twitter

Pages

Jumat, 26 April 2019

Chef Otje Sharing Ilmu Kiat Bikin Cake Rasa Enak, Tekstur Lembut dan Cantik Tampilannya


Belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue Bersama Chef Otje

Mahasiswa Pastry Kelas Siang Buat Mandarin Cake, Fudge Cake, Cheese Brownies & Cheese Chocolate Gateaux 
 
PADA tatap muka hari terakhir belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue, Selasa (23/04/2019) siang, 20-an mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Semester II, diajarkan teknik membuat Cheese Brownies, Mandarin Cake, Fudge Cake dan Cheese Chocolate Gateaux oleh Chef Otje Herman Wibowo SE., M.Par., di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Untuk membuat Cheese Brownies, misalnya, ada dua tahapan pekerjaan yang harus dilakoni mahasiswa, yakni membuat Dark Brownies  dan Cheese Brownies-nya sendiri di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya. Sedangkan untuk membuat Mandarin Cake tahapan yang harus dilakukan adalah membuat Vanilla Sponge, Pastry Cream berikut Filling-nya.

Sementara itu untuk membuat Fudge Cake dimulai dengan pekerjaan menyiapkan Chocolate Sponge, Chocolate Butter Cream dan Ganache. Terakhir, Chef Otje berbagi ilmu dengan anak didiknya cara membuat Cheese Chocolate Gateaux.di Kitchen Graha Tristar, Selasa (23/04/2019) siang.

Seperti diberitakan sebelumnya, selama lima kali tatap muka, mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit Kelas Siang Semester II, diajarkan membuat 12-an resep kue (cake). Selain itu, Dosen Pengajar juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik membuat produk cake serta metode-metode yang ada. 

Beberapa metode membuat aneka kreasi cake yang diajarkan kepada mahasiswa antara lain Creamy Type Method (Butter Type Method), Sponge Method, Chiffon Method, Japanese (Taiwanese Method) dan All in One Method. 

Pada tatap muka hari pertama, Senin (15/04/2019) siang. misalnya, Chef Laurentia Vivi mendampingi anak didiknya belajar membuat Chocolate Butter Cake, Rum Chocolate Cake, Pandan Vla Roll Cake dan English Cake di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya.

Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Selasa (16/04/2019) siang, giliran Chef Vivi yang tampil all out saat mendemontrasikan teknik membuat Cheese Tapai Cake dan  Ferment Cassava Cake. 

Dua resep cakes berbasis tapai dari hasil fermentasi singkong itu tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus) yang dibagikan kepada mahasiswa, karena resep tersebut merupakan hasil kreasi Dosen Pengajar sendiri. 

Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Kamis (18/04/2019) siang, mahasiswa Pastry Kelas Siang, kembali diajarkan membuat empat resep cake yang berbeda, yakni Pandan Chocolate Pound Cake, Vanilla Chocolate Butter Cake, Blueberry Cake dan Cappuccino Cream Cake. 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar