twitter

Pages

Minggu, 06 September 2020

Dari Cooking Practical with Chef Maret Gunawan di Great Diponegoro Hotel


Mahasiswa Tristar Cruise Manyar Praktik Masak Soup, Main Course dan Dessert di Open Kitchen Zhang Restaurant


SEBANYAK 10 mahasiswa Tristar Cruise Manyar Kelas Sore, praktik masak satu set menu untuk jamuan makan siang bersama (lunch) di Open Kitchen Zhang Restaurant Great Diponegoro Hotel Surabaya, Kamis (04/09/2020) pagi. Saat praktik masak, mahasiswa disupervisi langsung oleh Demi Chef Great Diponegoro Hotel, Maret Gunawan.

Menu masak satu set menu untuk jamuan makan siang itu terdiri dari Corn Chowder Cream Soup (Soup), Pan Seared Fish with Lemon Sauce & Potato Waffle (Main Course) dan Mango Sticky Rice (Dessert) + Guava Juice dan Mineral Water. Ketiga menu makan siang itu termasuk kelompok masakan western food.

Sebelum mahasiswa Tristar Cruise Manyar mengikuti gelaran bertajuk Cooking Practical with Chef Maret Gunawan, kedatangan rombongan mahasiswa Tristar Cruise Manyar disambut General Manager (GM) Marshel Hendrik, Demi Chef Maret Gunawan dan Jafar Risma dari Food & Beverage Service (FBS) Zhang Restaurant.

Kunjungan industri mahasiswa Tristar Cruise Manyar itu di dampingi dua orang perwakilan dari Tristar Group, Imania Ayu Wulandari M.MPar dan R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Tim Multimedia Tristar Group juga hadir untuk mengabadikan acara istimewa tersebut.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Food & Beverage (FB) Product di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.

Dalam pengarahannya, Chef Maret mengajak mahasiswa Tristar Cruise Manyar untuk fokus bekerja di kitchen sesuai job desk-nya masing-masing. Tidak malu bertanya kepada chef on duty, disiplin mengatur waktu dan memperhatikan aspek hygiene & sanitation selama bekerja di kitchen.

Sesuai arahan Chef Maret Gunawan, 10 mahasiswa ditugaskan secara bergantian di Open Kitchen Zhang Restaurant untuk praktik masak Corn Chowder Cream Soup (Soup), Pan Seared Fish with Lemon Sauce & Potato Waffle (Main Course) dan Mango Sticky Rice (Dessert).

Mengingat durasi masaknya hanya dipatok sekitar 60 menitan sebelum masakan itu disajikan kepada tamu, maka Chef Maret yang saat itu bertugas di Open Kitchen Zhang Restaurant juga sudah prepare bahan-bahan masakan lebih dulu, sedangkan Guava Juice dan Mineral Water juga disiapkan oleh Jafar Risma dan Iknu Mulyanto dari FBS Zhang Restaurant.

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen bersama Chef Maret, pada sesi pertama lima mahasiswa (Group A), yakni Rafli, Jessica, Rosy, Cici dan Melanina ditugaskan masak tiga menu Western Food (Continental Cuisines) yakni Corn Chowder Cream Soup (Soup), Pan Seared Fish with Lemon Sauce & Potato Waffle (Main Course) dan Mango Sticky Rice (Dessert).

Sebelum meng-handle pekerjaan di kitchen, lima mahasiswa anggota Group A itu diterangkan bagaimana mengoperasikan kompor di kitchen hotel, menggunakan peralatan kitchen, mengambil bahan berikut bumbunya dari tempatnya, menyiapkan mangkok dan piring untuk mem-plating masakan yang sudah selesai dimasak dan sebagainya.

Sementara itu lima mahasiswa lain yang menjadi anggota Group B disupervisi oleh Jafar Risma dari FBS Zhang Restaurant, belajar sekaligus praktik jadi waitress/waiters, yang bertugas men-set up meja makan untuk jamuan makan siang bersama sekaligus melayani tamu atau undangan (diperankan mahasiswa anggota Group A) yang hadir siang itu. 

Set up meja makan itu mulai menata sendok garpu, sendok sup, sendok makan, pisau, napkin (celemek), gelas yang sudah diisi air mineral dan gelas berisi jus jambu, vas bunga dan info menu makan siang,” kata Jafar di sela-sela mahasiswa praktik.menata meja makan.

Mangkok dan piring berisi menu makanan (Soup, Main Course dan Dessert) akan dihidangkan secara berurutan setelah undangan acara makan siang sudah siap di mejanya masing-masing. Jamuan makan siang bersama itu semakin seru karena makanan yang dihidangkan itu merupakan hasil masakan mereka sendiri. Selamat menikmati!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar