twitter

Pages

Minggu, 21 April 2019

Peserta TCTC Diuji Buat Masakan Western Food yang Disajikan ala Fine Dinning


Dari Ujian Praktik Masak di Kitchen Culinary Graha Tristar
Awalid9
Delapan Peserta Tristar Cruise Training Center (TCTC) Tampil All Out Buat Menu Lengkap untuk Hidangan Fine Dinning  


SETELAH mengikuti pelatihan intensif selama tiga bulan, delapan orang peserta Tristar Cruise Training Center (TCTC), yakni Yunita Meak, Redmond Yonanta Makalew, Bernard Suryadi Palit dan Rahmat Akbar Nasrullah (Kelompok 1) serta Samuel Kevin Stelino, Novree Keefe Isyraqi, Ryan Hidayat dan Tri Suhardi Jaya (Kelompok 2), ditantang membuat menu lengkap untuk hidangan fine dinning.

Ujian praktik masak empat menu lengkap western food (mulai Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert) itu dihelat di Kitchen Culinary Lantai 3 Graha Tristar, sedangkan penyajian hidangan untuk fine dinning-nya sendiri bertempat di Lantai 4 Graha tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada ujian sesi pertama, Selasa (16/04/2019) pagi, Kelompok 1 langsung praktik masak empat menu lengkap yakni Waldorf Salad (Appetizer), Cream Corn Soup (Soup), Chicken Cordon Bleu with Sauted Baby Potato & Served with BBQ Sauce (Main Course) dan Yoghurt Porfait (Dessert), di Kitchen Lantai 3 Graha Tristar. Sedangkan empat peserta TCTC anggota Kelompok 2 diminta melakukan set up meja makan untuk acara fine dinning yang mengambil tempat di Lantai 4 Graha Tristar.

Sementara itu, pada ujian sesi kedua, Selasa (16/04/2019) siang, giliran empat orang anggota Kelompok 1 yang diberi tugas Chef Yenata Candra, Instruktur TCTC, men-set up meja makan untuk fine dinning di Lantai 4 Graha Tristar, sedangkan Kelompok 2 yang tampil all out untuk menyiapkan hidangan Shrimp Cocktail (Appetizer), Cream Mushroom Soup (Soup), Tenderloin with Garlic Sauce & William Potato & Vergie (Main Course) dan Panacota & Mix Berry (Dessert).

Ketika Kelompok 1 dan Kelompok 2 bekerja di Kitchen Culinary Lantai 3 Graha Tristar, mereka disupervisi langsung oleh Chef Yenata. Saat ujian praktik masak western food, durasinya pun dibatasi paling lama 1,5 jam. Dengan demikian, setiap anggota kelompok kebagian job membuat satu menu masakan.

Sementara itu, saat Kelompok 1 dan Kelompok 2 bekerja men-set up meja makan untuk jamuan fine dinning di Lantai 4 Graha Tristar, mereka disupervisi langsung oleh Peter ST, Dosen Pengajar Food Service pada Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Surabaya (Tristar Group). Dalam kesempatan itu, Peter juga memberikan arahan bagaimana cara men-set up meja untuk acara fine dinning sesuai standar internasional.

Kepada kru www.culinarynews.info, di sela-sela kesibukannya menjaga ujian praktik peserta TCTC, Chef Yenata Candra mengatakan, sebelum mengikuti final exam tersebut, mereka telah dibekali teknik masak aneka produk Culinary terutama Continental Food dan Western Food dan Patisserie secara intensif selama tiga bulan oleh instruktur dari Tristar Cruise Training Center (TCTC) di Kitchen Culinary Lantai 3 Graha Tristar  Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Peserta TCTC telah dibekali praktik masak membuat aneka produk Culinary, Patisserie dan teknik dasar masak oleh 4-5 instruktur TCTC. Instruktur TCTC itu adalah Chef Ketut Yasa Wibawa, Chef Thomas Denny, Chef Yuda Agustian, Chef Yenata Candra dan Chef Adeline Nadya Daniel atau yang akrab disapa Chef Della.

Dengan demikian, final exam yang mengangkat menu lengkap western food yang disajikan ala fine dinning ini merupakan pertemuan terakhir bagi 12 peserta TCTC Angkatan Januari-Maret 2019. Pasalnya, untuk peserta TCTC Angkatan April-Juni 2019 sudah mulai dikenalkan sistem kerja di kitchen kapal pesiar (Cruise) dan hotel berbintang di luar negeri.

Pada saat empat menu lengkap itu disajikan di atas meja, masakan western food hasil kreasi peserta TCTC itu dinilai dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan rasa oleh Chef Yenata Candra dan Chef Thomas Denny. Tiga kriteria penilaian itu mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan.

Untuk angkatan berikutnya, TCTC kembali membuka program pelatihan cruise intensif selama tiga bulan kedua, April-Juni 2019 mendatang. Jika Anda tertarik dengan aneka kegiatan Tristar Cruise Training Center (TCTC) dan berminat kerja di kapal pesiar, silakan menghubungi Tim Marketing TCTC di Graha Tristar cq Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar