twitter

Pages

Senin, 29 April 2019

Kartini Day's Traditional Competition 2019 Demi Lestarikan Warisan Kuliner Nusantara


Kartini Day’s Persembahan Badan Eksekutif Mahasiswa Tristar Group

Sukses Gelar Lomba Indonesian Sweet Authentic, Bumbu Jangkep dan Vlog Wisata Kuliner Berhadiah Rp 4,25 Jutaan plus Voucher Hotel Berbintang


SETELAH sukses menghelat kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan mengunjungi Panti Asuhan (PA) Al Mukmin, Lidah Kulon, Kawasan Tandes Surabaya, Februari 2019 lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Tristar Group juga sukses menggelar Kartini Day’s 2019 berupa lomba masak Indonesian Sweet Authentic di Kampus Tristar Manyar, Bumbu Jangkep di Kampus Tristar Samator dan Vlog Wisata Kuliner di Kampus Tristar Jemursari pada Sabtu (27/04/2019).

Ketua Panitia Kartini Day’s 2019 Timothy Candra mengatakan, perhelatan Kartini Day’s 2019 sukses digelar tidak lepas dari dukungan segenap civitas akademika Tristar Group mulai Ketua Yayasan Eka Prasetya Mandiri Evie Mulyasari Dewi S.Si.Apt., M.MPar., Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM, M.MPar., jajaran Dosen Pengajar, Pengurus dan anggota BEM Tristar Group sendiri terutama mahasiswa dari Kampus Akpar Majapahit, Tristar Jemursari, Tristar Kaliwaron, Tristar Manyar, Tristar Samator dan Tristar Batu.

Untuk lomba masak Bumbu Jangkep yang dikemas ala Mistery Box itu dihelat di Kampus Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria), Sabtu (27/04/2019) pagi. Pihak Panitia mencatat ada 21 mahasiswa yang menjadi peserta lomba masak (Cooking Competition) secara individual tersebut.

”Mereka berasal dari Tristar Jemursari (satu orang), Tristar Kaliwaron (empat orang), Tristar Batu (delapan orang) dan Tristar Samator sendiri (delapan orang). Sedangkan tim juri yang tampil adalah Chef Agus Kurniawan (Master Chef La Mian) dan Chef Ketut Yasa Wibawa dari Tristar Cruise Training Center (TCTC) Surabaya.

Cooking competition itu durasinya dibatasi hanya 1,5 jam saja, sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating hasil masakan dan membersihkan station. Ini jadi tantangan tersendiri dalam manajemen waktu, di samping menguji kepiawaian peserta saat dihadapkan pada lomba masak yang mengadopsi cara Mistery Box.

Para peserta pun berupaya tampil serius demi menghasilkan aneka kreasi masakan Indonesia yang memanfaatkan Bumbu Jangkep dengan tampilan yang spektakuler, teksturnya empuk dan rasanya pun lezat.

Dari pergelaran Cooking Competition itu, tim juri memutuskan Juara I adalah Agung Prasetya dari Tristar Batu, sedangkan Juara II adalah Pradini Kehk dari Tristar Samator yang mengusung masakan andalannya Taliwang. Juara I mendapatkan piala bergilir, medali emas dan uang tunai sebesar Rp 1 juta, sedangkan Juara II memperoleh medali perak dan uang tunai Rp 750 ribu.

Sementara itu lomba masak Indonesian Sweet Authentic secara beregu ini dipusatkan di Kampus Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria). Peserta ditantang membuat aneka kreasi Putu Mayang, Kue Mangkuk dan Nagasari menurut versi mereka sendiri. 

Lomba membuat kue tradisional ini diikuti sepuluh Tim mahasiswa masing-masing beranggotakan dua orang. Peserta lomba itu berasal dari Tristar Kaliwaron (dua Tim), Tristar Jemursari (dua Tim), Tristar Batu (dua Tim) dan Tristar Manyar sendiri (empat Tim). 

Masing-masing tim berupaya tampil all out sejak persiapan bahan hingga mem-plating kue yang mereka buat, kemudian kreasi produk pastry itu dinilai oleh dua orang juri, yakni Chef Laurent dan Evie Mulyasari Dewi. Durasi membuat kue tradisional itu sendiri sekitar 1,5-2 jam.

Untuk lomba Indonesian Sweet Authentic, tim juri memutuskan Juara I adalah pasangan Syafira dan Rika Novitasari dari Tristar Kaliwaron, sedangkan Juara II-nya jatuh pada pasangan Cici Septi Melani dan Rosyseptia Abidah dari Tristar Jemursari. Juara I mendapatkan piala bergilir, medali emas dan uang tunai sebesar Rp 1 juta, sedangkan Juara II memperoleh medali perak dan uang tunai Rp 750 ribu.

Selanjutnya pada lomba Vlog Wisata Kuliner yang diikuti delapan Tim (masing-masing tim beranggotakan dua orang mahasiswa) dari Reguler Class Prodi D3 Perhotelan dan Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit. Untuk tim juri lomba Vlog Wisata Kuliner adalah Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par., Chef Adeline Nadya Daniel M.MPar dan Luthfi Alwi ST.

Setelah masing-masing tim tampil untuk presentasi berikut menampilkan video liputannya di hadapan dewan juri di Lobi Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, akhirnya diputuskan bahwa pemenang lomba Vlog Wisata Kuliner adalah Zulfa Aulia dan Prabowo, mahasiswa Prodi D3 UPW Akpar Majapahit (Juara I) dan Ayu Puspita Wahyuningrum dan Siti Nur Annisa, juga dari Prodi D3 UPW Akpar Majapahit (Juara II). Selamat untuk para pemenang. God bless you ….!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit (Tristar Group), Anda ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar