twitter

Pages

Rabu, 30 September 2020

Memotret Kehebohan Mahasiswa Ujian Praktik Masak di Kitchen Modern Tristar Samator

 

Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Tampilkan Sembilan Kreasi Set Menu Appetizer, Soup, Main Course & Dessert

 

PADA ujian praktik masak hari pertama, Senin (28/09/2020) pagi, sembilan orang mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas Pagi, mengikuti ujian praktik masak secara individual membuat sembilan kreasi set menu Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert dalam satu penyajian cantik di meja uji.

 

Keseruan acara final exam tersebut dihelat di Kitchen Modern Trestelle Accademia Culinaria Sky Suites SOHO-Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya. Peserta ujian prepare di kitchen sejak pukul 09.00-10.30 atau durasi ujian praktik masak sekitar 1,5 jam.

 

”Ujian praktik masak kali ini mengangkat tema Indonesian Mix Food, yang mengombinasikan antara masakan ala Barat (Western Food atau Continental Cuisines) dengan keunikan masakan khas Indonesia (Indonesian Food),” kata Chef Della, sapaan akrabnya, kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Senin (28/09/2020) siang.

 

Ujian praktik masak tersebut merupakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas Pagi Maupun Kelas Siang, mengaplikasikan ilmunya setelah sebelumnya mereka dibekali seputar teknik memasak aneka makanan khas Eropa yang citarasa dan teksturnya benar-benar western banget.

 

Pelajaran pengolahan makanan Eropa itu sendiri merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya adalah grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan yang berasal dari Benua Biru (Eropa).

 

Aneka kreasi masakan yang sebagian besar diadopsi dari Eropa (Western Food), maka bumbunya lebih dominan dengan memanfaatkan sauces (seperti tomato sauce, worchestershire sauce) white wine vinegar, mayonnaise, honey, butter, mozzarella cheese (keju mozzarella), cheddar cheese, cream cheese, olive oil, salad oil dan bahan yang lainnya. Sementara itu untuk masakan khas Indonesia sendiri, mahasiswa Culinary Art Tristar Samator telah dikenalkan bumbu jangkep yang fenomenal.

 

Pada ujian praktk masak hari pertama, Senin (28/09/2020), misalnya, Nocky Anantha Permana menyiapkan satu set menu, yakni Mix Fruit Salad with Mango Sauce, Kobe Beef with BBQ Sauce & Mix Veggie dan Choco Brownies.

 

Giliran selanjutnya Rista Amalia tampil percaya diri membuat Croque Monsieur, Chicken Maryland dan Strawberry Parfuit, sedangkan Erika Vinna Aisyah bekerja all out demi membuat satu set menu mulai Potato Cheese Bird Nest, Lemon Butter Chicken dan Mango Mousse.

 

 

Sementara itu Frendy Emanuel Teguh tampak antusias bekerja di kitchen demi menyiapkan tiga menu masakan unggulannya yakni Chicken Cream Soup, Beef Galantin dan Mango Mint Smash.

 


Tak mau kalah dengan rekannya, Leonardus Dimas SA juga tampil mati-matian demi membuat tiga kreasi masakan Indonesian Mix Food, yakni Tahu Isi, Nasi Timbel dan Es Cendol Kekinian, yang wow banget cita rasanya!

 

Berikutnya adalah Christine Alexandra Teddy. Christine, sapaan akrabnya, tampil penuh semangat untuk membuat satu set menu makan siang bertajuk Ebi Furai, Beef Teriyaki dan Lychee Squash yang diadopsi dari Negeri Matahari Terbit (Jepang).

 

Sedangkan Virginia Shafitri dengan penuh percaya diri tampil membuat satu set menu andalannya yang bertema Mushroom Bitterballen, Thai Crispy Spicy Chicken with Mashed Cucumber dan Molten Chocolate yang maknyusss!

 

Selanjutnya Bella Dewinta N.B., berupaya tampil sebaik-baiknya di Kitchen Modern Tristar Samator, demi membuat tiga menu kesukaannya yang berjudul Cheesy Potato Bites, Honey Garlic Salmon with Corn Sauce dan Chocolate Mousse.

 

Sementara itu Wulan  Cahya RPK tampil all out di kitchen Tristar Samator untuk menyiapkan satu set menu lengkap mulai Prawn Cocktail, Lemon Chicken Sweet Potato & Broccoli dan Black & Pink Pancake with Whipped Cream Sauce Ice Cream.

 


Saat disajikan di atas meja uji, sembilan kreasi set menu lengkap dari mahasiswa Culinary Art Tristar Samator diapreasi oleh tim juri yang terdiri dari Chef Adeline Nadia Daniel dan Chef Yanuar Kadaryanto.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar