twitter

Pages

Jumat, 27 Desember 2019

Dari Final Exam Hari Ketiga Sesi Siang di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya


Dua Kreasi Masakan Indonesian Food dan Tiga Kreasi Masakan American Cuisines Diapresiasi Tiga Orang Juri


PADA ujian praktik hari ketiga, Jumat (20/12/2019) siang yang dihelat di Kitchen Culinary (C2), Lantai 3 Graha Tristar Surabaya., lima mahasiswa Culinary (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang mempersembahkan dua kreasi masakan Indonesian (Traditional) Food dan tiga kreasi masakan American Cuisines.

Lima mahasiswa Culinary Class yang tampil pada ujian praktik masak secara individual hari terakhir ini adalah Deaniswari, Dicky Hermawan, Fresca Frescilia, Lucyana Margaretha dan Windi Tiara. Lima mahasiswa ini bersama 10 rekannya yang lain belajar masak di bawah bimbingan Chef Adeline Nadia Daniel (Chef Della).

Dalam final exam kali ini, Deaniswari dan Lucyana fokus mempersembahkan dua kreasi masakan Indonesian (Traditional) Food yang berjudul Nasi Ayam Taliwang dengan Plecing Kangkung dan Bubur Manado dengan Ikan Cakalang dan Sambal Terasi.

Sedangkan tiga mahasiswa lainnya, yakni Dicky, Fresca dan Windi tampil antusias saat menyiapkan tiga kreasi masakan American Cuisines, yakni Chicken Lozone with Potato & Corn Salad, Loco Moco Hawaii Saute with Green Beans & Carrot dan Skillet Honey Garlic Chicken with Roast Potatoes & Ginger Lime Carrots.

Saat membuat lima kreasi masakan kekinian di Kitchen Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar tersebut, lima mahasiswa Culinary Class itu tampil all out demi mempersembahkan hasil masakan terbaiknya di hadapan tim juri.

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Class, baik masakan Indonesian (Traditional) Food maupun American Cuisines, selain dikritisi juga diapresiasi oleh tim juri yakni Chef Ari Purwantoro, Chef Renny Savitri dan Chef Upi Palupi, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya. 

”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja uji masih bisa ditingkatkan lagi pada ujian praktik berikutnya, terutama pada final exam yang bersifat individual Triwulan III Maret 2020 mendatang,” cetus Chef Ari Purwantoro, seusai penjurian di Kitchen Culinary (C2), Lantai 3 Graha Tristar.

Sementara itu, Chef Della, sapaan akrabnya kembali memberi pengarahan (briefing) kepada anak didiknya, usai penjurian, terutama teknik pengolahan masakan, baik Indonesian (Traditional) Food maupun American Cuisines yang baru saja ditampilkan di meja uji.

Selain memberi masukan soal teknik plating dan garnish-nya, mahasiswa juga diingat kembali seputar teknik masak yang benar, cara mengatur api stove agar masakan tidak sampai over cooking atau kurang masak dan lupa membuat Mayonnaise untuk melengkapi tampilan Corn Salad dan sebagainya.

”Mahasiswa juga diingatkan lagi bahwa tasting (icip-icip) saat masak hukumnya wajib agar masakan tersebut tidak sampai keasinan dan kalau masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam,” kata Chef Della, memberikan tips-nya.

Secara garis besar, Dosen Pengajar Culinary Class ini cukup puas atas kinerja dan jerih payah anak didiknya saat tampil individual pada final exam hari terakhir di Kitchen Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, Jumat (20/12/2019) siang, akhir pekan lalu. Chef Della pun memberi apresiasi atas kerja anak didiknya yang berbuah manis pada final exam tersebut. Good jobs Bro….!

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar