twitter

Pages

Senin, 22 April 2019

Donny Kuzuma Demo Cara Meracik Nutty Old Fashion dan Tequila Pop Peach Caviar di Minibar Kampus


Praktik Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Racik Enam Minuman dengan Sentuhan Molecular Mixologist


MAHASISWA D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class), mulai Senin (15/04/2019) hingga Senin (22/04/2019), belajar sekaligus praktik meracik enam jenis minuman melalui pendekatan teknik Molecular Mixologist bersama Donny Kuzuma, Dosen Luar Biasa Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No, 244 Surabaya.

Tiga mahasiswa Advanced Culinary Class yang belajar sekaligus praktik meracik minuman dengan teknik Molecular Mixologist itu adalah Edric Wilbert Tjoa, Hatmadi Ismu S, Edric dan Wahyu Trisna Ardi.

Pada tatap muka hari pertama, Senin (15/04/2019) pagi, Donny, sapaan akrab Donny Kuzuma mengenalkan Dasar-dasar Molecular Mixologist kepada mahasiswa. Pasalnya, teknik Molecular Mixologist berbeda dengan cara meracik minuman (cocktail dan mocktail) secara klasik (konvensional).

Donny juga mengajarkan pengetahuan seputar powder, cream siphon (pakai alat pengocok espuma atau soda siphon), shaker, nitrogen (N2), karbondioksida (CO2), dry ice, smoke gun hingga teknik meng-create minuman dengan teknik Molecular Mixologist.

Untuk memahami pengetahuan seputar teknik Molecular Mixologist dalam meracik minuman, Donny mengingatkan kembali pelajaran Ilmu Fisika tentang massa dan berat jenis, juga pengetahuan Ilmu Kimia yang pernah dipelajari anak didiknya semasa masih duduk di bangku SMA.

Setelah belajar teori seputar sisik melik teknik meracik minuman dengan pendekatan Molecular Mixologist, maka pada tatap muka hari kedua, Selasa (16/04/2019) pagi, mahasiswa  Advanced Culinary Class diajak praktik meracik minuman di minibar Akpar Majapahit dengan diasuh oleh Donny Kuzuma.

Dalam praktik tersebut, Donny yang dikenal sebagai seorang Mixologist sekaligus pengelola Kedai Kopi Neira ini, mengajarkan anak didiknya cara membuat enam minuman beralkohol (cocktail) dengan sentuhan Molecular Mixologist.

Resep minuman pertama yang diajarkan kepada mahasiswa adalah Nutty Old Fashion dengan sentuhan Fat Wash Technics. Bahan untuk meracik minuman ini antara lain minyak wijen, red label (whisky), aromatic bitters (cocktail flavourings) yang merupakan racikan asli Indonesia dan sugar (gula pasir).

Berikutnya, mahasiswa diajarkan cara membuat Tequila Pop Peach Caviar yang bahannya terdiri dari Tequila (alkohol), Peach Lequir, Agar-agar (Caviar dari buah Peach dan Dry ice), Salad Oil dan  Sprite (soda).

Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, Kamis (18/04/2019) pagi, Donny Kuzuma kembali mendemonstrasikan cara membuat Mojito Sphere dan Tropical Sorbet dengan teknik Molecular Mixologist di hadapan mahasiswa Advanced Culinary Class. 

Selanjutnya tatap muka hari ketiga, Senin (22/04/2019) pagi, pihaknya masih akan berbagi dengan mahasiswa Advanced Culinary Class yakni meracik dua resep minuman beralkohol (cocktail) lagi, juga dengan teknik Molecular Mixologist. ”Dua kreasi minuman tersebut meliputi Whisky Sour with Passion Fruit dan Tequila Pop with Pandan Peach Foam,” kata Donny Kuzuma kepada kru www.culinarynews.info.

Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Selasa (23/04/2019) pagi, giliran mahasiswa Advanced Culinary Class ditantang untuk membuat aneka kreasi minuman dengan sentuhan Molecular Mixologist menurut versi mereka sendiri, di minibar Akpar Majapahit seperti yang telah diajarkan sebelumnya.

Hasil kreasi minuman mahasiswa tersebut wajib di-garnish lebih dulu, sebelum dinilai oleh dosen penguji. Kriteria penilaian kreasi masakan itu tetap mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan. 

Melalui mata kuliah Molecular Mixologist ini, pihaknya mengajak mahasiswa untuk belajar memadukan ilmu Fisika dan Kimia minuman sehingga terciptalah aneka kreasi minuman dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada teknik meracik minuman  secara klasik (konvensional).

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar