twitter

Pages

Senin, 06 April 2020

Sumbangsih Politeknik Surabaya untuk Bendung Pandemi Covid-19


Lawan Virus Corona! Poltek Surabaya Persembahkan Formula Baru untuk Buat ”Liquid Soap Green dan Hand Sanitizer”

UNTUK mencegah meluasnya penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia, Politeknik Surabaya –disingkat Poltek Surabaya— mempersembahkan formula baru untuk membuat Liquid Soap Green dan Hand Sanitizer. Dua produk tersebut dikembangkan secara khusus oleh peneliti dari Politeknik Surabaya yang bernaung di bawah payung Tristar Group.


Adalah Ir Juwono Saroso MM, M.MPar., Ketua Yayasan Dharma Bakti yang menaungi Politeknik Surabaya, yang tergerak untuk menyiapkan formula khusus demi membuat Liquid Soap Green dan Hand Sanitizer. Juwono Saroso yang merupakan lulusan Kimia ITS dan pengalaman bekerja di beberapa perusahaan sebagai R&D, bersama Evie Muliasari Dewi S.Si.Apt., M.MPar, yang berlatar belakang Sarjana Farmasi Apoteker, melakukan penelitian kilat untuk membuat beberapa formula baru demi melawan virus corona (fight corona virus).

Formula baru yang dikembangkan Politeknik Surabaya ini sebagai jawaban sekaligus sumbangsih dari lembaga pendidikan tinggi di bawah Tristar Group, untuk Indonesia Sehat Melawan Virus Corona! ”Saya kira apa yang kami siapkan saat ini sangat berguna untuk sedikit urun rembug menghadapi pandemi Covid-19,” kata Juwono Saroso melalui layanan WhatsApp (WA), Minggu (05/04/2020) siang.

Pada awalnya, pihaknya membuat racikan-racikan kimia fight corona virus ini untuk mengamankan keluarga, para staff dan pekerja yang berada di naungan Tristar Group. Dengan melibatkan Evie Muliasari Dewi, istrinya yang seorang apoteker, akhirnya berhasil membuat beberapa formula baru untuk fight corona virus.

Masih menurut Juwono Saroso, formula baru dari hasil penelitian kilat ini seakan-akan seperti de javu seperti pada saat dirinya masih pacaran dengan Evie. Dulu semasa belum menikah, mereka pacarannya melalui penelitian-penelitian membuat aneka sabun dan pembersih di bawah naungan  CV Tristar Chemical.

Pada saat krisis moneter 1998, mereka berhasil menciptakan beberapa formula tentang sabun dan pembersih yang sangat murah tetapi dengan kualitas standard. Sehingga, masyarakat bisa membeli aneka bahan sabun dan pembersih tersebut dengan harga separo dari harga di pasaran.

Kini situasinya sedikit berbeda. Tetapi, 80 persen pihaknya saat ini sudah menguasai formulanya, karena pengalaman tahun 1998 yang lalu, hanya sekarang pihaknya mendesain formula dengan penambahan bahan active disinfectant dan antiseptic yang sesuai untuk fight corona virus.

Intinya, disinfectant sifatnya lebih keras tetapi lebih ampuh membunuh kuman, bakteri dan virus, Disinfectant hanya dapat digunakan sebagai obat semprot untuk ruangan kosong dan benda-benda mati. 

Sedangkan antiseptic, sifat dan kadar yang diperbolehkan lebih kecil dan selalu yang diperhitungkan adalah keamanannya jika sampai terkena kulit manusia dan hewan. Antiseptic ini aman juga apabila sampai terhirup dalam pernapasan.

Berdasarkan arahan dari Kemenkes RI, cara mencegah pandemi virus corona (covid-19) sedikitnya ada enam pedoman, yakni cuci tangan, yakni cuci tangan sampai bersih, tutup mulut jika bersin, hindari jabat tangan, konsumsi makanan bergizi, kenakan masker dan hindari keramaian (social distancing).

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Politeknik Surabaya (Tristar Group), Anda ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar