twitter

Pages

Jumat, 12 April 2019

Mahasiswa Perhotelan Akpar Majapahit Mengikuti Rangkaian Acara Barmanner di Batiqa Hotels


Tour Hotel Bersama Dosen Bar II, Yoseph Agung Priyo Widodo

20 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Belajar Bartending dan Barista di Rooftop Steak House Batiqa Hotels Darmo Surabaya 


SEBANYAK 20-an orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester V mengikuti acar tour hotel untuk belajar Bartending dan Barista di Rooftop Darmo Steak House Batiqa Hotels Darmo Jl. Darmokali No. 60 Surabaya, Kamis (11/04/2019) sore. 

Rombongan mahasiswa itu di dampingi Yoseph Agung Priyo Widodo, Dosen Bar II dan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Perjalanan rombongan mahasiswa berangkat dari Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju ke Batiqa Hotels Darmo hanya sekitar 30 menitan.

Agenda kunjungan industri mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit ke Batiqa Hotels Darmo, sore itu, semakin istimewa karena juga dihadiri oleh Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM., M.MPar., Marketing Officer & Public Relations Head Tristar Group Hendrik Adrianus SE, M.Par dan Chef Thomas Denny, Dosen Culinary Tristar Samator.

Rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit itu disambut General Manager (GM) Batiqa Hotels Darmo Surabaya Reza Bram Adiguna, Food & Beverage Manager (FBM) Dicky Lutfiabdi, Head Chef Subagio Johannes (Chef Joe) dan Assn. Sales Manager Juwita Eka di Lantai 2 hotel bintang tiga tersebut.

Setelah berbincang sejenak, mahasiswa kemudian diajak naik ke Rooftop Darmo Steak House Lantai 15 Batiqa Hotels Darmo Surabaya, untuk belajar sekaligus praktik Bartending dan Barista bersama Jerry (Bartender) dan Dicky Lutfiabdi (FBM) Batiqa Hotels Darmo Surabaya.

Sebelum diajarkan teknik meracik minuman beralkohol (Cocktail) dan meracik kopi Cappuccino (Barista), Dicky lebih dulu mengenalkan sejumlah peralatan yang biasa tersedia di bar mulai aneka jenis gelas, shaker, jigger, jenis minuman non alkohol dan yang beralkohol hingga bahan meracik minuman, mahasiswa juga ditunjukkan mekanisme kerja coffee maker.

Selanjutnya, mahasiswa diajarkan cara meracik tiga jenis minuman beralkohol (Cocktail) yang banyak disuka pengunjung bar hotel ini, yakni Pinacolada (Rum), Frozen Margaritha (Tequila) dan Lychee Martini (Martini), oleh Jerry, Bartender Rooftop Darmo Steak House Batiqa Hotels Darmo Surabaya, dengan disaksikan langsung oleh Yoseph Agung Priyo Widodo, Dosen Bar 2 Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit.

Setelah diajarkan meracik tiga jenis Coctail, mahasiswa juga diajarkan cara meracik kopi dengan menggunakan mesin modern coffee maker. Sejumlah peralatan untuk meracik kopi juga tersedia di bar tersebut, seperti coffee syphon, coffee pressure, long bar spoon, tea spoon, jigger (ukuran 0,5 oz; 1,0 oz setara 30 ml dan 1,5 oz), cup (cangkir), tumbler glass, shacker, condiment, simple syrup, wrap plastic, stove (kompor gas), gelas ukur dan timbangan digital.

Selain itu, demi memudahkan proses pembelajaran, bahan-bahan untuk mendukung kegiatan pengenalan teknik meracik kopi dan membuat minuman beralkohol (Cocktail) juga telah disiapkan lebih dulu. Bahan yang disiapkan antara lain bubuk kopi robusta, fresh milk (susu segar), rum, tequilla, martini, soda, simple syrup (gula cair).

Pada praktik meracik kopi, mahasiswa antara lain dikenalkan hot coffee yang meliputi regular coffee, espresso coffee, cappuccino (mixing regular coffee with fresh milk) dan coffee late (mixing espresso coffee with fresh milk). Di Rooftop Darmo Steak House Batiqa Hotels Darmo, mahasiswa diajarkan langsung teknik membuat Espresso Coffee, Cappuccino dan Latte Art sesuai standar industri.

Dosen Pengajar Bar II Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit, Yoseph Agung Priyo Widodo mengatakan, agenda kegian mahasiswa belajar meracik minuman di hotel berbintang ini bertujuan untuk mengetai sejauh mana atensi mereka ketika diajarkan teknik meracik cocktail dan aneka coffee, yang telah diterangkan di ruang kelas.

”Praktik meracik minuman ini juga bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja. Oleh karena itu, dalam praktik meracik minuman tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) yang diaplikasikan di industri perhotelan,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar