twitter

Pages

Selasa, 23 April 2019

Praktik Buat Aneka Produk dari Hasil Fermentasi dengan Sentuhan Food Technology


Belajar FoodTech Bersama Chef Rachma Nur Devianti

Mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit Buat Kimchi, Yoghurt Drink dan Tempe di Kitchen Pastry


SETELAH diajarkan cara membuat Starter Plain Yoghurt, Spoonable Yoghurt dan Salad Yoghurt di Kitchen Pastry Graha Tristar pada pertemuan hari pertama, Senin (15/04/2019) pagi,  giliran selanjutnya mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit praktik membuat Tempe, Kimchi dan Yoghurt Drink oleh Dosen Pengajar Food Technology Tristar Group Rachma Nur Devianti STP., M.MPar.

Dua mahasiswa Advanced Pastry Class yakni Mei Mei dan William Mak tersebut praktik membuat Tempe, Kimchi dan Yoghurt Drink di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya pada Selasa (16/04/2019) pagi, pekan lalu.

Khusus untuk membuat Tempe, maka ragi tempe disiapkan pada H-1, tepatnya pada Senin (14/04/2019) siang, usai mereka praktik membuat dua kreasi Yoghurt, yakni Spoonable Yoghurt dan Salad Yoghurt.

Cara membuat ragi tempe bahannya dari ragi tempe, tempe tumpuk dikeringkan, kemudian di-blander dan diayak lalu ragi tempe itu dikemas rapi agar tidak terkontaminasi dengan bakteri atau jamur yang merugikan.

Dengan demikian saat mahasiswa praktik membuat tempe pada hari kedua, Selasa (16/04/2019) pagi itu mereka tinggal mengemas biji kedelai yang sudah dihilangkan kulit arinya, dicuci bersih dan direbus hingga mendidih kemudian ditiriskan.

Selanjutnya biji kedelai yang sudah selesai ditiriskan itu ditaburi ragi tempe sampai rata, kemudian dikemas dalam bungkus plastik atau daun pisang untuk didiamkan 1-2 hari dalam suhu ruang sampai terjadi fermentasi sempurna dan berubah menjadi tempe.

Selain itu, mahasiswa Advanced Pastry Class juga diajarkan cara membuat asinan sawi putih (Kimchi) dan Yoghurt Drink di Kitchen Pastry Graha Tristar. Bahan untuk membuat Kimchi antara lain Sawi Putih, Garam Krasak, Air, Tepung Ketan, Gula Merah, Lobak, Wortel, Bawang Prei, Bawang Putih Jahe, Bawang Bombay, Kecap Ikan, Hot Pepper Flakes (Cabai Bubuk Korea) dan Stoples Kotak Datar untuk wadahnya. 

Olahan kimchi yang sudah dimasukkan ke dalam wadah stoples didiamkan pada suhu ruangan selama 1 x 24 jam agar proses fermentasinya berjalan baik, sehingga menjadi produk asinan sawi putih yang sempurna, sebelum dikonsumsi.

Sementara itu, untuk membuat Yoghurt Drink, bahannya meliputi Starter Plain Yoghurt, Milk Plain UHT, Sugar, Water, CMC, Fruit Acid, Pure Strawberry (Buah Strawberry Segar), Food Colouring dan Food Flavouring.

Yoghurt Drink yang dibuat bersama mahasiswa Advanced Pastry Class itu bahannya dari buah strawberry asli (original). Yoghurt Drink rasa original dalam kemasan botol berukuran 350 ml itu di pasaran dibandrol Rp 10.000 per botolnya, sedangkan yang berupa essence strawberry (artifisial) dijual dengan harga Rp 8.500 per botol.

Sedangkan pada pertemuan hari ketiga, Kamis (18/04/2019) pagi, Chef Rachma kembali berbagi ilmu cara membuat Kecap Manis dan Kecap Asin (Ketchup atau Soya Sauces) bersama dua anak didiknya di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya.

Sementara itu, pada tatap muka hari keempat, Sabtu (20/04/2019) pagi, dua mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit yang diasuh Chef Rachma dibekali cara membuat aneka kreasi Ice Cream Yoghurt.

Pada pertermuan hari terakhir, Senin (22/04/2019) pagi, giliran mahasiswa diuji untuk membuat kreasi makanan (food creations) menurut versi mereka sendiri, dalam ujian praktik masak secara individual, di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Hasi kreasi makanan tersebut akan dinilai oleh tim juri dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan rasa sesuai Standard, Operation & Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar