twitter

Pages

Senin, 22 April 2019

Mahasiswa Culinary Class Saksikan Cooking Demo Menu Appetizer & Hors D'Oeuvre


Praktik Masak Appetizer & Hors D’Oeuvre Bersama Chef Ari

Chef Ari Demo Buat ”Pasta Salad, Devilled Egg, Shrimp Cocktail & Caesar Salad” di Kitchen Graha Tristar


MULAI Senin (15/04/2019) siang, pekan lalu, Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang yang dibimbing Chef Ari Purwantoro, SSt.Par., MM., diajarkan teknik masak membuat Appetizer & Hors D’Oeuvre di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada pertemuan hari pertama, Senin (15/04/2019) siang, enam mahasiswa Culinary Class yang terdiri dari Ardinata, Johan, Sarah, Sofi, Stefanie dan Stephen mengikuti agenda demo masak (cooking demo) bersama Chef Ari Purwantoro.

Dalam cooking demo tersebut, Chef Ari memberikan tips dan trik membuat empat menu yakni Pasta Salad, Devilled Egg, Shrimp Cocktail dan Caesar Salad di Kitchen Culinary dengan durasi pekerjaan sekitar 70 menitan (satu jam lebih 10 menit), sejak prepare bahan masakan, memproses masakan tersebut hingga makanan di-plating dan siap dihidangkan.

Untuk membuat Pasta Salad, misalnya, bahan yang dibutuhkan Fusili, Black Olives, Red Bell Pepper, Baby Spinach, Cherry Tomato dan Lemon Juice. Sementara itu untuk menyiapkan Basil Pesto, bahannya terdiri dari Fresh Basil, Parsley, Pine Nuts, Garlic, Permesan Cheese, Olive Oil, Lemon Juice, Lemon Zest, Salt & Pepper.

Agenda cooking demo itu mengikuti panduan di dalam Buku Ajar (Silabus) yang telah dibagikan kepada mahasiswa, di mana pada pertemuan hari pertama Dosen Pengajar tampil untuk mendemonstrasikan teknik masak empat menu Appetizer.

Sementara itu pada tatap muka hari kedua, Selasa (16/04/2019) siang, giliran enam mahasiswa Culinary Class, yang tampil untuk membuat Pasta Salad, Devilled Egg, Shrimp Coctail dan Caesar Salad, seperti yang diajarkan sebelumnya.

Sekadar informasi, dalam sebuah acara jamuan makan malam lengkap (table manner) yang mengusung konsep fine dinning, misalnya, menu Appetizer disajikan kali pertama sebagai menu pembuka, yang sifatnya tidak mengenyangkan, melainkan untuk merangsang nafsu makan umumnya berupa Fruits & Vegetables Salad.

Di sejumlah hotel berbintang atau restoran ternama, jamuan makan malam (fine dinning), sebelum menu Appetizer dikeluarkan oleh waiters/waitress, ada sajian ringan berupa Bread & butter (BB), berupa roti tawar dengan butter dan selai.

Setelah menyajikan menu Appetizer, kemudian dihidangkan aneka olahan Soup. Untuk selanjutnya waiters mengeluarkan aneka menu utama (Main Course). Sedangkan menu makan penutupnya adalah Dessert yang meliputi pudding, fruits slice (buah iris), es buah, es kelapa muda, lemon tea, aneka juice, infused water dan mineral water.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar