twitter

Pages

Minggu, 06 September 2020

Memotret Kehebohan Mahasiswa Ramaikan Cooking Practical with Chef Ariel Romansa


Dari Kitchen Kokoon Hotels, Mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Persembahkan Satu Set Menu Lunch Buffet


MAHASISWA Tristar Cruise Jemursari Kelas Malam yang diasuh Chef Hartono, mendapat tantangan dari Head Chef Kokoon Hotels Surabaya Ariel Romansa, masak satu set menu untuk jamuan Makan Siang Prasmanan (Lunch Buffet) di kitchen hotel berbintang tersebut.

Satu set menu makanan untuk acara Lunch Buffet itu meliputi Soto Ayam Sayur (Soup), Steam Rice, Nasi Goreng ”Ndower” (Pedas), Cha Pok Coy, Fish Sweat Sour dan Ayam Bakar Madu (Main Course) + Condiment + Krupuk serta Es Buah, Juice Buah, Infused Water dan Mineral Water.

Sebelum praktik masak di kitchen hotel, rombongan 10 mahasiswa Tristar Cruise Jemursari bersama tiga orang perwakilan dari Tristar Group, yakni Chef Hartono, Imania Ayu Wulandari M.MPar dan R. Paulus W. Soetrisno M.Par., disambut General Manager (GM) Kokoon Hotels Surabaya Andreas Ragil dan Head Chef Ariel Romansa.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri mahasiswa Tristar Cruise Jemursari ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Food & Beverage (FB) Product di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan dan kapal pesiar.

Mereka juga dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem kerja di kitchen hotel berbintang atau kitchen modern kapal pesiar itu butuh kedisiplinan, effort kerja yang tinggi, bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Oleh karena itu dalam pengarahan, Chef Ariel Romansa mengajak mahasiswa Tristar Cruise Jemursari untuk fokus bekerja di kitchen sesuai job desk-nya masing-masing. Tidak berbicara sendiri-sendiri, tidak malu bertanya kepada chef on duty, disiplin mengatur waktu dan memperhatikan aspek hygiene & sanitation selama bekerja di kitchen.

Sesuai arahan Chef Ariel, tujuh dari 10 mahasiswa ditugaskan masak Soto Ayam Sayur (Soup), Steam Rice, Nasi Goreng ”Ndower” (Pedas), Cha Pok Coy, Fish Sweat Sour dan Ayam Bakar Madu (Main Course) + Condiment + Krupuk serta menyiapkan Es Buah, Juice Buah, Infused Water dan Mineral Water.

Sedangkan tiga mahasiswa Tristar Cruise Jemursari yang lain diminta menyiapkan Pasta Italian Noodle dan Remi Pizza (Italian Pizza ala Kokoon Hotels) untuk disajikan kepada Dosen Pengajar Tristar Group yang hadir siang hari tersebut.


Selain Chef Ariel Romansa yang menjadi pengawas, dua asistennya yakni Chef Alfian dan Chef Danis juga turun tangan langsung mendampingi 10 mahasiswa Tristar Cruise Jemursari saat bekerja di kitchen
Misalnya, Chef Alfian menyupervisi Yasir saat masak Nasi Goreng ”Ndower” (Pedas) dan Cha Pok Coy,  dengan kompor Wok. Untuk masak dengan kompor Wok yang perlu diperhatikan adalah kapan menggunakan api kecil, api sedang dan api besar bertekanan tinggi. Pengaturan besar kecilnya api ini untuk mencegah terjadinya overcook atau undercook.

 
Sedangkan Chef Danis berbagi cara membuat Remi Pizza ala Kokoon Hotels berikut menyiapkan filling dan topping-nya. Remi Pizza ini merupakan kreasi dari Italian Pizza yang tipis, sehingga untuk nge-bake-nya tidak lebih dari 15 menit pada suhu sekitar 200*C.

Sementara itu Chef Ariel Romansa sendiri mendampingi mahasiswa membuat empat porsi Pasta Italian Noodle. Setelah membuat Pasta Italian Noodle, salah satu mahasiswa, Erika juga diminta menyiapkan Es Buah. Sedangkan Ega, mahasiswa yang lain ditugasi Chef Ariel membawa makanan yang sudah selesai dimasak dan di-garnish untuk ditata di meja display.

Aksi heboh mahasiswa mengikuti gelaran Cooking Practical with Chef Ariel Romansa siang itu semakin seru dengan hadirnya Chef Hartono yang hadir dan menyemangati anak didiknya praktik masak satu setu menu untuk jamuan makan siang prasmanan di kitchen hotel. ”Saya mengapresiasi kegiatan seperti ini karena besar manfaatnya bagi upaya untuk meningkatkan kompetensi masak mahasiswa,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar