twitter

Pages

Kamis, 25 April 2019

Racik Minuman di Kitchen Graha Tristar Menurut Versi Mahasiswa Sendiri


Dari Ujian Praktik Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma

Mahasiswa Advanced Culinary Class Buat ”Bloody Marry Cocktail, Cocktail Peach Tea & Sorbet Peach Mocktail”


SETELAH mengikuti praktik Molecular Mixologist selama sepekan, mulai Senin (15/04/2019) hingga Senin (22/04/2019), tiga mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class), giliran diuji oleh dosen pembimbingnya, Donny Kuzuma, untuk membuat tiga kreasi minuman melalui sentuhan teknik Molecular Mixologist. 

Ujian praktik membuat aneka kreasi minuman dengan pendekatan Molecular Mixologist tersebut dihelat di Kitchen Culinary 3, Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No, 244 Surabaya, Selasa (23/04/2019) pagi, mulai pukul 10.00-12.00 WIB.

Tiga mahasiswa Advanced Culinary Class yang mengikuti ujian praktik membuat kreasi minuman dengan sentuhan Molecular Mixologist adalah Edric Wilbert Tjoa, Hatmadi Ismu S. dan Wahyu Trisna Ardi. Mereka pun ampil all out saat bekerja di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

Sesuai konsep racikan minuman yang dibuat, Wahyu Trisna Ardi menyiapkan kreasi minumannya yang berjudul Bloody Marry Coktail. Untuk meracik Bloody Marry Cocktail, bahan (recipe)-nya adalah Vodka, Red Wine, Tomato Clear Soup, Merica, Garam Putih dan Foam dari kuning telur, garnish berupa irisan Sunkist, Tomato atau Cherry Red dan Dry Ice.

Setelah Wahyu, giliran selanjutnya adalah Edric Wilbert Tjoa. Edric, sapaan akrabnya, antusias meracik minuman hasil kreasinya dengan teknik Molecular Mixologist yang bertitel Cocktail Peach Tea.

Bahan untuk membuat Cocktail Peach Tea meliputi Simple Syrup, Vodka, Peach Liquir, Buah Peach (Kalengan), Chrysanthemum Tea dan Agar-Agar (untuk dibuat caviar-nya) serta Dry Ice.

Handicap terberat yang dihadapi Edric adalah saat membuat caviar demi menghasilkan butiran-butiran mirip mutiara, namun akhirnya bisa diatasi dengan baik setelah dicoba 2-3 kali baru berhasil.

Berikutnya yang tampil di hadapan Donny Kuzuma adalah Hatmadi Ismu S. Mahasiswa Advanced Culinary Class ini menyiapkan kreasi minumannya yang lain dari biasanya karena tampilan minuman tanpa alkohol (Mocktail) ini diubah seperti jus buah Peach (mirip bubur halus berwarna kuning), dengan sentuhan Molecular Mixologist. Kreasi Hatmadi tersebut diberi judul Sorbet Peach Mocktail.
 
Untuk meracik Sorbet Peach Mocktail, maka tahapan pertama menyiapkan Sorbet yang bahannya adalah buah Peach dan Mix Syrup (Kalengan), Tahapan selanjutnya adalag membuat Buble Caviar yang bahannya terdiri dari Kanji Bubuk dan Agar-Agar. 

”Sedangkan tahapan terakhir adalah membuat Foam-nya. Bahannya sendiri meliputi Putih Telur, buah Jeruk (Kalengan) dan Lemon Juice,” kata Hatmadi Ismu S. kepada kru www.culinarynews.info, Selasa (23/04/2019) siang.

Setelah mencermati kerja anak didiknya saat ujian praktik membuat minuman dengan teknik Molecular Mixologist, Donny Kuzuma memberikan apresiasi tinggi kepada tiga mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit.

”Mereka tampil luar biasa saat mendemonstrasikan cara membuat aneka kreasi minuman dengan sentuhan Molecular Mixologist seperti yang telah kami ajarkan sebelumnya. Tiga produk minuman kreasi mahasiswa yang terdiri dari Bloody Marry Cocktail, Cocktail Peach Tea dan Sorbet Peach Mocktail, layak diacungi jempol,” tandas Donny Kuzuma.

Sebelum dinilai oleh dosen penguji, hasil kreasi minuman mahasiswa tersebut wajib di-garnish lebih dulu. Kriteria penilaian kreasi minuman tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan, yang meliputi konsep, metodologi, presentation dan performance (tampilan) setelah di-garnish.

”Melalui mata kuliah Molecular Mixologist ini, kami mengajak mahasiswa untuk belajar memadukan ilmu Fisika dan Kimia minuman sehingga terciptalah aneka kreasi minuman dengan tampilan dan rasa yang berbeda daripada teknik meracik minuman  secara klasik (konvensional),” kata owner Kedai Kopi Naira ini.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar