twitter

Pages

Rabu, 30 September 2020

Dari Kehebohan Final Exam Hari Ketiga di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar

Hainan Chicken Rice Persembahan Mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi Dipuji Tim Juri

 

PADA final exam hari terakhir, Sabtu (26/09/2020) pagi, giliran tiga mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi yakni Angeline Lilly S., Darrem Jonathan dan  Stefanus Erlangga mempersembahkan Hainan Chicken Rice. Kreasi masakan yang termasuk dalam kelompok Asian Cuisines itu dipuji tim juri, karena selain rasanya yang lezat dan tekstur daging ayamnya yang lembut, juga tampilannya menarik saat disajikan di atas meja uji.

 


Tim jurinya sendiri terdiri dari tiga orang Dosen Pengajar Akpar Majapahit. Mereka adalah Chef Renny Savitri M.Par (Dosen Pastry Art), Imania Ayu Wulandari M.MPar (Kaprodi Food & Beverage Product) dan Dewi Mariyanah M.Par (Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata) Akpar Majapahit.

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan tiga orang dosen pengajar. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa.Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Hainan Chicken Rice persembahan mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi itu sendiri dimasak di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Sabtu (26/09/2020) pagi. Saat ujian praktik masak di Kitchen Culinary, mereka diawasi langsung oleh Dosen Pengajar Culinary Art Chef Ari Purwantoro.

 

Mahasiswa bebas mengangkat kreasi masakan asal sesuai tema yakni Asian Cuisines, yang ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya. Durasi ujian praktik masaknya sendiri dipatok 1,5-2 jam sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut.

 

Selain itu mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit juga sudah dibekali pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan kitchen yang bersih seperti yang diaplikasikan pada industri perhotelan.

 


Ujian praktik masak yang mengangkat tema Asian Cuisines tersebut untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka diajarkan teknik masak aneka makanan Asia termasuk masakan khas Nusantara (Indonesian Food) yang cita rasa dan teksturnya punya keunikan tersendiri.

 

Berbekal sederet ilmu tersebut, maka saat ujian praktik masak hari terakhir, Sabtu (26/09/2020) pagi, Stefanus Erlangga yang dipercaya dua rekannya, Angeline dan Darren, sebagai leader selama ujian praktik masak tersebut.

 

Mereka pun lantas berbagi tugas di kitchen, untuk prepare bahan masakan, menyiapkan stock (kaldu) Hainan Chicken, menyiapkan bumbu untuk membuat  Egg Corn Soup, dan menyiapkan Hainan Rice dari bekas olahan kaldu ayam tersebut.

 

Dengan durasi masak hanya 1,5 jam, ketiga mahasiswa Culinary Art Class ini betul-betul kerja keras demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya yang bertajuk Hainan Chicken Rice di hadapan tim juri. Oleh karena itu, saat mem-plating pun Stefanus Erlangga dan dua anggota timnya terus berdiskusi agar penampilan masakannya betul-betul ciamik!

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar