twitter

Pages

Selasa, 08 September 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Cooking Practical with Chef Bagus Adji Irawan


Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi Masak Tiga Kreasi Nasi Goreng di Kitchen Grand Surabaya Hotel
 
 
 
SEBANYAK 11 mahasiswa Culinary Art I (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi yang sehari-hari diasuh Chef Nadya Ratri Aryani, giliran praktik masak tiga kreasi Nasi Goreng kekinian di Hot Kitchen Grand Surabaya Hotel, Senin (07/09/2020) siang. Saat praktik masak, mahasiswa Akpar Majapahit itu disupervisi langsung oleh Chef De Party (CDP) Grand Surabaya Hotel, Chef Bagus Adji Irawan.

Kedatangan rombongan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi itu di dampingi Dosen Pengajar Hygiene & Sanitation Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Dua orang kru Multimedia dari Tristar Group juga hadir untuk mengabadikan acara Cooking Practical with Chef di Grand Surabaya Hotel.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Hygiene & Sanitation di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.

Mereka juga dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem kerja di kitchen itu butuh kedisiplinan, effort kerja yang tinggi, bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Sebelum mengikuti gelaran Cooking Practical with Chef, mahasiswa diajak tour hotel oleh Marketing Manager Grand Surabaya Hotel, Gusti Handi, HRD Manager Affan dan Captain Food & Beverage Service (FBS) Edi, sekaligus oleh HRD Manager Affan diterangkan secara singkat Dasar-dasar Hygiene & Sanitation di industri perhotelan.

Pihak hotel pun menyinggung bagaimana pentingnya aspek Hygiene & Sanitation di industri perhotelan karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman (di luar kamar hotel tentunya). 

Oleh karena itu, Grand Surabaya Hotel tetap memperhatikan aspek Hygiene & Sanitation sekalipun hotel bintang tiga ini sudah beroperasi sejak 2012 silam. Penanganan limbah cair dari kitchen pun diupayakan tidak sampai mencemari lingkungan sekitar karena semua itu dipantau oleh tim dari Dinkes Kota Surabaya.

Tidak hanya itu, di masa New Normal sekarang ini, misalnya, penerapan Protocol Kesehatan seperti penggunaan masker, face shield, hand sanitizer, hand clove (sarung tangan), personal hygiene (topi, baju dan sepatu chef) wajib dikenakan saat bekerja di hot kitchen Grand Surabaya Hotel.

Oleh karena itu dalam pengarahan singkatnya, Chef Bagus Adji Irawan mengajak mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit untuk fokus bekerja di kitchen sesuai job desk-nya masing-masing dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Pada saat bekerja di hot kitchen Grand Surabaya Hotel tidak boleh bicara sendiri-sendiri apalagi guyon, mahasiswa juga diminta tidak malu bertanya kepada chef on duty, disiplin mengatur waktu dan memperhatikan aspek hygiene & sanitation dengan memakai masker, face shield, sarung tangan, menggunakan hand sanitizer dan tetap menjaga jarak (physical distancing).

Sesuai arahan Chef Adji, 11 mahasiswa ditugaskan secara bergantian di kitchen Grand Surabaya Hotel untuk praktik masak tiga kreasi Nasi Goreng kekinian. Grup A yang beranggotakan empat orang mahasiswa dipimpin Fido, tampil kali pertama masak Nasi Goreng ala Grand Surabaya.

Giliran Group B yang diketuai Aditya dengan dua orang anggotanya berupaya tampil all out saat masak Nasi Goreng Merah, sedangkan Group C yang dipimpin Jerry dengan tiga anggotanya kebagian tugas membuat Nasi Goreng Mentega. Durasi masak tiga kreasi Nasi Goreng kekinian itu dipatok @ 10 menitan. Selama praktik masak di kitchen hotel, mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Adji, sapaan akrab Bagus Adji Irawan. 

Di sela-sela mendampingi mahasiswa praktik masak, Chef Adji tidak pelit berbagi ilmu cara mengoperasikan kompor Wok sekaligus memberi tips bagaimana memainkan api kecil, sedang hingga api besar (tekanan maksimal) tapi Nasi Goreng-nya bisa masak sempurna dan masakannya tidak sampai overcook.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar