twitter

Pages

Selasa, 15 September 2020

Catatan Kecil dari Hasil Simulasi Final Exam Mahasiswa Tristar Cruise 2020

Kolaborasi Tim Kitchen dengan Service, Kunci Sukses dalam Mempersembahkan Satu Set Menu Continental Fine Dining


GELARAN simulasi final exam mahasiswa Tristar Cruise Class selama tiga hari yang diikuti sekitar 30-an orang dari tiga kelas, telah selesai Jumat (11/09/2020) malam, akhir pekan lalu. Ada beberapa catatan kecil yang layak digarisbawahi bahwa simulasi ujian semacam ini memungkinkan setiap personel mahasiswa tampil all out dan memainkan perannya sesuai job desk-nya masing-masing, demi suksesnya acara jamuan makan malam bertajuk Continental Fine Dining.

Untuk memudahkan koordinasi dalam pekerjaan di kitchen, misalnya, tongkat kepemimpinan seorang Head Chef diserahkan kepada individu (mahasiswa) yang dinilai cakap dan mumpuni.dalam hal memimpin. Ini bertujuan meningkatkan leadership mahasiswa saat mereka diberi kepercayaan dosen pengajar atau pihak kampus.

Tugas Head Chef antara lain memastikan semua peralatan masak + semua piring cukup untuk tamu undangan, membuat tim untuk cleaning, memastikan semua bahan cukup untuk memasak semua menu untuk tamu undangan dan memastikan semua makanan yang akan disajikan ke tamu undangan sudah dalam keadaan sesuai dengan menu dan siap untuk dinikmati.
Selain itu, Head Chef juga memastikan semua peralatan dan kondisi dapur dalam keadaaan bersih ketika acara selesai, memastikan memasak sesuai dengan standar industri (perhotelan) dan memastikan semua tim di kitchen sudah sesuai dengan standar pembagian departemen (job desk).

Sedangkan tugas Sauce Station, memastikan sauce yang dibuat sudah sesuai standar dan layak disajikan kepada tamu undangan. Sementara itu tugas Preparation untuk memastikan bahwa semua bahan sudah siap dan sesuai standar serta diberikan ke bagian sauce atau Head Chef untuk dimasak dan membantu departemen yang membutuhkan bantuan Anda.

Selanjutnya adalah tugas Plating & Presentation, yakni melakukan persiapan peralatan untuk kebutuhan plating dan presentasi makanan tamu undangan dan memastikan semua makanan yang akan disajikan ke tamu undangan dalam keadaan sudah di-plating dan siap untuk dinikmati.

Tak salah jika Chef Thomas Denny, yang sehari-hari mendampingi mahasiswa Tristar Cruise Manyar menunjuk Cici Septi Melani sebagai Head Chef (Executive Chef) dalam simulai ujian hari pertama, Rabu (09/09/2020) sore.

Mahasiswi cantik asal Jambi itu membawahi tujuh orang kru kitchen tampil all out saat masak satu setu menu Continental Fine Dining –mulai Egg Station, Appetizer (Salad), Soup, Main Couse dan Dessert-- di Kitchen Modern Tristar Cruise International Training Centre (TITC) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.

Hal sama juga dilakukan Naufal Naldy yang dipercaya Chef Hartono menjadi Head Chef pada simulasi final exam hari kedua di Kitchen Modern Tristar Cruise International Training Centre (TITC) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.

Mahasiswa Tristar Cruise Jemursari asal Malang itu harus berjibaku dengan tim kitchen lainnya demi menyiapkan satu semu menu Continental Fine Dining yang berkelas dan elegan, untuk menjamu tamu undangan VIP yang menghadiri acara jamuan malam pada hari kedua, Kamis (10/09/2020) malam.

Sementara itu pada simulasi final exam hari ketiga, Jumat (11/09/2020) sore, yang dihelat di Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Ryananda Bimantara, yang ditunjuk sebagai Head Chef oleh Chef Ari Purwantoro. Bimantara bersama tim kitchen harus kerja keras demi menyiapkan satu set menu Continental Fine Dining.

Tak kalah hebohnya dengan kru yang bekerja di Kitchen, tiga mahasiswa Tristar Cruise Manyar yang ditugaskan di bagian Service Hotel Practices sebagai Waiter dan Waitress, yakni Meiliani (Head Service), Rosy Septia Abidah dan Rafly, juga bahu membahu men-set up meja makan sejak pukul 13.00 WIB.

Sedangkan pada simulasi final exam hari kedua, Yasir Indrastata ditujuk Chef Hartono sebagai Head Service dibantu Deby Setiawan, Sandi Indra Lesmana dan Chaerafika Safanah men-set up meja makan untuk acara jamuan makan malam.

Sementara itu Bakhtiar Aji Sampurna (Head Service) dan Cindy Jannete Puto tampil all out demi men-set up meja makan untuk jamuan makan malam bertajuk Continental Fine Dining pada hari terakhir, Jumat (11/09/2020).

Menurut Chef Hartono, tugas Head Service antara lain memastikan semua peralatan cutlery, piring, gelas, table cloth dan napkin cukup secara jumlah tamu undangan, cek ulang semua table setting dalam kondisi siap, memastikan orderan sesuai dengan tamu undangan dan cek ulang sebelum makanan disajikan server kepada tamu undangan.

Selain itu, Head Service selalu berkoorbinasi dengan tim Cooking tentang stok makanan dan jika ada complain tentang makanan, memastikan cek semua peralatan setelah selesai acara, segera info jika ada peralatan yang kotor atau rusak, memastikan kecepatanan dalam menyajikan makanan dan membuat jadwal cleaning.

Sedangkan tugas Tim Setting Table, Napkin & Service antara lain memastikan table setting tertata rapi sesuai standar, memastikan cutlery, table cloth, napkin, piring dan gelas dalam keadaan bersih saat ditata, memastikan cutlery, table cloth, napkin, piring dan gelas dalam keadaan bersih setelah acara selesai dan disimpan dengan baik, memastikan menerima order dengan benar sesuai standar yang telah diajarkan dan memastikan makanan sesuai dengan orderan.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar