twitter

Pages

Senin, 01 April 2019

Chef Otje Persilakan Anak Didiknya Berkreasi Menurut Versi Mereka Sendiri


Dari Ujian Praktik Pastry di Kitchen Tristar Institute Manyar

Cantiknya Aneka Kreasi Produk Pastry Desain Kekinian Persembahan dari 31 Mahasiswa Pastry Class


SEBANYAK 31 mahasiswa Pastry Tristar Institute Manyar Kelas Pagi (18 orang) dan Kelas Siang (13 orang) yang diasuh Chef Otje H. Wibowo, SE., M.Par., ditantang membuat aneka kreasi produk pastry dengan desain kekinian di Kitchen Pastry Tristar Institute Jl. Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya. Ujian praktik tersebut dihelat selama dua hari, yakni Jumat (29/03/2019) hingga Senin (01/04/2019).

Pada ujian praktik hari pertama, Jumat (29/03/2019) pagi, ada sembilan mahasiswa yang tampil pada sesi pertama, yakni Kevin Alexander, Beatrice, Inggrid Riana D.M., Arzetha Ragilia Novita, Alpandi Maulana Rizky, Merliana Dewi Kumalasari, Sally Martceila, Aurellyn Amelia Dewanta dan Chaeratika Sofanah.

Sedangkan tujuh mahasiswa Pastry Kelas Siang yang maju ujian praktik pada sesi kedua, Jumat (29/03/2019) siang adalah Ryananda, Indriyani, Fransiska, Yunita, Hanifah, Ferdianto dan Anindya Adhiyoga.

Selanjutnya ujian praktik sesi ketiga, Senin (01/04/2019) pagi, giliran sembilan mahasiswa Pastry Kelas Pagi yang maju unjuk ketrampilan. Mereka adalah Gabriele, Victoria, Tasya, Graceilla, Tri Haryadi Wijaya, Ghozi, Deby dan Lulu. Sementara itu, ujian praktik sesi empat, Senin (01/04/2019) siang, Yuki, Valentina, Jessyica, Prischila, Danastri dan Graciela, yang tampil sekaligus memungkasi ujian praktik tersebut.

Dalam ujian praktik hari pertama, Jumat (29/03/2019), sesi pagi, misalnya,  Kevin antusias menyiapkan Blueberry Pie Mousse, Beatrice fokus membuat Fruit Custard Tart, Inggrid membikin produk Special Strawberry Mousse Cake, Arzetha tampil all out menyiapkan Matcha Choux dan Alfandi membuat kreasi Little Devils Chocolate Mousse.

Sementara itu Merliana antusias menyiapkan Rainbow Parfaits with Cookies Cream, Sally membikin kreasi produk pastry bertajuk Tropical Enclairs, sedangkan Aurellyn fokus membuat Soft Cake Fruits dan Chaerafika penuh percaya diri menyiapkan kreasi produk pastry-nya yang berjudul Beef Cheese Roll.

Sebelum maju ujian praktik pastry, setiap mahasiswa Pastry Class Tristar Manyar menerima subsidi uang belanja sebesar Rp 50 ribu per orang. Uang tersebut untuk dibelanjakan aneka bahan kue dan roti sesuai kebutuhan peserta ujian. 
 
”Kalau dananya dirasa masih kurang saat mereka berbelanja, maka peserta ujian tersebut wajib nomboki dari uang sakunya sendiri,” kata Chef Otje, Dosen Pengajar Pastry Tristar Institute Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.

Selain itu setiap peserta ujian juga diminta menyerahkan resep cara membuat kreasi kue tradisional (jajan pasar) yang akan dibuat mahasiswa Pastry Tristar Manyar kepada dosen, sebelum ujian berlangsung. 

Ujian praktik mahasiswa Pastry Class Tristar Manyar kali ini temanya bebas. Peserta ujian bisa leluasa meng-explore talentanya masing-masing untuk membuat kreasi produk pastry yang disuka, asal saat ujian mereka tidak membuat kreasi Pralines dan Cookies.

”Silakan Anda membuat kreasi Breads, Cakes, Choux, Pie, Pudding bahkan Kue Tradisional (Jajan Pasar) dengan tampilan kekinian yang cantik dan menarik,” ajak Chef Otje H. Wibowo kepada anak didiknya.

Durasi ujian praktik membuat aneka kreasi jajan pasar di Kitchen Pastry sesi pagi itu sekitar 2,5 jam yang dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB. Dengan waktu sekitar 2,5 jam, diharapkan setiap peserta ujian sudah bisa menampilkan hasil kreasinya –sudah di-plating atau di-garnish—semenarik mungkin di hadapan dewan juri.

Tiga orang juri tersebut adalah Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Kaprodi Food Product Imania Ayu Wulandari dan Dosen Bartending (Beverage) Tristar Group Yoseph Agung Priyo Widodo.

Ketiga anggota Dewan Juri itu dengan cermat melihat satu persatu hasil kreasi mahasiswa Pastry Class Tristar Manyar yang sehari-hari diasuh oleh Chef Otje H. Wibowo SE., M.Par di Kitchen Pastry Tristar Manyar Surabaya. 

Tidak hanya melihat tampilannya saja, ketiga orang juri itu juga dipersilakan mencicipi satu persatu dari sembilan produk hasil kreasi mahasiswa Pastry Kelas Pagi dengan disaksikan Chef Otje dan asistennya Chef Ita Suhervin.

Dalam ujian kali ini, ada tiga kriteria penilaian oleh Dewan Juri yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni creativity & plating (penampilan), texture (tekstur) dan taste (citarasa). 

Sembilan produk pastry hasil kreasi mahasiswa Pastry Class Tristar Manyar yang disajikan di meja, mulai Blueberry Pie Mousse  hingga Beef Cheese Roll, tak luput dari perhatian dan dikritisi oleh tiga orang juri berdasarkan tiga aspek yakni penampilan, tekstur dan citarasanya.

”Hal ini demi mendapatkan obyektivitas selama penilaian dan yang nilainya tertinggi memang produk pastry tersebut betul-betul cantik, menarik dan enak ditinjau dari aspek penampilan, tekstur dan rasanya,” kata Imania Ayu Wulandari yang datang ke Kampus Tristar Manyar bersama Chef Kristian, usai penjurian, Jumat (29/03/2019) siang.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar