpor dari China) dan water.


Setelah proses masak Lamian Ayam Rica Kemangi rampung, selanjutnya masakan tersebut di-plating kemudian di-garnish agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas. Dengan tampilan seperti ini, maka harga satu porsi Lamian Ayam Rica Kemangi dibandrol sekitar Rp 25 ribuan, sudah termasuk service tax.

”Harga satu porsi Lamian Ayam Rica Kemangi bisa bervariasi tergantung lokasi restonya. Kalau di mal-mal harga sebesar itu masih okelah, namun jika disajikan di hotel berbintang, harganya bisa lebih mahal lagi,” pungkasnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar